Tips Pola Asuh 'Grow Happy' Agar Anak Tumbuh Bahagia

By TIANDARINIE - Desember 12, 2018

Ilustrasi anak yang bahagia dan tumbuh sehat
(Courtesy: unsplash.com)



Assalamualaikum Mom,

Siapa sih yang ga pengen anaknya tumbuh happy dan ceria? Tentu hal tersebut menjadi impian setiap orang tua, termasuk saya. Apapun akan dilakukan demi menyenangkan hati si kecil. Lantas hal-hal apa aja sih yang membuat anak happy? Jawaban kita pasti beragam ya Moms berdasarkan pengalaman masing-masing bersama anak. Kalau Kanami, kelihatannya happy banget melihat gambar-gambar hewan dan menirukan bunyinya. Dia juga suka sekali bernyanyi mengikuti musik dan lirik lagu anak-anak. Tapi apakah benar hal tersebut yang menjadi sumber kebahagiaannya?


Nestle Lactogrow Grow Happy
Nestle Lactogrow Grow Happy, Jakarta Desember 2018


Beruntungnya pada tanggal 5 Desember lalu, saya berkesempatan hadir dalam event Nestle Lactogrow “Grow Happy” yang bertempat di Opus Grand Ballroom, The Tribrata. Turut hadir pula beberapa narasumber yang sharing seputar pola asuh untuk mendukung anak tumbuh bahagia. Salah satu narasumbernya adalah Miss Lizzie alias Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, SFP, ACC yang merupakan psikolog favorit saya. Aaah, I’m so happy to meet her in person again and again!

Para narasumber yang hadir dalam event Nestle Lactogrow 'Grow Happy'
Para narasumber yang hadir dalam event Nestle Lactogrow 'Grow Happy'


Anyway, dalam studi kasus yang dilakukan oleh Nestle Lactogrow terhadap 370 orang tua dengan anak usia 2-5 tahun di Indonesia, ada beberapa hal yang membuat anak bahagia yaitu:
  • Tidur bersama ayah ibu di kasur
  • Mandi pagi dengan banyak sabun
  • Bertemu ibu sepulang kerja
  • Nonton tv bersama
  • Jalan-jalan bersama ayah ibu

Dari hasil studi tersebut ditemukan kesimpulan bahwa anak merasa bahagia saat bermain dengan orang tua. Namun nyatanya lebih dari 50% orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat bersama si kecil. Studi ini juga mengungkapkan fakta bahwa umumnya orang tua hanya menilai karakteristik kebahagiaan anak dari ciri-ciri fisik seperti eskpresi ceria dan aktif bergerak. Padahal menurut Myers and Diener (2018) “Kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, namun lebih kepada rasa nyaman, aman dan diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.”

Keterlibatan dan kehaditan orang tua adalah kunci sukses dari pola asuh 'Grow Happy'
Keterlibatan dan kehadiran orang tua adalah kunci sukses dari pola asuh 'Grow Happy'


Anak ga akan ingat seberapa mahal mainan yang dia punya, seberapa banyak baju-baju lucu yang sudah dia pakai atau betapa enaknya ice cream yang pernah dia coba. Moment yang akan membekas di ingatannya adalah ketika bersama keluarga, khususnya orang tua dan saudara mereka. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk membesarkan anak agar tumbuh bahagia? Lanjut scrolling ya Moms.


MANFAAT KEBAHAGIAAN BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK

Dari tadi saya berkali-kali menuliskan kata ‘anak’ dan ‘bahagia’. Memangnya kenapa sih anak kita harus bahagia, buibu? Menurut Miss Lizzie, kebahagiaan saat masa kanak-kanak memiliki efek positif terhadap tumbuh kembang kognitif (proses belajar), nilai diri (self esteem), social skill serta karakter anak saat dewasa. Begitupula dengan aspek sosial-emosional, anak yang happy sejak kecil berpotensi untuk menjadi sosok yg memiliki emosi positif dan sukses kelak. Bahkan kebahagiaan masa kanak-kanak adalah faktor paling berpengaruh terhadap kebahagiaan saat dewasa melebihi apapun termasuk aspek keberhasilan akademik, jabatan maupun karta kekayaan. Secara umum bisa dikatakan bahwa manfaat kebahagiaan pada anak adalah:

  • Anak akan tumbuh lebih sehat
  • Anak akan memiliki kemampuan sosial yang lebih baik
  • Anak memiliki potensi untuk sukses dalam pendidikan dan karier


So, ga salah jika selama ini kita kekeuh ingin membahagiakan anak meski harus jungkir balik jumpalitan. Tapi, gimana ya caranya agar anak bisa merasakan arti bahagia yang sebenarnya? Apakah harus dengan jalan-jalan ke Yurop dan beli mainan mahal? Ternyata tidak, Esmeralda.. masih ada banyak cara lainnya. Lets check it out!



TIPS MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN ANAK

Untuk membuat anak bahagia, tidak harus dengan cara-cara yang mewah. Jika belum bisa mengajak anak ke taman bermain di luar negeri, jangan sedih buuk. Anak juga bisa dan berhak merasakan bahagia dengan cara-cara sederhana kok. Berikut adalah tips dari Miss Lizzie:

  • Ikut terlibat dalam aktivitas anak
Saat bersama anak, orang tua harus hadir sepenuhnya tanpa ada distraksi apapun. Simpan dulu tuh smartphonenya, ga papa kok WAG-nya dicuekin sebentar. Saya pun sempat khilaf nih, sampai kena protes “Bu jangan main hape...” baru deh hape saya singkirkan jauh-jauh.  Tapi pelan-pelan saya dan suami menerapkan no gadget kecuali saat screening time bersama Kakak.

  • Mendukung minat bakat anak, mencari tahu hal-hal apa saja yang ia gemari
Di usianya yang menuju twoddler ini, Kakak suka sekali melihat ragam warna dan bentuk. Maka ketika screen time, saya memilihkan tayangan edukasi yang terkait dengan kegemarannya. Kadang kami juga menggambar dan mewarnai seperti video yang sedang kami tonton.

  • Mencukupkan waktu tidur anak
Biasakan untuk mengatur jam tidur anak agar waktu istirahatnya tercukupi dalam masa pertumbuhan

  • Memberi makanan yang bergizi dan tepat waktu
Makanan bergizi adalah sumber energi utama untuk proses tumbuh kembang anak. Dengan mendapatkan asupan gizi yang seimbang, anak akan merasa tenang, senang dan tidak mudah terserang penyakit.

  •  Menjadi orang tua yang bahagia
Orang tua yang bahagia dapat menularkan kebahagiaannya kepada anak sehingga tercipta rantai kebahagiaan dalam keluarga. Gimana anak bisa bahagia, jika ibu cemberut terus? So, let’s be a happy mom!


ASUPAN GIZI SEBAGAI FAKTOR PENTING YANG MENDUKUNG ANAK TUMBUH BAHAGIA

Selaras dengan tips dari Miss Lizzie, Dr. dr. Ariani D. Widodo SpA(K) juga menambahkan beberapa informasi terkait tips asupan gizi. Untuk mendukung kebahagiaan si kecil, anak harus mengonsumsi zat gizi secara lengkap dan seimbang agar memiliki saluran cerna yang sehat. Dengan begitu, anak dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal dan merasa bahagia.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak
Nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak


Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, keseimbangan mikrobiota usus harus dijaga ya Moms, caranya adalah sebagai berikut:
  • Konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi
  • Konsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur


TIPS POLA ASUH “GROW HAPPY” ALA TITI KAMAL DAN CHRISTIAN SUGIONO

Selain para narasumber yang kompeten di bidangnya, pada acara tersebut hadir pula pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono. Sebagai publik figur yang kesehariannya diisi oleh sederet aktivitas, momen kebersamaan dengan anak adalah hal yang sangat berharga bagi Titi dan Tian. Bahkan menurut Miss Lizzie, umumnya orang tua yang bekerja justru memiliki waktu yang lebih berkualitas bersama anak. Hal ini disebabkan oleh kesadaran akan terbatasnya waktu yg mereka punya, sehingga momen bersama anak dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Dalam kesempatan kali ini, Titi dan Tian juga membocorkan salah satu ‘ritual wajib’ mereka setiap hari yang membuat mood anak mereka, Juna menjadi lebih baik. Yaitu dengan cara membisikkan kalimat-kalimat indah ke telinga Juna menjelang tidur. Misalnya, “Mama Papa sayang Juna, tidur yang nyenyak yaa anak hebat” atau “I love you, besok pagi bangun dengan ceria ya jagoan Mama Papa..”.

Saya merasa beruntung sekali bisa hadir dalam acara kali ini. Tidak hanya sekedar informasi bermanfaat yang saya dapatkan tetapi juga pengalaman baru. Di sela-sela materi, Miss Lizzie mengajak para orang tua yang hadir untuk melakukan aktivitas yang super seru. Kami diajak untuk saling mengenal satu sama lain dan menceritakan kebahagiaan-kebahagiaan sederhana dalam rentang waktu satu minggu terakhir. Kebahagiaan versi saya adalah ketika Kakak lahap makan setelah sempat melalui fase GTM yang membuat ibunya ini bingung harus masak apa lagi.  Di akhir acara, Miss Lizzie mengajak kami untuk memeluk 8 Moms yang ada di ruangan tersebut. Salah satu Mom yang saya peluk adalah Titi Kamal, yay! Terimakasih Nestle Lactogrow sudah menghadirkan event yang sangat keren dan membekas di hati. Semoga para orang tua senantiasa berbahagia  agar bisa mendampingi anak untuk tumbuh menjadi sosok yang berbahagia juga. See you!

Happy mommy is  the key for the happy kids
Happy mommy is  the key for the happy kids




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar