Cegah Ruam Popok dengan Bambo Nature Popok Eco Friendly

By TIANDARINIE - Oktober 28, 2018


Hai Moms!


Beberapa kali di WhatsApp grup parenting yang saya ikuti, muncul pembahasan tentang ruam popok atau nappy rash. Kondisi tersebut, memang sering umum dialami oleh para bayi. Tapi tidak boleh dianggap sepele dan harus ditangani dengan serius agar tidak menimbulkan problem kulit yang berkepanjangan. Saya pun pernah mengalaminya di bulan-bulan pertama menjadi Ibu dan membuat tidur Kabay jadi gelisah. Kulit di sekitar area popoknya menjadi kemerahan dan berbintik. Sebenarnya, apa sih ruam popok itu?



Apa Penyebab Ruam Popok?

Penyebab utama ruam popok adalah kondisi lembab pada kulit bayi ketika menggunakan popok sekali pakai. Umumnya terjadi pada bayi yang menggunakan popok basah terlalu lama. Namun pada kondisi kulit bayi sensitif, popok kering pun ternyata bisa lho menyebabkan ruam. Sementara itu, faktor lain penyebab ruam adalah:
  • Diare
Kabay sempat mengalami diare yang menyebabkan ruam popok. Itu karena zat-zat dalam fesesnya (enzim) yang menimbulkan iritasi. Ditambah lagi kondisi feses yang cair sebagai pemicu lembab pada kulit area popok.
  • Sariawan
Dalam beberapa kasus, bayi yang sariawan juga beresiko ruam popok. Hal ini disebabkan karena jamur melalui sistem pencernaan mereka dan masuk ke dalam kotoran lalu menginfeksi area popok.
  • Alergi
Ruam popok bisa juga disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk yang telah menyentuh kulit area bawah. Misalnya: popok merk tertentu, tisu basah atau deterjen yang digunakan untuk mencuci popok kain. Kadang-kadang, ruam popok juga bisa disebabkan oleh intoleransi laktosa atau alergi makanan. 




Bagaimana Mengobati Ruam Popok?

Jika ruam popok yang terjadi pada bayi masih termasuk kategori ringan, dan ia tampaknya tidak tertekan, boleh saja mengobatinya sendiri. Begini caranya:
  • Ganti popok bayi sesering mungkin dan sesegera mungkin setelah ia selesai BAB
  • Pilih popok penyerap super untuk mengurangi jumlah kelembaban di kulit bayi. 
  • Saat mengganti popok, bersihkan alat kelamin dan pantatnya dari depan ke belakang menggunakan air dan kapas. Atau bisa juga memakai tisu bayi bebas alkohol yang tidak beraroma. Kemudian tepuk pelan dengan handuk sampai benar-benar kering
  • Oleskan krim atau lotion khusus untuk ruam popok. Pakai tipis-tipis saja, jangan terlalu banyak.
  • Sesekali lepaskan popok dan biarkan kulit bayi kita bernafas. Rebahkan di atas handuk di ruangan yang hangat. Atau letakkan bayi di lantai yang mudah dibersihkan.
  • Ketika mandi, jangan gunakan sabun atau bedak yang mengandung pafum karena ini dapat semakin mengiritasi kulit halus pada bayi


Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati kan Moms. Nah, salah satu tips untuk mencegah ruam popok adalah memilih popok dengan daya serap tinggi. Tapi jangan sampai hanya teriming-iming janji manis daya serap tinggi ya Moms. Pastikan juga bahwa popok yang dipakai bayi kita, terbuat dari bahan-bahan yang aman. Lalu, popok seperti apa yang aman untuk bayi?


Kriteria Popok Yang Baik Untuk Mencegah Ruam

Banyak sekali merk popok yang beredar dengan iming-iming anti bocor dan cepat menyerap. Namun saya belum pernah menemukan ada popok yang menjamin bayi kita terbebas dari ruam. Saya pribadi dalam memilih popok selalu mempertimbangkan 3 hal utama yaitu super kering, elastis sehingga nyaman dipakai, serta lembut agar tidak membuat iritasi pada kulit bayi.


Kiteria popok untuk mencegah ruam
Kriteria popok yang baik untuk bayi 

Tapi, apakah popok dengan kriteria tersebut di atas sudah cukup ampuh untuk mengatasi ruam pada bayi? Ternyata tidak, Moms. Masih ada hal-hal lain yang harus kita perhatikan salah satunya adalah bahan pembuat popok. Apakah mengandung pemutih dan pengharum yang memicu alergi pada kulit? Jika iya, saatnya kita mulai memikirkan opsi popok yang bebas dari kandungan tersebut Moms.


BAMBO Nature  Eco Friendly Disposable Baby Diaper

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mencoba produk dari BAMBO Nature. Popok sekali pakai ini diklaim ramah lingkungan dan juga aman untuk kulit bayi kita. Komposisinya terbebas dari bahan kimia berbahaya (parfum, pemutih, pewarna) sehingga meminimalisir pemicu alergi pada kulit.

Kemasan Bambo Nature
Kemasan BAMBO Nature


BAMBO Nature  memiliki desain tiga lapisan yang unik dan inti penyerap super yang dapat bertahan hingga beberapa kali lipat bahkan semalaman. Dikombinasikan dengan bahan breathable, cocok untuk kulit bayi yang sensitif dan mebuatnya tetap kering dan nyaman. Dilengkapi indikator yang bisa berubah warna untuk menunjukkan kapan harus mengganti popok. 


Kelebihan BAMBO Nature Eco Friendly Diaper
Kelebihan BAMBO Nature Eco Friendly Diaper


BAMBO Nature  juga dilengkapi oleh sertifikasi Nordic Swan Ecolabel berstandar internasional. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa klaim mereka sebagai popok eco-friendly tidak hanya sekedar janji manis semata. FYI, 75% komposisi BAMBO Nature mengandung zat yang mudah terurai dengan sendirinya (biogradable) dan 99% compostable yang artinya bisa diolah menjadi pupuk kompos. 


Sertifikasi BAMBO Nature
Sertifikasi BAMBO Nature

Saat ini produk Bambo Nature hanya tersedia di kota Jakarta, Bali, Bandung, Riau dan Surabaya namun tidak perlu khawatir karena produk ini bisa dipesan online melalui e-commerce. Khusus Jakarta, bisa didapatkan di Ranch market, Farmers market, Kemchiks Pacific Place, Grand lucky dan beberapa supermarket lainnya. Informasi lebih lengkap bisa langsung cek ke website resmi Bambo Nature. Let's be a smart mom and choose the best product for our lovely children!






  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Baru ada di beberapa toko saja ya, belum merata distribusinya. Baru kali ini aku tahu ada popok bersertifikasi.

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tau lho kalo sariawan salah satu penyebab ruam popok. Trims infonya mom sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Aku masih suka salah nih kalo Habiba lagi ruam popok . Jadi tau deh cara yg bener gimana . Makasih yaa

    BalasHapus