Bisa Tonji Makassar #BN2012

By TIANDARINIE - November 12, 2012

credit to Freepik
credit to Freepik

Menjejakkan kaki di kota daeng ini, paru-paru saya mendadak sesak oleh melankoli. Ada banyak sekali cuplikan masa-masa silam bersama orang-orang tersayang di kota berpanorama sunset indah ini. Namun kepulangan saya kali ini bukan untuk memungut kembali serpihan masa-masa kecil, melainkan ikut hadir di salah satu event Kopdar Blog Nusantara 2012 (BN2012). Event temu akbar para penggiat dunia maya senusantara lintas pulau ini berlangsung pada tanggal 10-11 November 2012 berpusat di Gedung LAN Baruga, Antang.


Berangkat dari kota Malang pukul 02.30 WIB demi mengejar pesawat pukul 06.00 WIB seharusnya saya tiba di kota ini pukul 08.20 WITA tapi disebabkan oleh delay tak berkesudahan maka pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 610 baru menyentuh landasan pada pukul 10.00 WITA. Keluarga sudah menanti di terminal kedatangan, lantas bergegaslah saya menuju lokasi Kopdar BN2012. Sambil terus memantau aktivitas melalui hestek #BN2012 saya berdoa semoga suguhan acara tidak terlewatkan terlalu banyak. Jarak antara airport menuju Gedung LAN sebenarnya tidak begitu jauh, tetapi sesaknya arus lalu lintas di sepanjang Jl. Perintis Kemerdekaan dan semrawutnya pengguna jalan raya menyebabkan durasi perjalanan molor sekian puluh menit.

Setelah bertanya pada satpam kemudian berlari sambil menenteng tas ransel berbobot tidak ringan, sampailah saya di lantai empat Gedung LAN. Panitia di meja registrasi sudah menanti rupanya, saya otomatis senyam-senyum maksimal dan minta maaf atas keterlambatan. Suasana sudah ramai dan riuh, saya sendiri ibarat anak ayam kehilangan induk. Kompilasi rasa letih, ngos-ngosan dan antusias berlebih melebur menjadi satu. Saya menyandarkan punggung sejenak di kursi empuk sambil mengumpulkan energi. Sementara di depan sana sudah ada suguhan atraksi Tari Pa'Raga. Meskipun darah Bugis-Makassar mengalir deras di tubuh saya, namun pengetahuan saya akan budaya sendiri sedangkal-dangkalnya genangan air. Maka rasa letih pun berganti penasaran, saya segera maju ke deret terdepan dan menyaksikan tarian ini secara lebih jelas.


Divisualisasikan oleh enam daeng muda berpakaian adat Makassar, tarian ini didominasi oleh atraksi bermain bola. Saya tau nama bolanya adalah takraw yang terbuat dari jalinan kayu rotan dengan diameter lebih kecil dari bola bowling. Waktu kecil dulu saya pernah melihat beberapa teman memainkan bola ini, bahkan kepala saya pernah menjadi sasaran akibat melencengnya arah tendangan. Itu rasanya sakit, sungguh. Namun rekaman tidak menyenangkan dalam ingatan saya itu, terdekonstruksi setelah melihat tarian ini. Sejak awal tarian hingga usai, para penari secara kontinyu saling mengoper bola dan tak sedikitpun bola menyentuh lantai. Padahal atraksi yang mereka lakukan sangat beragam. Mulai dari menendang bola melewati sarung hingga bermain dalam formasi bersusun ke atas seperti piramida dalam cheerleaders. Maka tak heran bila tepuk tangan riuh menutup aksi tari ini. Bagus tawwa!

Acara berlanjut menuju sesi pertama, yaitu talkshow 'Blogpreneur' oleh Asri Tadda, CEO Asta Media Group. Tips-tips tentang blogging berikut step by step how to be an entrepreneur blogger dipaparkan secara jelas di sesi ini.  Ternyata ngeblog tidak serumit kelihatannya, bahkan bisa menjadi satu aktivitas candu yang berbuah madu.
Just find your passion, write about and for it, get and build loyal readers and then earn revenue.
Sesi selanjutnya, para peserta #BN2012 berkromosom XY diijinkan cuci mata sejenak, sebab di atas panggung sudah ada seorang perempuan cantik bersemangat besar yang mendedikasikan hidupnya untuk berbagai gerakan sosial, salah satunya proyek Blood For Life. Social movement yang bergerak di bidang pendonorah darah ini diprakarasi oleh Valencia M. R atau yang lebih dikenal lewat akun twitter @justsilly. Melalui satu geliat kecil di mailing list, kini proyek Blood For Life mampu berkontribusi besar menyelamatkan jiwa manusia. Dalam sesi ini, melalui preview video produksi Google Chrome tentang Blood For Life, setiap peserta #BN2012 diajak merefleksi diri masing-masing tentang apa yang sudah kita dedikasikan terhadap orang lain.
The beauty of life doesn’t depend on how happy we are…
but on how happy others can be, because of us...
Acara selanjutnya adalah santap siang dan break ibadah. Dengan menukarkan kupon lunch, masing-masing peserta mendapatkan sekotak makan siang. Usai bersantap siang, saya berkeliling venue #BN2012 dan mengunjungi booth- booth komunitas lokal yang ada di Makasar seperti Makassar Berkebun, Android Makassar, Komunitas Pecinta Anak Jalanan Makassar, Kaskuser Makassar,  Jalan-Jalan Seru Makassar. Ada beberapa booth komunitas yang menarik perhatian saya hari ini, yaitu Makassar Berkebun yang membawa serta bibit-bibit tanaman yang dibagikan gratis kepada peserta. Selanjutnya perhatian saya tersedot pada booth Jalan-Jalan Seru Makassar yang lengkap dengan tendanya. Seketika hasrat membolang saya naik sekian derajat, kali lain ke kota Makassar nanti, saya harus meluangkan waktu untuk ikut jalan-jalan seru bersama komunitas narsis ini. Booth selanjutnya yang sempat saya kunjungi adalah Komunitas Pecinta Anak Jalanan yang concern terhadap hidup teman-teman yang kurang beruntung di luar sana. Secara rutin diadakan kelas mengaji dan menari serta sekolah ahad di danau Universitas Hasanuddin Makassar.

Usai berkeliling, saya pun duduk manis sambil menikmati tembang syahdu nan apik dari Sese Lawing. Satu lagu berformat akustik yang menyerobot masuk ke gendang telinga saya kemudian menstimulus reaksi hangat di sekitar perut berjudul 'Erokka Rikau' yang berarti 'Aku Suka Padamu'. Ingin sekali ikut sing along seperti para peserta lain, namun apalah daya kosakata bahasa Makassar saya sangat irit sekali. Menyesal rasanya dulu malas-malasan mengikuti kelas Bahasa Daerah di bangku SD.

Sesi selanjutnya adalah talkshow oleh Budi Putra selaku director dari video streaming site http://viki.comyang dilanjutkan oleh pengantar tentang ID Blog Network yang mengungkap fakta-fakta tentang pengguna internet. Jujur saja, saya agak mengantuk di sesi ini. Mungkin karena rasa letih dan hasrat beristirahat yang belum terpuaskan, saya pun lantas minim atensi. Sepertinya tidak hanya saya yang mulai bosan, maka aneka games pun mulai digelar demi membangkitkan kembali minat para peserta #BN2012. Disusul oleh sesi coffee break yang menyajikan menu jajanan lezat beserta teh dan kopi yang sukses melenyapkan rasa kantuk hebat ini.

Oh iya sepanjang acara tadi, Daeng Ipul selaku ketua panitia #BN2012 merangkap most wanted person hari ini, berkostum baju adat Makassar dan diadakan kontes foto bersama sang ketua panitia. Acara ditutup oleh pembagian goodie bag yang berisi t-shirt official #BN2012, sertifikat, gelang dari Mozilla, stiker dan pin. Dilanjutkan foto berjamaah yang jangan sampai terlewatkan. Kapan lagi bertemu sapa dengan teman-teman cyberworld di dunia nyata? Sungguh ini kesempatan langka yang saya harap bisa terselenggarakan lagi di tahun depan. Tapi tunggu dulu, cerita tentang #BN2012 belum usai sampai di sini :)








...to be continued : #BN2012 day two

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar