Rahasia Perawatan Rambut Berhijab Dengan Scalp Care Technology

By katatian - Januari 19, 2022

Tips merawat rambut khusus untuk yang berhijab

 “Ibuuuuuu aku mau punya rambut panjang seperti Elsa dan Anna!”

Celetukan itu tak lain dan tak bukan dilontarkan oleh anak perempuanku yang makin ceriwis. Aku mengangguk sambil terkekeh, sudah paham betul kegemarannya memang semua hal tentang Frozen. Jangankan dia, aku pun yang sudah ibu-ibu juga mendambakan rambut panjang tergerai. Ngga perlu blonde seperti bule sih, yang penting rambut tuh sehat dan wangi sepanjang hari walaupun tertutup hijab.

Sedikit curhat nih, saat awal berhijab dulu aku tuh ngga merawat rambut dengan baik. Asalkan bisa diikat cepol, aku udah happy. Pikirku ya udah lah ya, kan rambutnya tertutup jadi ngga perlu perawatan yang gimana-gimana. Aku baru mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan rambut setelah muncul ketombe yang membuat kulit kepala jadi gatal dan tidak nyaman. Keluhan pun bertambah karena selain ketombe, rambutku jadi kusut, bercabang dan lepek. Apalagi dulu sebelum berhijab, aku sering gonta-ganti warna rambut dan menggunakan alat catok. Maklum lah yah gejolak masa muda yang serba penasaran mencoba hal baru. Ketika rambutku semakin porak-poranda, baru deh aku mulai memberi perhatian ekstra. Puncaknya adalah saat menikah dan menjadi ibu, aku semakin peduli terhadap kondisi rambut karena ingin tampil maksimal di depan suami dan keluarga. Kalian gitu juga ngga sih?

Berhubung anakku perempuan dan mulai belajar berhijab sejak usia satu tahun, so aku ngga pengen nantinya dia mengalami masalah rambut yang sama denganku. Ini juga sih yang menjadi alasan terkuat untuk semakin niat merawat rambut. Jangan mentang-mentang rambut kita tertutup hijab, lalu mengabaikan ciptaan Allah hehe. Fakta uniknya nih, manusia memiliki sekitar 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Rambut akan mengalami kerontokan setiap hari, 50 hingga 100 helai, namun rambut baru akan tumbuh. Well beberapa hal yang aku lakukan dalam ikhtiar merawat rambut khusus untuk hijabers adalah sebagai berikut:

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang 
Cuaca panas membuat kita terbiasa mengikat rambut dan mencepolnya dengan kencang. Padahal rambut juga butuh bernafas dan terbebas dari ikatan sesekali. Terlalu lama mengikat rambut juga akan membuat rambut kehilangan minyak alami dan merusak akar rambut sehingga mudah rontok.

Pastikan Rambut Kering Sebelum Memakai Hijab
Membungkus rambut saat kondisi masih basah ternyata akan membuat kulit kepala menjadi lembab serta memicu tumbuhnya bakteri. Inilah cikal bakal ketombe yang akan membuat kita jadi bad hair day. Sebaiknya biarkan rambut benar-benar kering sebelum memakai hijab yah mom. 

Rawat Rambut Sesuai Dengan Kondisinya
Jenis rambut kita tentu beragam, permasalahan yang dialami juga berbeda-beda. Kondisi yang aku alami umumnya berkaitan dengan rambut lepek dan mudah patah. Maka aku pilih perawatan rambut yang bisa mengurangi keluhan tersebut. Selain rutin keramas menggunakan shampo, aku juga memakai hair tonic dan masker rambut di akhir pekan. Lalu, shampo seperti apakah yang bisa menjadi solusi dan mengatasi keluhan rambut khusus yang berhijab?




WARDAH THE REAL HIJAB SHAMPOO EXPERT

Apa, Wardah merilis produk shampo? Bener kok. Selain menjadi pionir brand make up muslimah, Wardah juga merambah ke produk hair care. Bahkan sejak tahun 2017 brand lokal satu ini sudah hadir menjawab solusi permasalahan rambut untuk perempuan berhijab. Selain menawarkan kesegaran pada kulit kepala, Wardah Shampo juga memiliki keharuman yang segar dan tahan lama, bahkan tercium hingga keluar hijab. Yap, ini karena Wardah diformulasikan dengan Scent Lock Fragrance dan Innovative Ingredients dari bahan-bahan alami yang tak hanya membersihkan rambut, tapi juga memberikan nutrisi dari dalam. 


SCALP CARE TECHNOLOGY UNTUK PEREMPUAN BERHIJAB

Tidak hanya kandungan yang lengkap dan variasi produk yang beragam, Wardah Shampo juga menghadirkan teknologi terbaru dan satu-satunya yaitu Scalp Care Technology yang diciptakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala yang tertutup hijab. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Wardah, kondisi kulit kepala perempuan berhijab memang berbeda dengan yang gak pakai hijab. Karena kulit kepala kita lebih rentan masalah rambut seiring dengan munculnya mycobacteria di kulit kepala tidak seimbang. Hal ini juga menjadi pemicu ketombe yang muncul karena secara saat tertutup hijab, otomatis kulit kepala memproduksi lebih banyak sebum (minyak) untuk menghindari kekeringan akibat kurangnya kadar air.

AMINO MICELLAR CLEANSING

Pada umumnya, shampoo menggunakan kandungan SLS untuk membersihkan debu dan kotoran. Namun ternyata SLS dapat menyerap kandungan minyak alami di rambut, yang menyebabkan kulit kepala dan rambut kering, gatal, dan bahkan iritasi. Akan makin berdampak negatif lagi digunakan setiap hari.Namun, Wardah telah melakukan inovasi penggunaan Amino Cleansing untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan daya efektif dan tetap mild.

Keunggulan Amino Cleansing:
  • Berbeda dengan SLS yang harsh di rambut dan kulit kepala, amino-base cleanser dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dengan sangat lembut tanpa efek negatif SLS.
  • 90% komponen rambut adalah protein yang disebut keratin, yang terdiri dari 18 jenis asam amino. Dengan memakai shampoo amino, kita dapat terus menerus menjaga kandungan amino pada rambut.
  • Asam amino dapat melembabkan rambut, sehingga terhindar dari rambut kering.



REVIEW WARDAH SHAMPOO

Secara packaging dan kemasan, tidak ada yang berubah dari produk ini sejak dirilis tahun 2017. Wardah shampoo dikemas dalam botol ramping berbentuk kotak panjang dengan tutup flip top dan dilengkapi dengan stiker Scentlock Fragrance merangkap segel. Produk ini hadir dalam ukuran 170 ml dan yang menjadi pembeda antar varian adalah warna kemasan dan tulisannya saja.

Varian Wardah Shampoo Dengan Scalp Care Technology


Wardah Shampoo #TheRealHijabExpert yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan perempuan berhijab, hadir dalam empat varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi rambut kita. Antara lain:


Wardah Shampoo Anti Dandruff 

Varian ini mengandung perpaduan bahan aktif natural multi aksi, yakni peppermint extract, tea tree oil, dan juga Double Zinc Active. Ketiga bahan inilah yang membuat rambut lebih bersih, menyegarkan, mengurangi ketombe pada kulit kepala, serta memberikan sensasi dingin yang menyegarkan kulit kepala. 

Wardah Shampoo Daily Fresh

Mengandung aloe vera extract, seaweed extract dan wheat protein yang diklaim dapat memberikan kesegaran pada kulit kepala dan rambut yang lembab. Selain itu, varian ini juga mampu melembutkan helai rambut dari akar hingga ke ujungnya.

Wardah Shampoo Hair Fall Treatment

Shampo jenis satu ini dikhususkan untuk merawat serta mengurangi rambut rontok dan patah. Perpaduan ginseng extract dan rosemary extract menutrisi rambut dan menguatkannya dari akar hingga ke ujung rambut. Menariknya lagi, varian shampo Wardah ini juga dapat mencegah risiko rambut patah yang kerap menimpa wanita berhijab. 

Wardah Shampoo Nutri Shine

Produk ini khusus untuk merawat rambut kusam, mom dapat mempercayakannya pada varian Wardah Shampoo Nutri Shine. Kandungan argan oil, grape seed extract, dan ceramide-nya menutrisi, melindungi, serta mencegah setiap helai rambut dari berbagai macam kerusakan.


Rambut wangi dan segar sepanjang hari dengan Wardah Shampoo Daily Fresh

Karena penasaran dengan berbagai varian Wardah Shampoo dan formula Scalp Care Technology  terbaru, akhirnya aku mencoba semua jenisnya. Nah yang paling cocok dengan kondisi rambut dan kulit kepalaku adalah varian Nutri Shine. Setelah pemakaian selama 3x berturut-turut aku merasakan kondisi rambutku membaik. Dari yang tadinya mudah lepek dan bercabang, kini semakin sehat, lembut dan pastinya wangi sepanjang hari meskipun terbungkus hijab berjam-jam. Aku juga mencoba varian Wardah Shampoo Daily Fresh yang memberikan efek segar di kulit kepala dan memperbaiki mood saat sedang suntuk dengan rutinitas sehari-hari.


Rekomendasi shampoo halal the real hijab expert dari Wardah

Wardah Shampoo dapat ditemukan di minimarket terdekat maupun e-commerce dengan harga mulai dari 28-ribuan saja. Tidak hanya shampoo, Wardah juga menghadirkan conditioner sebagai pelengkap perawatan rambut yang bisa dipakai berbarengan untuk hasil yang maksimal. Gimana, tertarik mencoba Wardah Shampoo dengan formula Scalp Care Technology yang terbaru? Jangan lupa kunjungi website resmi Wardah untuk mendapatkan informasi seputar ragam produknya yah. Yuk rawat rambut kita dari luar dan dalam bersama Wardah Shampoo #TheRealHijabExpert

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar