csr

Tumbuh Bersama Koperasi Bunut Abadi

By TIANDARINIE - Oktober 30, 2018






 





Hai Moms!


Beberapa waktu lalu saya sempat sharing tentang suka duka menjadi mompreneur di linimasa Twitter. Salah satu kendalanya adalah ketika terbentur masalah modal untuk biaya produksi. Bisa dibilang, hal ini umum terjadi pada para pengusaha yang memang betul-betul memulai dari nol. Hal ini pula yang sempat dirasakan oleh para warga di Dusun Bunut, Desa Pinang Sebatang Barat, Kabupaten Siak, Riau. Kemudian munculah sebuah solusi yaitu Koperasi Bunut Abadi yang diinisiasi oleh PT. Arara Abadi di bawah naungan Sinar Mas Forestry (SMF). 



Perlahan namun pasti, koperasi mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas bibit yang dihasilkan. Bermula dengan anggota yang hanya 20 orang, bermodalkan pinjaman tanpa bunga sebesar 30 juta rupiah, kini Koperasi Bunut Abadi beranggotakan ratusan orang dengan nilai aset lebih dari 500 juta rupiah. Koperasi Bunut Abadi, tercatat berhasil meningkatkan pendapatan anggotanya hingga 33%-100%. Mereka yang sebelumnya peladang berpindah, kini memiliki penghasilan tetap melalui aktivitas yang lebih ramah lingkungan. Sungguh menginspirasi, ya?



Pencapaian ini membuat mereka pada tahun 2005 tampil sebagai Koperasi Berprestasi Harapan II se-Kabupaten Siak. Menyusul tahun berikutnya menjadi Koperasi Teladan Harapan I se-Kabupaten Siak. Puncaknya pada peringatan Hari Gerakan Koperasi Nasional tanggal 13 Juli 2009 di Samarinda, Kalimantan Timur, Koperasi Bunut Abadi menerima penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional.



Kisah Koperasi Bunut Abadi ini seolah menjadi cambuk bagi saya yang tengah menghadapi pasang surut di dunia usaha. Sungguh tidak ada yang mustahil selagi kita fokus berusaha apalagi untuk tujuan kebaikan.
 

Perempuan berdaya di Dusun Bunut, Desa Pinang Sebatang Barat, Kabupaten Siak, Riau


Cerita bermula di tahun 1993 ketika SMF selaku pemasok bahan baku eksklusif bagi Asia Pulp and Paper Sinar Mas (APP Sinar Mas) mulai melakukan pengembangan varietas unggulan. Banyak anggapan bahwa pembibitan tanaman seperti itu hanya dapat dilakukan pada fasilitas berteknologi tinggi, dengan biaya yang juga mahal. Faktanya, klon Acacia Crassicarpa dan Eucalyptus Pellita yang dikembangkan, tak hanya mampu tumbuh ekstra cepat, punya daya tahan istimewa terhadap hama, dan tumbuh dengan sifat-sifat kayu yang lebih baik, tapi juga mudah diperbanyak. Artinya, pembibitannya dapat dilakukan dengan melibatkan potensi masyarakat sekitar, yaitu Dusun Bunut.


Pada tahun 2002, minat warga Dusun Bunut terhadap hutan tanaman pun semakin meningkat. Sehingga perusahaan terdorong memberikan pendampingan kepada mereka. Seiring berjalannya waktu, muncul potensi lain yang menarik, yakni potensi masyarakat dalam usaha pembibitan. Tapi tentu saja aktivitas penanaman membutuhkan pasokan bibit berkualitas secara berkesinambungan. Bagaimana masyarakat mampu memenuhi kebutuhan perusahaan menjadi tema sentral kala itu. Maka muncullah Koperasi Bunut Abadi. Pembentukan koperasi tersebut melalui pendampingan, pelatihan bisnis serta pinjaman modal sehingga warga dapat dilibatkan melakukan pembibitan, kemudian memasoknya kepada perusahaan.






Oh iya, ada satu lagi wujud nyata Sinar Mas dalam membantu pergerakan roda ekonomi masyarakat Indonesia yaitu Pasar Modern BSD City. Lokasinya tak jauh dari rumah. Pasar ini terkenal bersih, tertata, dan memberikan kenyamanan bagi pembeli maupun penjual. Plusnya lagi, para penjual di Pasar Modern BSD City mendapatkan pelatihan rutin yang dinamakan Pasar Rakyat School lho. Pelatihan tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas para pedagang selaku pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam pelatihan melalui Pasar Rakyat School ini, para pedagang mendapatkan banyak ilmu, salah satunya mengelola keuangan.


Gerbang masuk Pasar Modern BSD City

Suasana Pasar Modern BSD City


Bayangkan berapa banyak roda perekonomian yang bergerak semakin kencang karena hadirnya Pasar Modern BSD City ini. Sungguh sebuah implementasi positif yang bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat. Akhir kata, semoga Sinar Mas semakin bersinar sehingga bisa terus memberikan dukungan dan menebarkan kebaikan. Oh iya, teman-teman bisa mengunjungi bit.ly/TumbuhBersama atau www.sinarmas.com untuk melihat program sosial lainnya. Semoga juga saya, kamu dan semua bisa #TumbuhBersama menjadi lebih baik dari hari kemarin.




Tumbuh Bersama Sinar Mas









  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Pasar modern saya suka, jadi bisa belanya sayur mayur dan kebutuhan pokok dengan harga murah. Mantab dukungan Sinar Mas sangat bermanfaat untuk semua.

    BalasHapus
  2. Kemajuan dan perubahan nasib menjadi keinginan yang kuat akan perubahan.

    Koperasi bunut abadi yang akan membangun dan mencotoh warga sekitar

    BalasHapus