Food Photography Bersama Fellexandro Ruby & Womantalk #JemmaClass

By TIANDARINIE - Desember 22, 2017

Siapa nih yang kalo lagi wisata kuliner, pas makanan datang bukannya berdoa, malah sibuk foto-fotoin dulu? Samaan dong kita! Setiap nemu makanan lucu rasanya gemes pengen motret. Padahal bingung juga tujuannya untuk apa. Mungkin karena naluri 'kang poto' masih mengalir di diriku (ceileh) dan dulu saat berstatus buruh korporat nyaris tiap hari bantu-bantu motret makanan klien, jadi ya kebawa sampai sekarang.
Tapi, seiring dengan banyaknya warganet penuh talenta nan rajin mengunggah foto makanan di Instagram, aku jadi ga pede dengan hasil fotoku. Aneka potret makanan yang aesthetic membanjiri linimasa, sementara aku kok yah masih segitu-gitu aja yaa fotonya. Mentok bermain foreground-background, ngeblur-ngeblur ga jelas dan akhirnya mengurangi esensi dari objek itu sendiri.
That's why kusenang banget waktu diundang  Womantalk ke acara #JemmaClass "Smartphone Food Photography"  yang berlokasi di Lucky Cat Coffee & Kitchen. Selain pengen belajar lagi, penasaran sama cafe ini juga akutuh. Udah beberapa kali lewat tapi ga pernah mampir. Fasade depannya kelihatan vintage bernuansa putih dengan dinding bata dan pintu kayu. Begitu masuk, ada pohon besar yang dibiarkan tumbuh tinggi, sementara bangunan atap transparannya menyesuikan bentuk pohon. Waaah dari dulu kuingin punya rumah yang atapnya bisa langsung tembus langit gitu.
[caption id="attachment_1114" align="aligncenter" width="555"]Lucky-Cat-Cafe_Kuningan-28 Source from Google[/caption]
Karena waktu mepet, aku ga sempat foto-fotoin interiornya, langsung naik ke lantai dua tempat eventnya berlangsung. Ternyata acara udah dimulai gaes, setelah mengisi daftar tamu, aku ngacir ke tempat duduk. Tapi sebelumnya ditawari dulu mau pesan apa. Ada tiga pilihan main course yang ditawarkan: Spaghetti Carbonara, Seafood Spaghetti dan Salmon & Black Olive Spaghetti. Pilihanku jatuh pada yang terakhir, alasannya? Ngasal aja milih nama menu paling panjang. Ternyata rasanya enak banget meskipun harus nunggu lama banget sampai orang lain udah selesai makan, menunya baru dianter hiks.
WhatsApp Image 2017-12-22 at 9.55.40a AM
Aku duduk tepat ketika Mas Fellexandro alias @captainruby mulai menjelaskan tentang tips motret makanan. Kalo kita biasanya selfie dari samping biar kelihatan tirus, nah ternyata makanan juga gitu, harus difoto dari angle tertentu agar 'rasanya' muncul biar kelihatan 'menggoda'. Makanan sih ga bakalan protes, hasil akhirnya bakal kelihatan gendut kek, tirus kek, komposisi berantakan, but the client will be disappointed and good bye invoice! Misalnya kita lagi motret Ice Cream, akan lebih menarik jika angle-nya dari samping dan memperlihatkan tumpukan es warna-warninya. Kalo pengen motret smoothie bowl, lebih baik dari atas (flatlay) agar seluruh isi mangkok bisa terlihat sempurna.
Kalo kita udah nemu 'rasa' apa yang ingin ditonjolkan, selanjutnya adalah memikirkan bagaimana agar tampilan makanan tersebut bisa menggiring orang-orang untuk membelinya. Hal ini penting banget untuk kamu-kamu yang pengen monetize hasil fotonya, jangan hanya sekedar ngasal dan sibuk dengan properti pelengkap tapi malah lupa menyampaikan 'rasa' dari makanan yang kita foto. Okay, note to self. Tips-tips berikutnya, sama  persis dengan ilmu fotografi dasar yang berkaitan dengan sumber cahaya, komposisi, pemilihan smartphone yang sesuai selera dan budget, ketajaman objek, lalu terakhir adalah proses editing. Mungkin kapan-kapan aku buat postingan khusus untuk membahas ini ya.
Jelang makan siang, para undangan diberi kesempatan untuk praktik foto menu  Lucky Cat Coffee & Kitchen yang sudah disediakan oleh tim Womantalk. Ada dua main course dan dua light meals yang udah pasrah mau diapain aja haha. Sebelumnya, kita bagi grup dulu biar bisa gantian motret. Tapi karena udah terlalu bersemangat dan pengen memaksimalkan waktu, grupnya jadi ngaco, dan akhirnya malah ketuker-tuker. Ya udalah yaa yang penting bisa dapat foto ciamik. Akupun tercyduk lagi naik-naik kursi! Muahaha.
[caption id="attachment_1099" align="aligncenter" width="460"]Untitled-1 Dokumentasi Womantalk.com[/caption]
Menu yang kami foto adalah Pan Seared Salmon, Mushroom & Avocado on Toast, Fried Cassava, dan Nachos. Aku paling jatuh cinta sama  Mushroom & Avocado on Toast yang penuh warna meskipun tampak messy karena telornya pecah digeser sana-sini.
[caption id="attachment_1102" align="aligncenter" width="484"]Mushroom & Avocado on Toast Mushroom & Avocado on Toast[/caption][caption id="attachment_1101" align="aligncenter" width="487"]Pan Seared Salmon Sumber cahaya dari depan dan atas[/caption][caption id="attachment_1106" align="aligncenter" width="486"]Pan Seared Salmon Sumber cahaya dari kiri bawah[/caption][caption id="attachment_1107" align="aligncenter" width="333"]Pan Seared Salmon Pan Seared Salmon | Difoto outdoor[/caption]
Itulah beberapa jepretan bermodal smartphone nyaris low bat. Inginnya sih foto sekece Food52 apa daya hasilnya apa adanya. Tapi seneng banget hadir di acara ini karena menambah wawasan trus juga dapat banyak teman baru. Semoga silaturahmi terus terjaga dan bisa saling menginspirasi dalam hal-hal positif. Thanks ya Womantalk #JemmaClass dan @captainruby.
 WhatsApp Image 2017-12-22 at 9.56.09 AM
WhatsApp Image 2017-12-22 at 9.56.09 AMaaa

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar