Kenalan Dengan GIPTI di BSD CITY

By TIANDARINIE - Oktober 06, 2018

Hai Moms!

Dulu ketika pertamakali menginjakkan kaki ke BSD City saya mengeluh "Duh tempat ini jauh banget yaa dari Kota Jakarta. Ga asik ah..." Pada waktu itu sekitar tahun 2012 datang berkunjung untuk urusan pekerjaan, domisili masih di Kota Malang. So harap maklum jika pengetahuan tentang BSD City masih sangat minim. Pikirku, yang menarik dari Jakarta ya hanya Kota Jakartanya saja. Seperti Monas, Ancol, Bundaran HI dan landmark lain yang sering berseliweran di layar kaca.

Setelah menikah dan benar-benar hijrah dari Jawa Timur, barulah saya mengenal BSD City. Ternyata, BSD City bukan sekedar perumahan tapi sebuah kota Mandiri yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Fasilitasnya pun lengkap mulai dari sekolah bertaraf Internasional, Gedung Konvensi terbesar di Asia Tenggara (ICE - Indonesia Convention Exhibition), Universitas terkemuka hingga kawasan perkantoran berkonsep green office pun lengkap ada di BSD City. Mau ajak anak-anak dan keluarga berenang? Tinggal ke Ocean Park BSD aja. Tidak perlu lagi berjibaku dengan kemacetan ibukota demi leisure karena semua sudah ada di sini.


AEON Mall BSD City
AEON Mall BSD City (Courtesy: markeeters.com)


Green Office Park BSD City
Green Office Park BSD City (Courtesy: sinarmasland.com)


ICE BSD City
ICE BSD City (Courtesy: okezone.com)


Ocean Park BSD City
Ocean Park BSD City (courtesy: sinarmasland.com)


Apalagi Sinar Mas Land juga sedang gencar menghadirkan fasilitas dan infrastruktur berbasis teknologi di kota satelit ini. BSD City juga saat ini sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang ke depannya akan menjadi 'Silicon Valley' di Indonesia.




Ilustrasi Silicon Valley
Ilustrasi Silicon Valley (Courtesy: geekculture.co)


Uhuuuuy! Saya memang sangat antusias dengan kemajuan teknologi, karena kebanyakan main The Sims dan nonton film bergenre sci-fi. Kurang kerjaan banget ya? Haha. Well latar belakang pendidikan sebenarnya multimedia dan komunikasi tapi kok rasa-rasanya ilmu saya tidak sepenuhnya kepake ya? Masih bingung untuk menentukan fokus profesi lalu jadinya malah nyemplung di dunia tulis-menulis khususnya blog. Paling tidak, ada kaitannya dengan dasar-dasar Java dan HTML serta Adobe dan Corel yang pernah aku pelajari lha ya. Makanya happy banget ketika tau bahwa di BSD City akan hadir 'Silicon Valley' citarasa nusantara yang menjadi tempat bertemunya orang-orang yang antusias terhadap teknologi. Nah berkaitan dengan hal tersebut, pada tanggal 4 Oktober lalu diselenggarakan Groundbreaking GIPTI. Apa itu GIPTI? 

GIPTI adalah singkatan dari Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi yang akan dibangun di kawasan BSD City. Hal ini merupakan  bentuk kerjasama Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) dengan Sinar Mas Land. Tujuan diadakannya GIPTI adalah sebagai ekosistem inovasi bersama Digital HUB untuk percepatan terwujudnya Silicon Valey di Indonesia.



Groundbreaking GIPTI di BSD City
Menristekdikti, Kepala Puspiptek, Perwakilan Sinarmas Land dan perwakilan Tenant GIPTI
(Courtesy: Harris Maulana)


Press Conference Groundbreaking GIPTI di BSD City
Press Conference Groundbreaking GIPTI di BSD City (Courtesy: Harris Maulana)


Groundbreaking GIPTI di BSD City
Ground Breaking GIPTI di BSD City (Courtesy: Ono Sembunglango)


Groundbreaking GIPTI di BSD City
Ground Breaking GIPTI di BSD City (Courtesy: Ono Sembunglango)


Pada saat groundbreaking GIPTI hadir pula Muhammad Nasir (Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) yang turut mendukung kerjasama positif antara PUSPIPTEK dan Sinar Mas Land. Beliau menyampaikan bahwa kerjasama ini sudah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis. Saat ini sedang dicoba untuk menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya PUSPIPTEK-MENRISTEK sebagai National Science and Tecnology Park (N-STP) yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun  juga sebagai pusat pengembangan produk nasional, penumbuhan kewirausahaan berbasis teknlogi melalui inkubasi, pusat informasi, serta pusat pelatihan bagi SDM. Dalam GIPTI ini nantinya akan ada 5 zona yaitu:



  • Zona Penerima
  • Zona Display
  • Zona Pengembangan Kewirausahaan
  • Zona Penelitian
  • Zona Kawasan Ruang Terbuka Hijau


GIPTI juga akan dilengkapi dengan Gateaway Park, Techno Park dan Lake Park. Pengembangan GIPTI ini pun sudah sesuai dengan program N-TSP Puspiptek yang aku tulis di atas tadi. Seperti apa wujud nyata GIPTI nanti? Mari sabar menanti dan terus kembangkan potensi diri ya Moms. Meski sudah berstatus sebagai ibu dan memiliki sederet kesibukan mengurus rumah tangga, kita tetap bisa berkontribusi untuk ilmu pengetahuan lho. Contohnya adalah dengan menyebarluaskan informasi yang positif dan bermanfaat. Kalo saya, sambil nunggu GIPTI hadir di BSD City, mau main The Sims City dulu ah~

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Makin keren ajaa yaa mba BSD city... Duuuh ga sabar nungguin gipti launching.

    BalasHapus