Solusi Pacifier (Empeng) Untuk Anak

By TIANDARINIE - Desember 27, 2019



;
Ilustrasi bayi tertidur. (Courtesy: Pexels)

Bayi di belahan dunia manapun, memiliki keinginan alami untuk mengisap. ASI atau pun susu di dalam botol dapat memenuhi kebutuhan bayi, tapi keinginan untuk ‘ngenyot’ tetap ada walau bayi sudah merasa kenyang. Apalagi di fase-fase growth sprut ketika bayi ingin nemplok nenen terus tapi kekenyangan sampai gumoh, maka penggunaan empeng atau pacifier adalah salah satu solusinya. Bayi bisa tetap mengisap tapi tidak kekenyangan, ibu pun bisa melakukan aktivitas lain seperti mandi dengan khidmat barang sebentar.

Tapi yang menjadi kekawatiran adalah: adakah dampak penggunaan pacifier? Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati, dalam hal apapun. Khususnya terkait kesehatan yang berdampak jangka panjang. Salah satu dampak penggunaan pacifier adalah anterior open bite, yaitu kondisi dimana gigi atas dan bawah tidak dapat bertemu dengan rapat karena ada rongga. Dalam sebuah artikel di Ikatan Dokter Anak Indonesia juga menyebutkan bahwa dot membuat gigi-geligi anak tumbuh tidak sebagaimana mestinya, meskipun itu masih gigi susu, tetapi perkembangannya akan menentukan pertumbuhan dan letak susunan gigi permanen di kemudian hari. Makin lama penggunaan dot, akan makin tinggi risiko kerusakan gigi .




Sebuah Artikel Ilmiah terbitan Pediatr Dent 2011 (33: 52-5) yang berjudul “Efficacy of a Novel Pacifier in the Prevention of Anterior Open Bite” (Khasiat dari dot baru dalam pencegahan anterior open bite) memaparkan sebuah hasil pengujian terkait masalah Anterior open bite. Pengujian dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Witten/Herdecke University (Witten, Jerman) yang dipimpin oleh Dr. Stefan Zimmer. Selama 27 bulan Dr. Zimmer dan Timnya melakukan penelitian dan pengujian dot serta kaitannya dengan pertumbuhan gigi bayi, dari sejak lahir hingga usia mereka mencapai 26 bulan.

Metode penelitian dilakukan dengan mengelompokkan 129 bayi (secara acak) dalam 3 grup. Grup Pertama adalah bayi yang menggunakan dot/empeng biasa. Grup Kedua: bayi diberi dot DENTISTAR. Grup Ketiga: kelompok bayi yang tidak menggunakan dot. Dari pengujian tersebut, didapat hasilnya bahwa pada Grup Ketiga tidak ada bayi yang terdampak Anterior open bite. Hampir mendekati grup ketiga, hasil dari Grup Kedua hanya 5% bayi yang mengalami ‘gigitan depan berongga’. Sedangkan pada Grup Pertama sebesar 38% (16 dari 42 bayi) terdampak.

Klaim dari Dentistar yang sudah teruji ilmiah 


Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil pengujian antara bayi yang tidak ‘ngempeng’ dengan yang menggunakan dot DENTISTAR. Terbukti bahwa bayi yang menggunakan dot DENTISTAR hampir tidak mengalami Anterior open bite, sehingga dapat direkomendasikan untuk bayi dibawah 16 bulan.



TENTANG DENTAL – STEP DARI DENTISTAR
Dalam paragraf sebelumnya disebutkan dot DENTISTAR yang terbukti mampu mengurangi resiko anterior open bite. Memangnya apa sih DENTISTAR itu? Dentistar adalah sebuah brand perawatan gigi dan mulut anak, yang pertama berhasil meraih predikat Dot dengan mutu #toothfriendly dari Asosiasi Toothfriendly dunia. Sementara itu, Dentalstep adalah formula pacifier yang didesain khusus sesuai dengan fase pertumbuhan gigi anak. Adalah Prof. Hinz, seorang ortodontis terkenal yang telah menghadirkan solusi “Dentalstep” pada setiap dot DENTISTAR. 

Dentalstep dari Dentistar yang didesain berbeda dengan pacifier pada umumnya


Saat bayi menggunakannya, Dental-step mampu mengurangitekanan pada rahang dan gigi bayi yang baru tumbuh, sehingga rahang berkembang dengan sehat. Desain dot DENTISTAR disesuaikan secara optimal terhadap bentuk rongga mulut bayi. Dental-step yang telah dipatenkan oleh DENTISTAR ini menjadi solusi tepat bagi orangtua yang ingin memberikan dot kepada bayinya, tanpa rasa was-was bayinya mengalami anterioropen bite. 

Informasi ini tidak sekedar hasil googling atau hoax semata ya Moms karena beberapa pekan lalu saya bertemu langsung dengan Alexander Struckmeier yang merupakan anak dari Armin Struckmeier (CEO Novatex, sekaligus founder Dentistar). Alexander berkata: “Ayah saya, Mr. Armin Struckmeier pernah bertemu dengan Yang Terhormat Ibu Angela Merkel di sebuah kesempatan. Beliau (Ibu Angela, Kanselir Jerman) merekomendasikan empeng Dentistar untuk mencegah gigi tumbuh tidak rata pada bayi.

 Armin Struckmeier dan Kanselir German

Berkesempatan ngobrol langsung dengan Alexander Struckmeier, anak dari Armin Struckmeier


PRODUK DENTISTAR

DENTISTAR menghadirkan 4 Ukuran dot sesuai usia bayi:

Dot ukuran 0: untuk Bayi umur 0-2 bulan.
Untuk bulan-bulan pertama. Pelindung mulutnya lebih kecil, dirancang sesuai bentuk wajah bayi yang baru lahir.

Dot ukuran 1: untuk Bayi umur 0-6 bulan.
Mulai dari lahir hingga tumbuh gigi seri pertama. Pada Dental-step ukuran 1 ini bagian yang menonjol lebih sedikit.

Dot ukuran 2: untuk Bayi umur 6-14 bulan.
Setelah muncul gigi seri pertama. Di ukuran 2 Dental-step lebih menonjol, guna mendukung secara optimal perkembangan alami gigi susu yang mulai tumbuh.

Dot ukuran 3: untuk Bayi umur 14 bulan ke atas.
Setelah gigi geraham pertama muncul. Tekanan pada rahang dan gigi dapat berkurang secara signifikan (hingga 90%) berkat Dental-step. Pelindung mulutnya sedikit lebih besar.



Selain itu, DENTISTAR juga memiliki produk unggulan yaitu Oral Cleaning Finger yang terbuat dari bahan anti bakterial. Keunggulannya adalah, produk ini bisa dicuci sehingga dapat digunakan kembali untuk jangka waktu yang cukup lama. '

Oral cleaning finger untuk membersihkan mulut bayi



Produk Unggulan Lainnya dari DENTISTAR

1. Night Pacifier size 1, 2 and 3 with cap
2. Pacifier size 1 with cap, Flat Shield Version
3. Glow in the Dark Teether
4. Cooling Teether Star
5. Oral Cleaning Finger
6. Oral Care Set
7. Stoppi Weaning Soother
8. Comfort Nasal Aspirator
9. Pacifier- and Disinfection Box
10. Tooth Care Set
11. Heat Sensitive Spoons
12. Drinking Cups
13. Food Feeder


DIMANA PRODUK DENTISTAR DAPAT DIBELI?

Dulu, produk asal German ini hanya tersedia di beberapa negara besar saja. Sehingga harus menggunakan jasa titip beli luar negri ataupun e-commerce luar negri jika ingin membelinya. Tapi di tahun ini DENTISTAR resmi hadir di Indonesia dan bisa dibeli di official store BliBli.com atau cek di official akun instagramnya @dentistar_id

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya Bun sudah berbagi tips:)

    BalasHapus
  2. Tips-nya recommended banget buat anakku, makasih banget ya kak!

    BalasHapus