Review Album : Passion For Nation (Aperoject Records)

By TIANDARINIE - November 05, 2016



 Hari kemerdekaan memang sudah berlalu, tapi siapa bilang semangat lantas ikut hilang dan pergi? Sebagai repetisi, Aperoject Records meluncurkan 'Passion for Nation' sebuah album kompilasi berisi 12 track ciamik pembangkit keriaan. Diproduseri oleh Gesit Mutiara, album kompilasi ini diramu khusus dengan semangat yang meletup-letup.  

Sebagai pembuka, Bitter Ballen menghentak dengan 'Darah Merah Putih'  bertemakan merah putih yang menjadi identitas bangsa. Kemudian disusul oleh 'Berdirilah Kawan' milik Dabudd Projects dengan sentuhan synthizer, looping di beberapa bagian serta autotune kekinian yang cukup easylistening. Selanjutnya ada 'Ameeen!!!' (iya tanda serunya tiga) berdurasi minim dengan ke-riot-an maksimal milik De Morte. Jangan kaget bila menemukan nama Good Boy Jimmy di track selanjutnya, karena band trio asal Malang ini hadir dengan lagu 'Menggapai Mimpi' bernuansa easycore.  

Track selanjutnya dimonopoli oleh Hidden Message dengan lagu 'Masih Ada Kesempatan' yang entah kenapa intronya mengingatkan saya kepada band Netral. Kemudian Homeless Tiger hadir dengan tajuk 'Diam' disusul oleh Miss Universe yang meronta dengan lagu 'Polusi Karena Ambisi'.  Masih mengangkat tema semangat untuk negri, Newstep hadir di bawah kibaran bendera pop punk dengan lagu 'Semangat Untuk Negri' dilanjutkan 'Ego' oleh No More Heroes beraliran serupa.

Tiga track terakhir secara berturut-turut diisi oleh Sextoy (Thanks for This State of Democracy--20 Years Ago), Story Starry Nite (Estafet) dan Tinkerbell sebagai penutup. Semanis namanya, track paling terakhir memang dinyanyikan oleh satu-satunya makhluk berkromosom XY di lagu 'Berbeda dan Merdeka'.

Secara keseluruhan, album ini mampu merefleksikan kobaran semangat jiwa muda para generasi penerus bangsa. Liriknya dikemas dengan euphoria hura-hura tanpa huru-hara yang kental dengan manuskrip orasi di tengah carut-marutnya negeri tercinta ini. Nampaknya kedua belas musisi lokal ini sepakat untuk sepaket, merumuskan lagu asyik tanpa harus tentang cinta. Good job, Aperoject! Terakhir, satu quote favorit saya pada lagu Homeless Tiger, ”Terbuai atmosfer puncak eksistensi. Sadar menjadi akhir yang selalu terjadi. Kaya buda luapan rasa, hangat ramah tanpa ambisi.”

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar