Tetap Produktif dan Sehat Walau di Rumah Aja

By katatian - Mei 15, 2020

Hai! Gimana kabarnya nih di tengah pandemi? Semoga dalam kondisi baik dan sehat wal'afiat yah walau rutinitas bergeser sejak COVID19 masuk ke Indonesia. Alhasil kita semua harus di rumah saja agar tidak terpapar si virus. Bagiku yang sehari-hari memang lebih sering di rumah, rasanya tidak jauh berbeda dengan masa sebelum  pandemi. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang harus ke kantor, bekerja di luar rumah dan memiliki keperluan bertemu orang banyak? Tentu fase swa karantina ini cukup membuat pening dan butuh proses adaptasi yang engga mudah.

Awalnya bagiku COVID19 ibarat sosok Dementor dalam serial Harry Potter yang merenggut kebahagiaan manusia, tapi kini aku sadar ada hal baik juga yang datang menyertainya. Coba deh tengok bagian home Instagram di jam 3 - 5 sore dan jam 8 - 10 malam, banyak banget akun yang berkolaborasi Instagram Live membahas tema menarik yang cukup beragam. Mereka berkontribusi membagikan ilmu yang dimiliki. Mulai dari kesehatan secara umum, kesehatan mental, tips agar tetap produktif, inspirasi resep praktis, ide bermain dengan anak hingga olahraga bareng di rumah. Berhubung aku termasuk tim mager dan jarang berolahraga (pardon my bad) jadi aku mulai mencari info seputar kegiatan workout online agar bisa lebih semangat olahraganya. 

Alhamdulillah dari salah seorang teman, aku dapat informasi bahwa pada tanggal 6 Mei 2020 FWD Life Indonesia mengadakan Instagram Live #DiRumahAjaBarengFWD episode WFH alias Workout From Home. Kebetulan juga instrukturnya nanti perempuan jadi lebih nyaman rasanya untuk ikutan. 



Pada jam yang sudah ditentukan, aku pun mulai membuka Instagram sambil sesekali melirik dapur dan memantau masakan yang disiapkan untuk berbuka. Maklum lha ya sebagai ibu memang kudu bisa multitasking dan lihai mencuri waktu. Tugas rumah tangga yang tak ada habisnya harus tetap dilakukan, namun keinginan untuk merawat diri dan olahraga juga tentu ada. Bagiku, olahraga bareng sekaligus bersosialisasi penting untuk menjaga kewarasan dan sesisi rumah engga ikut uring-uringan karena ibuknya senewen.

Sesi workout from home dibuka oleh Kak Zeeze Shahab yang mulai menyapa para followers, kemudian Kak Sistya dari GOFIT juga ikut muncul dan mencairkan suasana. Jam menunjukkan pukul 16.45 WIB dan semakin ramai saja yang ikutan. Bahkan ada beberapa nama-nama familiar  yang ternyata juga bergabung olahraga bersama sore itu. Jadi seru deh, walaupun hanya bertemu virtual.  






Kak Sistya sebagai instruktur menjelaskan dengan seksama apa saja step workout ringan saat di rumah aja. Ada beberapa gerakan yang sempat aku catat agar bisa dipraktikkan lagi sewaktu-waktu:

  • Jumping Jacks 

Gerakan ini cukup sederhana, cukup dengan berdiri tegak dan tangan diletakkan di paha kiri dan kanan. Kemudian dalam satu gerakan melompat kaki dibuka lebar ke samping dan tangan diayunkan ke atas kepala hingga saling bertepuk, dilakukan berulang. Adapun manfaat gerakan ini adalah melatih kardiovaskular dan kekuatan tubuh. Meningkatkan kinerja jantung dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. 

  • Plank

Posisi satu ini cukup populer dan mudah dilakukan. Caranya adalah menekan siku pada lantai, posisi kaki lurus sejajar bahu dan jari-jari kaki menyentuh lantai. Tahan posisi ini hingga hitungan ke delapan dan bisa dulangi lagi. Posisi ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan meregangkan otot yang kaku.

  • Running in Place

Siapa sih yang engga tau istilah lari di tempat? Gerakan ini sering sekali dilakukan saat berolahraga baik di dalam ruangan maupun di tempat terbuka. Gerakan sederhana ini ternyata banyak manfaatnya lho. Salah satunya yaitu untuk memperkuat otot dan menjaga kepadatan tulang secara bersamaan.








Beberapa gerakan lain seperti tricep stretch, push up, side plank juga dicontohkan oleh Coach Sistya yang diikuti oleh para partisipan. Oh iya kegiatan #DiRumahAjaBarengFWD ini tidak hanya sekedar seru-seruan lho tetapi  sekaligus program donasi dari FWD Life. Dengan mendaftarkan diri di https://bit.ly/berbagibarengFWD ⠀artinya kita ikut berkontribusi untuk berbagi kepedulian terhadap adik-adik yang mebutuhkan. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk SOS Children’s Villages yaitu organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orang tua untuk kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang. Di akhir sesi, tak lupa juga ada keseruan bagi-bagi hadiah dan undangan buka bareng virtual di tanggal 9 Mei 2020. Alhamdulillah aku beruntung dan berkesempatan untuk ikut buka puasa bareng 30 orang lainnya. 


Buka Bareng FWD 

Jujur aja ini adalah pertama kalinya aku buka bareng virtual lho. Walaupun sering video conference dengan teman-teman dan komunitasku Mom Influencer ID tapi belum pernah sampai jam berbuka. Sempat ada rasa gelisah juga karena kepikiran harus menyiapkan menu berbuka untuk keluarga sambil bergabung di meeting room. Tapi ternyata engga serieweuh itu kok. Apalagi setiap undangan mendapatkan voucher Go-Food yang bisa digunakan untuk order makanan secara gratis. Alhamdulillah kali ini buka puasanya ga ribet di dapur tinggal order aja hihi. FWD memang paling mengerti buibu deh.





Berbeda dengan sesi Instagram Live lalu, di #BukaBarengFWD ini selain Kak Zeezee Shahab dan Coach SIstya juga turut hadir Ibu Evelyn Simanjuntak (Head of Bancassurance Business at FWD Life Indonesia) dan Pak Luthfi Moch. Zaky (Corporate Partnerships at SOS Children's Villages Indonesia) yang menjelaskan seputar program donasi. 

Aku jadi tau lho bahwa di Indonesia, SOS Children’s Villages sudah ada sejak tahun 1972. Bapak Agus Prawoto seorang tentara yang sedang bertugas di Austria, seketika jatuh hati dengan program pengasuhan ini, lalu mendirikan village pertama di Lembang, Bandung pada tahun 1972. Disusul oleh pembangunan village kedua di Cibubur, Jakarta pada tahun 1984 yang diikuti dengan village ketiga di Semarang. Lalu di  Tabanan,  Bali  tahun  1991. Village kelima, keenam, ketujuh dan kedelapan dibangun sebagai respon dari bencana tsunami di Flores dan Aceh. Village di Flores berdiri pada tahun 1995, sedangkan di   Banda Aceh, Meulaboh dan Medan tahun 2004. Saat ini SOS Children’s Villages Indonesia tersebar di 9 Daerah dari Banda Aceh hingga Flores. Salut deh!

Thanks banget yaa FWD atas program #DiRumahAjaBarengFWD yang bermanfaat banget untuk mengisi waktu agar tetap produktif dan sehat saat di rumah aja. Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi masih bisa ikutan lho, cek aja Instagram FWD Life Indonesia dan pantau beragam programnya. Jangan lupa ya ikutang berdonasi juga di https://kitabisa.com/campaign/berbagibarengFWD yaa. Stay apart, stand united!






  • Share:

You Might Also Like

23 komentar

  1. Yang paling banyak terlewatkan selama di rumah aja kayaknya olahraga ya, senang juga kalau bisa olahraga dari rumah, apalagi kalau sambil dipandu.
    Keren banget deh :)

    BalasHapus
  2. Aku paling nggak bisa jumping jacks! Ya ampun itu killing banget sih :') Kalau cari guide olahraga di youtube pun carinya yang no jump karena itu suliiit banget buat aku lakukan. Tetap semangat terus ya mbak menjaga kesehatan di masa pandemic ini :)

    BalasHapus
  3. wah seru ya bisa ngezoom bareng dan full kuota support berarti ya :) jadi di rumah juga asyik

    BalasHapus
  4. Wih ini nih yang aku butuh hehe. Langsung kusave gerakan-gerakan di atas. Dulu sering zumba ama workout kayak gini, tapi sekarang gak tahu jadi malas hehe

    BalasHapus
  5. Wah, akupun sama kak, males banget olahraga 😁 tapi kalo secara virtual dan banyak temennya gitu jd semangat yaa kayaknya. Seru deh kelihatannya.

    BalasHapus
  6. Wahh thanks for sharing. Bermanfaat banget nih biar tetap fit walau di rumah.

    BalasHapus
  7. Ya ampun aku selama di rumah aja baru workout sekali doang via aplikasi mbak wkwk. Banyakannya mager atau lebih enak tidur. Eh tapi aku olahraga sih sebenernya tiap hari, kejar-kejaran sama kucing-kucingku di rumah. Hahaha!

    BalasHapus
  8. Aku tuh semenjak di rumah jarang banget olahraga, karena sepertinya kerjaan rumah banyak sekali dan tidak ada habisnya, jadi auto capek duluan, hehehe. Namun aku mau membiasakan olahraga agar bisa hidup sehat.

    BalasHapus
  9. Wah wah, workout jadi agenda aku yang sering terlewat selama Ramadhan ini. Kayanya harus mulai dirutinkan lagi nih. Supaya ga lebaran dengan badan lebaran hihihi

    BalasHapus
  10. Gerakan yang paling susah menurutku adalah plank. Keliatannya cuma begitu tapi nahan berat badan cape banget cyin hihihi.. thanks info buat nyari keringet di rumah kak

    BalasHapus
  11. Duh berasa diingatin banget ini, selama Ramadhan off smpe skrg, efek jamnya work out malah nyiapin ganjil buat keluarga πŸ˜†

    BalasHapus
  12. Wah, kenapa aku gak kepikiran buat workout di rumah selama karantina ya? Duh, bodoh. Padahal kalo rutin workout pasti udah turun banyak nih BB😭

    BalasHapus
  13. Gatau kenapa kalo rumah itu kaya hawanya untuk bermalas malasan gak si:( kaya ngapa ngapain jadi males garagara kasur huhu.

    Tapi belum lama ini aku workout, karena udah lama ga digerakin kali ya eh besokannya pas bangun paha ngilu dong hahahah

    BalasHapus
  14. Seru banget sih mom bukber virtual �� btw info workoutnya auto dibintangin nih, pas aku lagi cari"gerakan plank buat pemula hihii

    BalasHapus
  15. Thank you mom tian udah bikin tulisan yg banyak kasih inspirasi, apalgi mengenai kesehatan kadang kita luput apa aja yg simple tp menyehatkan baca blog nya jadi dapat ilmu tambahan

    BalasHapus
  16. Aq pernah ngikutin gerakan itu momti.. tapi yaitu istiqomahnya ga lamaa.. πŸ˜…

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Keren bgt program" FWD ini, minggu kemarin aku jg ikut bukber virtualnya juga, seruuuu😍

    BalasHapus
  19. Seru nih, bisa melikak likuk badan dari rumaahh. Keren programnya FWD

    BalasHapus
  20. Pengen banget ikutin gerakan ini biar sehat dan body ga banyak lemak, tapi malesnya masih nyangkut

    BalasHapus
  21. Selama dirumah aja malah pegel pegel dan teganhg pundak. Jadi olahraga dikit emang perlu bgt. Tq momin sharing nya

    BalasHapus
  22. Duuuh ngumpulin semangat buat olahraga tuh ya allah bener2 deh moms tian. Padahal olahraga bisa yg simple2 kaya tips kamu ya 😌

    BalasHapus
  23. Cara ikut acara semacam ini bagaimana ya kak? Ada ketentuan khusus kah? Terimakasih :)

    BalasHapus