Belanja Bulanan Bahagia? Simak Tips #IbuHematBeb

By TIANDARINIE - Juli 30, 2019

Courtesy: Freepik.com

Menjadi ibu rumah tangga itu gampang-gampang susah. Gampang karena pada dasarnya perempuan sudah diciptakan dengan naluri keibuan, tapi susah ketika mulai dijalani karena engga pernah ada sekolahnya. Mulai dari mengurus rumah, mengandung, melahirkan, mengasuh anak, berdaptasi dengan lingkungan baru semuanya dipelajari secara bersamaan. Apalagi untuk hal mengatur keuangan, rasanya berapapun penghasilan, tiap bulan ada saja moment dimana aku stuck kebingungan: uangnya habis untuk apa yah?

Tapi karena jaminannya surga, aku sebagai perempuan merasa beruntung dan ingin berusaha menjadi ibu yang bahagia apapun kondisinya. Aku engga bilang kita harus jadi ibu ideal karena standarisasi ideal itu relatif, disesuaikan dengan persepsi masing-masing. Tapi penting untuk berbahagia karena kalo kitanya uring-uringan, seisi rumah pun akan ikut kacau. Pekerjaan domestik terbengkalai, anak ikut kena imbasnya. 

Lantas bahagianya ibu-ibu tuh kayak gimana sih? Sederhana bebbbb... Lihat diskonan  sabun cuci atau popok juga udah happy. Langsung terbayang sisa budget belanja yang bisa dialihkan untuk kebutuhan lain seperti leisure atau icip-icip skincare terbaru itu tuh. Nah karena beberapa bulan kemarin alhamdulillah pengeluaranku cukup terkontrol, aku mau share beberapa tips Belanja Bulanan Bahagia ala #IbuHematBeb  yuk disimak 



Pisahkan  Masing-Masing Pengeluaran
Begitu gajian tiba, aku berusaha kalem dan engga euforia. Hal pertama yang aku lakukan adalah memasukkan gaji ke dalam amplop terpisah sesuai dengan kebutuhan. Misal untuk beli gas dan air galon, aku sudah sisihkan 200 ribu. Lalu untuk beli pulsa dan token listrik aku selipkan lagi di amplop lain. Sementara untuk kebutuhan rutin seperti sabun cuci, odol, popok, hingga susu anak amplopnya aku jadikan satu. Kenapa? Karena aku belanjanya sekaligus di tempat yang sama. 

Pegang Uang Tunai, Jangan Simpan di ATM
Lebih baik kita memegang uang bulanan dalam bentuk cash agar bisa dimonitor langsung aliran dananya kemana aja. Karena sepengalamanku pribadi nih mom, kalo uang disimpan di ATM jadinya lupa udah kepake berapa, sisanya berapa. Seringnya juga aku tergoda untuk gesek sana-sini karena merasa saldo di ATM masih banyak. Pertengahan bulan baru deh engap-engap.

Belanja Sesuai Daftar Kebutuhan
Karena aku tipikal pelupa dan ceroboh, jadi aku mulai mencatat barang apa yang harus aku beli. Kalo engga gitu, biasanya aku akan silau dengan kilau papan diskon HAHAH. Ngeborong membabi buta trus jadinya kebutuhan yang utama malah engga kebeli. Maka aku lagi membiasakan nulis daftar belanja meski tulisanku kayak cakar ayam dan cuma aku dan Allah yang bisa baca muehehe.

Manfaatkan Harga Teman
Cliche sih, but it's work loh buuu. Teman itu memang paling bisa bikin kita bahagia karena selalu tahu apa yang kita mau. Siapa sih yang engga senang punya teman banyak? Apalagi kalo temannya tipikal yang suka ngasih harga spesial, pasti makin nempel dong. Memangnya belanja di mana sih biar bisa dapat harga teman? Cekidot...




HARGA TEMAN GIANT

Kenalin nih Giant Indonesia adalah satu-satunya teman yang setiap hari ngasih harga murah untuk semua pengunjungnya. Engga nanggung-nanggung lho karena ada total 800 produk favorit yang dibanderol lebih murah. Program Harga Teman ini sudah dimulai sejak tahun lalu, engga heran kalo aku makin klop sama Giant ini. 



Produknya yang termasuk dalam program Harga Teman Giant bermacam-macam dan sesuai dengan kebutuhan ibu-ibu seperti sabun cuci, odol, popok, minyak goreng dan masih banyak lagi. Selain harga murah, ada juga promosi menggiurkan lainnya yaitu:
  • 'Fresh Iconic', dimana produk favorit masyarakat Indonesia dijual dengan harga sangat murah, seperti Udang Vanamae.
  • Promosi '5 SIP', yakni setiap minggu, 5 produk buah dan sayuran terpilih dan segar dipromosikan dengan harga murah dan berkualitas seperti anggur Red Globe Cina, jeruk Mini Afourer, mangga harum manis, brokoli, dan jagung manis kupas.
  • Promosi 'Beli produk gratis produk' kesukaan buibu niih. Apalagi produknya memang camilan favorit anak-anak. Lumayan untuk stok beberapa minggu. Setiap pembelian 2 atau 3 produk favorit akan mendapat gratis 1 produk.

Kenapa sih Giant ngasih Harga Teman? 

Biasanya sebuah produk dijual murah mendekati masa kadaluarsa. Tapi jangan sedih yaa buibu, produk di Giant terjamin kualitasnya. Hal ini sejalan dengan penyampaian Irene Putri Sitanggang selaku Management Representative Giant saat launching Harga Teman Periode Empat di Giant Ekstra CBD, 24 Juli lalu. Kebetulan aku pun ikut hadir bersama blogger The Urban Mama lainnya. 


"Ini bentuk terimakasih Giant kepada masyarakat Indonesia. Sebagai ritel yang dekat dengan hati para ibu, Giant mengerti kebutuhan rumah tangga untuk mendapatkan produk favorit dengan harga murah namun kualitas terbaik. Itulah mengapa kami luncurkan berbagai promosi pada program Harga Teman ini. Sehingga sebut saja para ibu, atau pihak yang bertanggung jawab mengelola keuangan rumah tangga dapat menyimpan yang lebihnya untuk keperluan lain"


Tuh baik banget kan, Giant? So buibu mumpung masih tanggal muda nih cuss cek-cek katalog harganya di www.giant.co.id dan langsung gandeng suami ke Giant terdekat biar ada yang bantuin angkat barang belanjaan HAHAHA.


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar