Mencegah Kanker Serviks Dengan Celana Dalam Wanita Kualitas Terbaik

By TIANDARINIE - Agustus 05, 2018




Celana dalam wanita (Courtesy - Freepik)


Hello, Moms! Berapa kali dalam sehari kalian mengganti celana dalam? 

Pertanyaan tersebut mungkin cukup personal, tapi ternyata sangat krusial. Frekuensi mengganti celana dalam, berkaitan erat dengan salah satu penyakit mematikan yang menghantui para perempuan, yaitu kanker serviks. Bagaimana bisa? Dalam tulisan ini aku akan menjelaskan hubungan antara celana dalam dan kanker serviks. Semoga bermanfaat yah!



Pada tanggal 31 Juli lalu, aku diundang dalam event "Felancy Moms Bloggers Gathering Educative Talkshow and Workshop". Tema yang diangkat pada hari itu adalah Cervival Cancer Awareness bersama CISC (Cancer Information and Support Centre) Community. Acara tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian FELANCY terhadap permasalahan kesehatan wanita terutama terhadap awareness cervical cancer atau kanker mulut rahim.



KANKER SERVIKS, GEJALA DAN PENCEGAHANNYA

Pada sesi pertama, hadir Dr. Ferry Darmawan, SpOG dari RSIA Budhijaya yang menjelaskan perihal kanker serviks yang merupakan sala satu kanker mematikan untuk wanita Indonesia. 

Serviks adalah bagian yang sempit dari pembukaan rahim ke arah rongga vagina (leher rahim). Kanker serviks muncul ketika tumbuh sel-sel abnormal secara massive dan tidak terkendali. Kondisi ini sebetulnya dapat diatasi jika didiagnosa lebih awal melalui pemeriksaan papsmear. Sayangnya, kanker serviks sama seperti jelangkung yang datang tak dijemput, pulang tak diantar. Pada fase tadium dini jarang memperlihatkan gejala tertentu. Ketika gejala muncul, umumnya terasa justru ketika sel-sel tersebut sudah mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya. Berikut beberapa gejala awal kanker serviks yang perlu diperhatikan :


Perubahan Cairan Vagina

Timbulnya keputihan bersama perdarahan adalah hal yang tidak biasa. Keadaan ini merupakan salah satu gejala awal kanker serviks yang harus diwaspadai. Keputihan dengan cairan vagina yang berwarna cokelat, pucat, encer, berbau busuk, ataupun bercampur darah, yang terjadi terus menerus atau berulang, bisa merupakan tanda kanker serviks maupun infeksi biasa.

Perdarahan Abnormal

Beberapa jenis perdarahan abnormal, misalnya perdarahan terjadi di luar waktu haid, darah haid yang lebih banyak, waktu haid lebih lama, dan perdarahan setelah menopause. Termasuk, perdarahan yang terjadi setelah hubungan seksual. Waspadai hal itu sebagai gejala awal kanker serviks. Meski ada kemungkinan penyebab lain, namun penting untuk segera memeriksakan kondisi ini.

Nyeri di bagian perut bawah atau leher rahim

Timbul rasa nyeri pada perut bagian bawah atau area panggul, serta nyeri saat berhubungan intim, juga dapat dicurigai sebagai gejala awal kanker serviks.

Positif terinfeksi Human Papilloma Virus

Umumnya kanker serviks disebabkan oleh virus HPV atau human papillomavirus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Sebagian HPV dapat memicu terjadinya kutil kelamin, sebagian lagi menyebabkan kanker serviks.


gejala kanker serviks
Gejala Kanker Serviks (Courtesy - Sunrise Hospital)



Jika kanker serviks sudah berkembang ke stadium yang lebih parah, gejala-gejalanya antara lain nyeri di dalam rongga panggul atau punggung, kesulitan buang air kecil, pembengkakan pada salah satu atau kedua kaki, dan merasa lelah. Selain itu, gejala lain seperti sakit pada tulang, darah pada urine, perubahan kebiasaan buang air besar, kehilangan nafsu makan, serta penurunan berat badan.



Penyakit kanker serviks bukan turunan, bukan hanya orang tua saja 
yang terkena penyakit ini. Penyakit ini sudah berkembang 
sejak wanita masih remaja, lambat laun 
akan semakin ganas dan semakin berbahaya saat sudah tua


Dr. Ferry SPoG (Courtesy - Official Felancy)


Walaupun peringkatnya telah turun menjadi no 2 setelah kanker payudara namun kepedulian akan bahaya dari kanker ini harus terus ditingkatkan. Kanker serviks bila dideteksi dari awal adalah jenis kanker yang bisa diobati. Namun daripada mengobati, tentunya lebih baik jika kita melakukan pencegah kanker serviks dengan beberapa cara, yaitu:
  • Menghindari paparan Human Papilomavirus (HPV) yang biasanya ditransmisi melalui kontak kulit ke kulit. HPV inilah yang menjadi biang penyebab kanker. Penyebaran HPV bisa melalui kontak seksual secara vaginal, anal, maupun oral. 
  • Pencegahan primer dengan melakukan vaksin Cervarix dan Gardasil dengan tiga kali suntikan di dokter yang sama
  • Pencegahan sekunder dengan skrining rutin (Pap Smear, Tes IVA, Tes HPV DNA)
  • Menjaga kebersihan saat akan dan setelah buang air di toilet umum
  • Mengganti pakaian dalam secara rutin  minimal dua kali sehari serta memilih bahan yang nyaman dan menyerap keringat
Poin terakhir ini yang berulang kali ditekankan oleh Dr. Ferry terkait pencegahan kanker serviks. Menjaga kebersihan miss V adalah langkah awal yang palih mudah dilakukan untuk menghindari kanker serviks. Pastikan kondisi miss V selalu dalam keadaan kering, maka pemilihan bahan celana dalam tidak boleh sembarangan, sebaiknya yang terbuat dari bahan kain yang menyerap keringat.

Memilih celana dalam yang berkualitas juga bisa membuat perempuan nyaman. 
Apalagi apabila seorang perempuan mengalami keluhan berupa keputihan, 
memilih celana dalam yang nyaman itu penting sekali
(Dr. Ferry)


Selanjutnya ada sharing session bersama Ibu Endang dari CISC (Cancer Information and Support Centre) Community yang berbagi kisah saat divonis kanker serviks. Mulanya tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan, hanya keputihan beberapa kali (tidak berwarna dan tidak berbau) yang diduga pertanda menuju menopause. Namun, keputihannya terus berlanjut bahkan mengeluarkan darah yang banyak, sehingga beliau bergegas ke dokter. Saat diperiksa, diagnosa dokter adalah: positif kanker serviks stadium 2B. Untunglah melalui pengobatan medis dan dukungan dari orang terdekat, Ibu Endang bisa pulih. Hal tersebut membuatnya ingin mengedukasi perempuan lain, sekaligus menjadi  agent of change agar perempuan sadar pentingnya deteksi dini kanker serviks. 



CISC (Cancer Information and Support Centre) Community
Ibu Endang mewakili CISC Community (Courtesy - Official Felancy)


Para pejuang kanker, tidak pernah menyangka penyakit tersebut akan datang menghampiri. Selama ini aku pribadi juga tidak terlalu aware terhadap penyakit kanker serviks. Pikirnya, "Ah masih muda gini paling juga sehat-sehat aja. Nanti aja cek pas udah tua". SALAH BESAR YA ITU MOMS please jangan ditiru! Penyakit berbahaya ini bisa menghampiri perempuan manapun tanpa pandang usia. Faktanya, kanker serviks membunuh satu perempuan Indonesia setiap jamnya. 

Sebagai wujud solidaritas pada Moms Blogger kepada para survivor kanker serviks, hari itu kami juga berama-ramai membuat motivational quotes dan dihias semenarik mungkin. Dalam kurun waktu yang cukup singkat, ternyata para moms bisa lho menuangkan ide kreatif dan menghasilkan karya yang apik. Padahal ada yang mengerjakannya sambil menggendong anak lho





quotes survivor kanker serviks
Aneka macam quotes untuk survivor kanker serviks (Courtesy - Official Felancy)


Hasil karyaku. Gimana menurut kalian, Moms? (Courtesy - Official Felancy)


Dengan hadir dalam event yang disupport oleh Tabloid Nova dan Grid ID ini membuatku sadar akan pentingnya deteksi dini kanker serviks. Serta semakin hati-hati dalam memilih underwear. Jangan sampai tergiur harga murah, namun menyesal panjang di kemudian hari. Lalu, pakaian dalam seperti apa yang harus kita pilih?


produk felancy
Produk Bra Felancy (Courtesy - Official Felancy)



Jangan bingung Moms, karena FELANCY senantiasa berinovasi menghadirkan pakaian dalam terbaik yang tentunya concern pada kebutuhan perempuan masa kini dan peduli kesehatan organ reproduksi. Seperti yang disampaikan Dr. Ferry tadi bahwa Miss V harus selalu dalam keadaan kering. Karena daerah lembab adalah sarang kuman sumber penyakit. Nah, FELANCY didesain khusus dari bahan berkualitas untuk menjaga sirkulasi udara di organ vital perempuan. 


FELANCY FEEL THE COMFORT


Ibu Agnes selaku Manager Marketing PT. Megariamas Sentosa (pemegang lisensi resmi FELANCY), memaparkan visi mereka yaitu “FEEL The COMFORT” atau “Terasa Nyaman” yang merupakan sumber inspirasi utama dari FELANCY. Selain menyediakan produk yang berkualitas dan tentunya NYAMAN secara fisik, FELANCY juga ingin wanita yang memakainya merasakan kenyamanan secara mental. Dimana rasa nyaman tersebut bisa berasal dari cara pemakaian pakaian dalam yang benar dan jenisnya disesuaikan dengan kegiatan dan waktu yang tepat.


Ibu Agnes selaku Manager Marketing PT. Megariamas Sentosa (Courtesy - Official Felancy)


Maka dari itu, brand asal Singapore ini berusaha menyediakan varian produk yang lengkap sehingga dapat disesuaikan dengan aktivitas wanita sehari hari. Disampaikan oleh Ibu Agnes, produk FELANCY sangat lengkap sehingga bisa disesuaikan untuk aktivitas sehari-hari, misalnya saat bekerja, berolah raga, bersantai di rumah, masa kehamilan sampai masa menyusui. Karena apabila kita sudah merasakan kenyamanan kita akan merasakan percaya diri di setiap waktu dan suasana.


Varian Produk FELANCY sendiri, antara lain:


T’SHIRT BRA

Bra ini cocok dipakai saat menggunakan T’shirt (kaos) karena bagian cup nya polos sehingga tidak mencolok saat di gunakan. Pada bagian cupnya terdapat push up agar payudara terlihat lebih berisi dan sexy. Cuting T-shirt ½ cup juga cocok di pakai saat menggunakan kebaya.

FELANCY SPORT

Berfungsi untuk menyangga payudara dengan baik saat berolah raga seperti bersepeda, jogging, yoga dan lainnya, dengan bahan katun yang menyerap keringat sehingga akan terasa kering saat berkeringat. Terdapat pori – pori kecil di bagian sayapnya untuk sirkulasi udara sehingga kulit akan terhindar dari iritasi akibat keringat.

SHAPE UP BRA

Bagian cup terdapat busa yang lembut untuk mengangkat dan menambah volume payudara agar terlihat lebih sexy dengan renda yang halus dan tidak menyebabkan iritasi, sehingga membuat kita terlihat lebih menarik dan percaya diri. Cutting di bagian samping lebih lebar yang berfungsi untuk menutupi lemak yang berlebih dan terlihat lebih rapi, dengan mengalihkan lemak tersebut ketempat semestinya, maka payudara akan terlihat berisi dan indah. Pada bagian tali terdapat anti slip yang nyaman agar tali tidak mudah bergerak.

MATERNITY BRA

Bra yang berfungsi untuk ibu menyusui ini dibuat dari bagan katun yang lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi di kulit ketika bersentuhan dengan si bayi. Dengan design cutting yang dapat digunakan di luar rumah sehingga sang ibu lebih nyaman dan percaya diri saat memakainya.

