Tips Langsing Setelah Melahirkan : Get Fit With Stroller

By TIANDARINIE - Oktober 11, 2018

Hai Moms!

Memiliki postur tubuh yang kecil mungil, membuat saya ga jarang dikira masih anak kuliahan semester awal. Padahal mah ibu beranak satu yang usianya sudah hampir kepala tiga! Hahaha. Seneng sih dianggap awet muda, tapi kadang sedih juga kalo sudah muncul nyinyiran macam "Oh udah punya anak toh, kok ga gemuk-gemuk yaa?" atau semacam "ASI-nya keluar ga tuh kalo badannya kecil gitu?" yang terlontar dari mulut sesama perempuan berstatus ibu. Biasanya kalau sudah bertemu dengan tipikal ibu-ibu nyinyir macam begitu, saya menjawab dengan fakta: memang genetik keluarga seperti ini bu. Case closed. Mau ngomong apalagi nganaaa?

Well, ga semua ibu-ibu yang saya temui, nyinyir seperti itu sih. Kadang ada juga yang benar-benar penasaran dan ingin tahu bagaimana tips agar badan kembali get in shape alias langsing setelah melahirkan. Berat badan saya memang sempat naik sebelas kilo dari 40 kg jadi 51 kg ketika hamil. Apalagi menurut penelitian University of Chicago, sebesar 75% wanita di seluruh dunia akan cenderung berubah menjadi lebih gemuk setelah melahirkan. Mungkin saya adalah yang 25% nya yaa. Karena begitu melahirkan Kabay, berat badan pun berangsur kembali ke angka normal. Bagaimana bisa begitu? Berikut adalah beberapa tips dari pengalaman pribadi saya, agar tetap langsing setelah melahirkan:


MENYUSUI DENGAN TERATUR

Alhamdulillah saya melahirkan Kabay dengan proses normal, sehingga bisa langsung merasakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan memberikan colostrum untuknya. Sebagai ibu baru tentu saja saya bingung dan belum berpengalaman bagaimana cara menyusui yang baik untuk mendapatkan pelekatan yang sempurna. Di sinilah peran suster dan bidan sangat penting, mereka senantiasa membantu saya yang masih awam perihal menyusui ini. Karena itu, saya akhirnya sukses memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Dengan menyusui secara teratur akan membakar kalori sekitar 300-500 kalori dan berat badan pun berangsur kembali ke angka normal. Meskipun asupan makanan kita melebihi biasanya, tapi jumlah kalori yang dibakar pun seimbang, so jangan ditahan-tahan nafsu makannya ya buibu. Gaspol aja!


ISTIRAHAT YANG CUKUP

Beristirahat yang cukup dapat membuat tubuh kita kembali ke sedia kala alias back in shape. Lho apa hubungannya? Coba dipikir lagi, jika di malam hari istirahat kita tidak cukup, maka pagi hari akan terbangun dalam kondisi lemas dan tidak semangat. Mau ngapa-ngapain bawaannya malas gerak alias mager to the max. Akhirnya jadi malas masak, kalo lapar cuss order via layanan jasa pesan antar. Jika yang dipesan adalah makanan menyehatkan dan bergizi sih ga masalah. Tapi kalo pesannya junk food? Nah ini yang menyebabkan tubuh kita susah kembali ke bentuk semula. Gimana mau langsing jika yang masuk ke tubuh adalah tumpukan lemak jahat? So, usahakan beristirahat yang cukup agar stamina kita terjaga dan aktivitas sehari-hari bisa berjalan lancar termasuk urusan masak-memasak.


OLAHRAGA YANG TERATUR

Para Mommies yang baru saja melahirkan, olahraga mungkin masih sulit untuk dilakukan. Hal itu juga terjadi pada saya. Satu minggu pertama pasca persalinan, badan masih rontok dan ingin nempel kasur terus. Tapi begitu memasuki minggu ke-dua, saya harus mulai bergerak dan beraktivitas seperti sedia kala. Karena hanya berdua suami mengurus Kabay, ketika suami berangkat kerja maka otomatis bayi kecil ini menjadi tanggung jawabku sepenuhnya. Pagi-pagi usai dimandikan, Kabay selalu sunbathing dan menghirup udara segar di halaman rumah. Biasanya ketika Kabay berjemur di atas stroller, saya pun melakukan stretching dan olahraga sederhana dibantu oleh stroller Kabay. Emang bisa yah?


Tentu saja bisa dong buibu. Sebagai smart millenials mom, kita harus bisa menyiasati waktu yang kita miliki untuk melakukan hal-hal bermanfaat. Salah satunya adalah berolahraga dengan memaksimalkan fungsi stroller si kecil. Hal ini sejalan dengan kampanye dari Mothercare yang bertajuk "Get Fit With Stroller" yang diluncurkan 4 Oktober lalu di Kantorkuu Coworking Space daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Disampaikan oleh Abi Shihab selaku Marketing Manager Mothercare Indonesia, "Kampanye Get Fit With Stroller memiliki alasan utama untuk memberikan pengalaman baru dalam menjalani peran sebagai seorang ibu baru dengan fisik dan jiwa yang sehat. Kereta dorong atau stroller dapat dimanfaatkan menjadi alat bantu olahraga yang juga bisa dilakukan saat main bersama anak."


Mothercare Get Fit With Stroller
Adianti Reksoprodjo memberikan arahan untuk melakukan gerakan Get Fit With Stroller

Mothercare Get Fit With Stroller
Para millenials Mom mempraktekkan gerakan Get Fit With Stroller menggunakan stroller dari Mothercare


Dalam kampanye "Get Fit With Stroller" Mothercare mengajak para ibu untuk mencari alternatif bergerak setelah melahirkan dengan cara praktis dan sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Tentunya cara-cara tersebut harus aman dan mendapatkan ijin dari dokter yah, terutama bagai para Mom pasca c-section. Hal ini didukung oleh pernyataan salah seorang Psikolog, Liza M Dajprie yang menyatakan, "Perubahan fisik ini diikuti oleh perubahan pada psikologis ibu yang cenderung tidak percaya diri atau gusar dengan kondisi fisik yang mungkin tak kunjung beralih kepada saat sebelum hamil. Kegiatan olahraga sederhana seperti video tutorial "Get Fit With Stroller" tersebut dapat menjadi solusi bagi ibu di rumah dalam menjaga serta mengembalikan kestabilan psikologis ibu."

Video tutorial Get Fit With Stroller dipraktekkan langsung oleh instruktur profesional, Adianti Reksoprodjo selaku Prenatal and Post Natal Certified Trainer and Founder Fit Mum and Bub. Dalam video tersebut terdapat beberapa gerakan kardio berdurasi tiga puluh menit yang terdiri dari jogging serta latihan penguatan kaki dan tangan. Selain itu terdapat informasi dalam pemilihan stroller yang baik digunakan di dalam atau di luar ruangan dalam melakukan gerakan olahraga. Penasaran bagaimana caranya untuk melakukan olahraga sederhana bersama si kecil dan strollernya? Yuk simak video Get Fit With Stroller persembahan Mothercare berikut ini.



Bagaimana ibu-ibu apakah sudah terinspirasi untuk melakukan gerakan Get Fit With Stroller agar tetap sehat dan kembali langsing pasca melahirkan? Kabar gembira nih, bagi kalian yang melakukan gerakan Get Fit With Stroller dan mengupload videonya ke Instagram, berkesempatan mendapatkan 4 buah stroller dari Mothercare lho! Cucmey bangeeeet. Untuk informasi lengkap, segera kepoin akun Instagram Mothercare yaaa. Semoga beruntung!


Instagram: @mothercareindo








  • Share:

You Might Also Like

19 komentar

  1. Wah tips buat aku banget.. Semangat langsing

    BalasHapus
  2. Wih kreatif amat ya, bisa inget olahraga dengan stroller��

    BalasHapus
  3. huah aku banget mba abis s-cection lalu merasa nih body gelmabir sana sini huhuhu mau lah apalagi dpt sstroller yak cusss kepoin

    BalasHapus
  4. Kegiatan menyusui bisa menurunkan berat badan. Cara mudah tanpa obat diet

    BalasHapus
  5. Harusnya nyusuin bikin langsing, sayangnya saya nyusuin sambil ngemil cokelat hahaha.
    Emang butuh nih olahraga, asal gak olahraga sambil ngemil juga.
    Tapi bergerak sesuai get fit with stroller juga :D

    BalasHapus
  6. Emang ada loh ibu2 yg berat badannya otomatis kembali seperti semula sebelum melahirkan kalo uda setahun 2 tahun usai melahirkan. Tp ada jg yg berusaha balikin berat badan eh malah makin melar... Mungkin pengaruh bawaan jg kali ya?

    BalasHapus
  7. Aku justru ingin mempertahankan BBku seperti hamil trimester 2an dulu. Sekarang 5 tahun setelah melahirkan BBku udah kembali kaya jaman masih gadis, ahahah...

    BalasHapus
  8. Sama Mba Tian. Aku suka disangka anak kuliahan padahal udah ada buntutnya satu dan udah kepala 3 juga wkwkwkw. Gara-gara tubuhku mungil dan langsing. Aku pun menyusui Erysha sampe 2 tahun 2 bulan. Jadi tenanga dan lemaknya abis ama anak hahhaha. Tapi sekarang menyusuinya udah nggak, cuma naiknya sedikit hihihi. Allhamdulillah

    BalasHapus
  9. Gpp mbak tian jika dibilang langsing dan mungil, karena bikin awet muda loh yang terpenting selalu sehat. Hihihi

    BalasHapus
  10. Ya Allah aku pengen langsing lagiii masi ada PR 2 kilo lagiiii yg mesti dikejar. Makasi tipsnya mbakk

    BalasHapus
  11. wah, get fit with stroller?..ide keren nih..biar ibu-ibu yang habis lahiran bisa cepet balik berat badan.

    BalasHapus
  12. Stroller di rumah sering dipakai jalan-jalan keliling kompleks tapi sama bapaknya, bukan sama aku. Pantes gak bisa back in shape lagi, haha

    BalasHapus
  13. Pakai stroller ketika pergi aja sih, jarang dikeluarin kalo di rumah hihi. Pernah praktekin senamnya Adiati tapi gak tiap hari, pantes timbangan tetep aja , gak turun-turun hehe.

    BalasHapus
  14. Olah raga dinanapun dan pakai apapun bisa dilakukan y mba asal kitanya rajin dan mau gerak... boleh nih buat diksh tau sm adikky

    BalasHapus
  15. Setuju banget nih kalo emak-emak yang udah melahirkan harus jaga kesehatan dan berat badan. Btw, olahraga bersama anak ternyata asik juga ya.

    BalasHapus
  16. Emak2 abis pulih dari lahiran harus banyak jalan, bahkan jogging ya mbak, supaya lekas langsung,. Kalau pakai stroller bisa banget ngajak babynya :D

    BalasHapus
  17. Toss mba saya juga berarti masuk yang 25% hehe walau setiap hamil naik 19kg tapi udah lahir nenyusut lagi

    BalasHapus
  18. oalah jadi tips langsing ala kak tian pake stroller toh? hihihi pantesan mini gitu udah beranak satu pun.

    BalasHapus
  19. stroller selain memudahkan kita jalan2 sama anak, ternyata bisa bikin langsing juga toh.. wah aku mau coba praktekkin deh, biarpun skrg badanku udah kurus, tapi ini kan berguna buat kesehatan :)

    BalasHapus