BODY SHAPE

Produk satu Ini didesain bagi kaum wanita yang mendambakan bentuk tubuh lebih sempurna. Berfungsi untuk membentuk tubuh indah secara alami dengan bahan berpori-pori untuk mencegah keringat tertahan yang akan menyebabkan gatal pada kulit juga sangat lentur mengikuti bentuk tubuh sehingga sangat nyaman dipakai sehari-hari dan membuat yang memakainya semakin PD dengan bentuk tubuh yang terlihat sempurna.

Cuttingnya disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita Indonesia. Jenisnya antara lain :


  • Korset Punggung
  • Stagen
  • Long Torso (pendek, sedang dan panjang)
  • Body Suit
  • Long Leg (pendek, panjang)


SLEEPWEAR

Dengan design yang menarik dan nyaman dipakai untuk semua kalangan, terbuat dari bahan nylon dan satin yang lembut dan feminim, cocok dipakai bagi wanita yang ingin tampil cantik dan sexy. Adapun bahan katun, kaos dan microfiber dengan model celana dan dress yang sangat nyaman saat dipakai tidur yang membuat tidur kita semakin nyenyak dan berkualitas.

CASUAL WEAR

Design yang digunakan sangat cocok untuk dipakai pada saat tidur atau sekedar bersantai di rumah. Terbuat dari bahan kaos yang lembut, menyerap keringat dan memiliki varian motif serta warna yang menarik sehingga membuat kita memilih motif yang kita sukai.

Dalam tulisan ini aku akan mereview produk FELANCY yang sudah aku pakai. Awal mula aku mengenal FELANCY saat kuliah di Pulau Jawa. Karena kuliah sambil bekerja part time, so aku bisa membeli pakaian dalam yang agak 'branded' nih ceritanya haha. Tapi harga produk FELANCY juga tidak terlalu mahal yaa, cukup affordable mengingat kualitasnya yang sangat oke. Aku pribadi, tidak keberatan mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan rasa nyaman.



underwear felancy
Felancy Women's Pants


underwear felancy
Pilihan warna Felancy pants



Produk FELANCY yang aku pakai adalah celana dalam dengan cutting mini. Bahannya sangat lembut dan dikemas dalam plastik tebal bernuansa pink yang dilengkapi zip lock. Hal ini memungkinkan kita untuk memakai kembali kemasannya jika sewaktu-waktu akan travelling sehingga underwear kita tidak terselip dan susah dicari dalam koper. Varian warna FELANCY Women's pun sangat cute, ada hitam, pink, ungu, tosca dan coklat. Aku paling cinta sama warna yang tosca.




celana dalam felancy cegah kanker serviks
Bahan lembut dan nyaman dipakai




celana dalam felancy cegah kanker serviks
Warna pants Felancy yang sangat cute

FELANCY Women's mini cutting ini aku pakai sehari-hari dan kainnya terasa nyaman sekali. Potongannya pun pas dengan bentuk tubuh perempuan, tidak akan kedodoran atau kekecilan karena ada ukuran detail pada kemasannya. Tersedia juga varian cutting midi jika tidak terbiasa memakai cutting yang mini.



Selain memakai underwear FELANCY, aku juga sangat nyaman memakai casual wearnya yang two pieces karena cocok untuk busui. Pakaian ini jadi idola para mahmud abas alias (mamah muda anak baru satu) yang ingin senantiasa tampil trendy tapi juga feel the comfort seperti visi FELANCY. Perpaduan warna kuning dan biru navy-nya juga sangat matching. Bahan kainnya pun terbuat dari katun yang lembut. Dilengkapi dengan ornamen bordir dan sablon  yang menarik.

casual wear felancy
Casual Wear Felancy

casual wear felancy
Perpaduan warna Casual Wear Felancy yang apik

Jika Mommies ingin mencari tahu produk terupdate dari FELANCY bisa pantau akun Instagram mereka di @felancy_intimateUntuk produknya sendiri dapat ditemukan di Departement Store se-Indonesia seperti Sogo, Metro, Seibu, Parkson, Centro, Central, Debenhams,Matahari dept Store, Yogya, Carefour dan Hypermart.

Demikian tulisan aku kali ini, semoga informasi yang aku share bermanfaat ya Moms. Setelah membaca postingan ini, aku harap kita bisa semakin aware akan bahaya kanker serviks dan selektif dalam memilih pakaian dalam untuk mengurangi resiko terkena penyakit mematikan tersebut.


With love,
Tian


  • Share:

You Might Also Like

37 komentar

  1. Takut ya klo bahas kanker, apalagi wanita rentan terhadap penyakit ini. Semoga kita semua sehat2 selalu ya aamiin

    BalasHapus
  2. Kanker serviks masih menjadi penyakit yang mematikan dan menjadi momok bagi perempuan. Deteksi dini dan aware akan tubuh snediri itu salah satu cara yg harus kita lakukan. CISC lumayan sering nih buat acara seperti ini supaya kaum perempuan sadar dan mau lebih aware akan kesehatannya.

    BalasHapus
  3. Masyaa Allah kl dengar kanker serviks. Penyakit ini menjadi momok menakutkan hingga saat ini. Sayangnya kadang masih ada wanita yg belum paham akan hal ini sehingga masih abai terhadap kesehatan daerah V. Moga kita semua terlindungi ya mbak

    BalasHapus
  4. Duh, jadi ngeri ya beli underware sembarangan, sapa tahu bahan limbah jadi penyakit. Kanker servik masih jadi momok wanita

    BalasHapus
  5. Merk yg pernah aq cobain nih, awet, nyaman dipake juga. Trus bahannya pun lembut di kulit. Sesuai lah sama harganya...

    BalasHapus
  6. Terima kasih mba sharing nya. memang Kanker Serviks adalah salah satu momok menakutkan bagi para wanita.
    Insha Allah kita para wanita seluruh dunia, selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari penyakit-penyakit seperti ini. Aamiin YRA

    BalasHapus
  7. Pengaruh ya ternyata salah milih underware bisa mengakibatkan kanker? Untuk pemcegaah kanker servick itu temannya ya pemeriksaan papsmear

    BalasHapus
  8. Kangker serviks? Langsung mengingatkan saya kalau harus segera pabsmeer (eh bner ga sih tulisannya?). Apalagi saya udah usia 30. Hadeuhhh dan saya baru tahu lho mba, ada celana dalam pencegah kanker servics. Terobosan baru itu ��

    BalasHapus
  9. Beli underwear pun kita harus pintar memilih, demi kesehatan diri. Cari bahan yang menyerap keringat dan pastinya selain nyaman, semoga terbebas pula dari ragam penyakit

    BalasHapus
  10. Whua noted nih, nanti kalau cari underwear felancy aja. Btw, kayanya acaranya menarik sekali ya mba, pegen dateng ke event2 kaya gini iih...

    BalasHapus
  11. Wanita itu emang istimrwa ya mba. Urusan kayak gini pun ada rule nya spy bikin nyaman, aman dan sehat.

    BalasHapus
  12. acara kemarin memang bermanfaat banget yaaa

    BalasHapus
  13. aq salfok sm baju tidurnya koq celananya lucu ya beda..btw acara talkshow kmren menarik bgt ya penting bgt infonya tentang kanker serviks agar kita selalu aware sm tubuh kita sendiri ketika mengalami sesuatu hal yg gak biasa

    BalasHapus
  14. Saat ini screening HPV yang paling akurat dengan tes HVP DNA, sekitar 600rb an di rs. Pemerintah tipe A plus....cuma test ini belum begitu populer di indonesia.. semoga bisa sangat2 terjangkau ya test ini kedepannya

    BalasHapus
  15. Thanks mom infonya, next kalo ada acara lagi jadi pengen ikutan hehehe

    BalasHapus
  16. Acara yang sangat bermanfaat untuk para wanita,semoga dengan adanya acara ini dan tulisan ini kanker serviks dapat dicegah

    BalasHapus
  17. Lebih baik mencegah dan mengetahui gejala2nya

    BalasHapus
  18. Hai mb Tian. Seneng ya kita ikutan acara ini nambah ilmu tentang kanker serviks. Bertaburan hadiah pula. Btw Felancy keren yaaa mendukung kesehatan organ wanita dg produk2 pakaian dalamnya yg nyaman dipakAi ��

    BalasHapus
  19. Setujuuu. Celana dalam harus nyamannnn dan unt sehari2 yg terbuat dr katun.

    BalasHapus
  20. Masalah pemilihan celana dalam ini keliatannya sepele. Padahal ini penting banget buat jara area kewanitaan ttp kering dan nyaman ya. Ak blm prnh cb felancy sih. Sukanya beli pas ada diskonan aja.. *eaa.. ��

    BalasHapus
  21. saya pake produk ini nih
    harga memang berbanding lurus dengan kwalitas
    beli mahal tp nyaman dipake dan awet jg
    plus bagus tuk kesehatan

    BalasHapus
  22. Aku suka banget sama produk felancy, nyaman dipakai ya mom :)

    BalasHapus
  23. Produk produk felancy nih emang bagus daan nyaman juga digunakan. Aku udah lama makai juga. Materi tentang kanker serviks smeoga slalu disampaikan sebagai bentuk edukasi untuk menjaga kesehatan organ intim ya mba

    BalasHapus
  24. Jauh-jauh deh ya dari kanker serviks ini. Ngerii... kasus Jupe udah jadi pelajaran ya.

    BalasHapus
  25. Serem yaa penyakit ini bener2 bisa mematikan penderitanya. Aky salut banget sama ibu untung yang tetap kuat dan berjuang demi kesehatannya.

    BalasHapus
  26. Duh, itu celana dalamnya bentuk lucu-lucu gitu. Jadi pengen. Emang sih kalau buat melindungi "ini" kita harus cari yang terbaik ya, bahaya banget penyakit bisa muncul dari mana-mana

    BalasHapus
  27. Produk Felancy super nyaman dan lengkap, aku suka pakai dari jaman muda, hamil, sampai sekarang hehe

    BalasHapus
  28. Pernah denger juga saya tentang pentingnya milih underwear biar kesehatan organ terjaga dengan baik. Jangan sampai deh kita terkena penyakit mengerikan, apalagi kayak kanker serviks. Semoga ya kita terhindar dari berbagai penyakit dan tetap selalu sehat

    BalasHapus
  29. Mengganti pakaian dalam secara rutin tu makaudnya berapa kali sehari ya? Aku selama ini cuma ganti 2x sehari ketika mandi.

    BalasHapus
  30. Emang ya perempuan harus senantiasa bener2 menjaga organ kewanitaannya.
    Makasih sharingnya mbak, jd tau apa aja yg mesti dilakukan utk mencegah kanker serviks..

    BalasHapus
  31. dateng ke event ini berguna banget ya mak, apalagi buat kita nih kaum perempuan yang kadang masih suka mengabaikan kesehatan organ intim.

    BalasHapus
  32. Wah artikelnya lengkap banget mbak. Really nice post. Aku note nih soalnya aku sadr banget akan pengaruh underware untuk kesehatan organ kewanitaan kita tapi kemarin bingung memilih yang tepat.

    BalasHapus
  33. Memang betul salah satu penyebab kanker serviks yaitu kurang sadarnya akan kenyamanan kegunaan celana dalam. Makanya butuh CD yang nyaman seperti felancy.

    BalasHapus
  34. ngeri banget ya sama kanker servics.. jauh-jauh deh yg kayak gitu ya mbak..

    BalasHapus
  35. Panties dari Felancy sangat nyaman dipakai, sukaaa sekali. Thanks for sharing tentang kanker serviks, super lengkap infonya.

    BalasHapus
  36. Lembut ya ini felancy. Aku juga dah make itu baju tidur enakkk
    Btw jangan sampai kena kanker serviks deh

    BalasHapus
  37. Makasih ya mbaak infonya. Jadi lebih tau tentang kanker serviks.

    BalasHapus