Domus, Rumah Siap Huni Dalam 5 Hari

By TIANDARINIE - November 07, 2018



Courtesy - Freepik




Hai Moms!

Memiliki rumah pribadi tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi bagi yang sudah menikah dan berkeluarga seperti kita-kita ini. Meskipun kecil, asal milik sendiri rasanya akan lebih nyaman dibanding menumpang orang tua ataupun kontrak. Walaupun banyak juga sih orang tua yang meminta anaknya tinggal bersama mereka tapi tetap saja keinginan untuk memiliki rumah hak milik pribadi tentulah masih menggelora.

Namun saat ini memilik hunian yang nyaman dan aman tidaklah semudah dulu. Beli rumah yang langsung jadi, harganya meroket. Kudu kerja keras bagai kuda dulu baru bisa terbeli. Ingin bangun rumah sendiri, prosesnya lama dan harus konsultasi dengan tenaga ahli agar perhitungan budgetnya tidak membengkak. Untuk berkonsultasi pun butuh biaya yang lumayan. Sebagai gambaran untuk membangun rumah berikut coba saya buat perhitungannya: 



Gambaran biaya membangun rumah sederhana
Gambaran biaya membangun rumah sederhana (Courtesy: Freepik)

Itu baru harga tanah dan bangunan lalu bagaimana harga bahan-bahan dan biaya sewa tukang? Sebentar, rasanya kepala pusing sebelah nih saking banyaknya melihat angka yang terakumulasi. Jika dihitung kasar, untuk membangun sebuah rumah type 36 bisa mencapai angka 300 hingga 400 juta. IYA ITU DUIT SEMUA, BUKAN MAINAN MONOPOLI LHO BUIBU. Kira-kira kapan bisa tercapainya jika setiap bulan hanya bisa menyisihkan sekitar 2-3 juta? Puluhan tahun. Yah, butuh puluhan tahun baru bisa memiliki rumah type 36 itupun jika harganya tetap stabil (ngimpi). 


Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh mamak irit tapi banyak mau macam saya begini adalah: rajin-rajin mencari info harga rumah yang pas di kantong, serta putar otak bagaimana caranya agar bisa menyisihkan uang bulanan lebih banyak lagi. So, kali ini saya akan sharing salah satu solusi untuk kita keluarga baru yang ingin memiliki rumah dengan budget dan waktu terbatas. Percaya tidak, hanya dalam hitungan hari kita bisa memiliki rumah lho! Penasaran? Lanjut baca yaa.





DOMUS, RUMAH INSTAN 5 HARI

DOMUS dalam bahasa latin berarti rumah, yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Dalam mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah Indonesia. PT. Tatalogam Lestari meluncurkan Domus yang merupakan solusi untuk kebutuhan rumah permanen yang dibangun dalam waktu 5 hari. DOMUS dibangun dengan sistem yang dikembangkan oleh PT. Tatalogam Lestari yang memungkinkan kita untuk membangun rumah dengan CEPAT. So, ga ada deh tuh yang namanya penantian panjang untuk menempati rumah yang kita idam-idamkan sejak dulu.

Kunci rumah instan terletak pada PERENCANAAN yang matang, MATERIAL yang tepat serta TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif dan efisien. Keunggulannya seperti : Kuat, Cepat, Hemat dan Indah membuat DOMUS layak menjadi pilihan bagi kita yang memerlukan rumah baik diperkotaan, didaerah urban, perkebunan, pertambangan maupun daerah bencana. DOMUS tersedia dalam 3 tipe standar : Tipe 21, Tipe 30, Tipe 36 dan Tipe 45.





PILIHAN PAKET DOMUS


DOMUS memiliki 3 Pilihan Paket yang sesuai dengan kebutuhan kita, yaitu   


Paket Rangka 



  • Rangka PRAKTIS
  • Rangka  kuda-kuda TASO
  • Rangka plafon
  • Genteng metal Sakura MX


Paket Putih

Paket Rangka ditambah : 


  • Bata Ringan  
  • Roster Keramik
  • Kloset + kran 
  • Jendela, pintu dan Penutup Plafon
  • Instalasi listrik dan air


Paket Komplit 

Paket Putih ditambah :


  • Plesteran + aci ( bagian luar)
  • Aci ( bagian dalam)
  • Pengecatan 




PROSES PENGERJAAN DOMUS

Memangnya bisa membuat rumah dalam 5 hari? Berikut adalah rincian proses pengerjaan DOMUS yang sudah diatur sedemikian rupa agar bisa selesai tepat dalam waktu 5 hari moms:

Hari 1



  • Perakitan Rangka
  • Pemasangan Rangka Dinding
  • Pemasangan Rangka Atap


Hari 2



  • Pemasangan Atap Metal
  • Pemasangan Bata Ringan
  • Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela


Hari 3



  • Kerja Plester dan Acian
  • Pemasangan Plafon
  • Pemasangan Kermik Kamar Mandi


Hari 4



  • Pengecetan Dasar
  • Pemasangan Keramik Lantai


Hari 5



  • Pengecetan Dinding
  • Pemasangan Pintu
  • Pemasangan Instalasi Listrik
  • Penyempurnaan





DOMUS untuk Hunian Sementara (HUNTARA)

Salah satu inovasi terbaru dari PT Tatalogam Lestari adalah teknologi/sistem pembangunan rumah yang cepat, kuat, indah dan tahan gempa yang dinamakan DOMUS, DOMUS : Membangun Rumah Hanya 5 Hari. 


Teknologi Domus bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik dan gudang dll. Dengan komponen struktur dinding memakai kanal U dan rangka atap baja ringan, menjadikan DOMUS sebagai bangunan permanen yang kuat, indah, dan tahan gempa. Teknologi DOMUS bukan hanya bisa diaplikasikan untuk bangunan permanen, teknologi ini ternyata sangat tepat diterapkan bagi hunian sementara (Huntara) bagi korban bencana alam.


Huntara, solusi hunian sementara tahan gempa
Huntara, solusi hunian tahan gempa yang bisa dilipat dan dipakai kembali



Ide ini bermula dari Bapak Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR, yang disampaikan kepada Tatalogam dalam sebuah even pameran, yang menginginkan bahwa rumah hunian sementara (Huntara) harus siap untuk difungsikan dan dikembangkan menjadi hunian tetap (Huntap). Dan belajar dari pembangunan rumah pasca gempa di Lombok, bahwa masyarakat memerlukan waktu guna memulihkan trauma akibat gempa. Maka dibutuhkan huntara yang siap dialih fungsikan menjadi huntap dalam waktu singkat dan memiliki konsep berkelanjutan, sehingga tidak ada huntara yang mubazir dalam pembangunannya.

Huntara Domus standar dengan luas bangunan 36 M2 bisa dibangun dalam waktu 2 (dua) hari saja. Apabila masyarakat yang akan menempati bersedia, maka desain huntara pada lahan terbatas bisa dibuat menjadi bentuk kopel, yaitu rumah yang berpasangan (berhimpitan), satu atap terdiri dari lebih dari satu unit rumah. Huntara dengan teknologi Domus ini, jika sudah tidak terpakai bisa dibongkar lalu disimpan dan bisa digunakan lagi jika terjadi bencana. Atau bahkan bisa dikembangkan menjadi huntap atau hian tetap, dengan hanya mengganti material dinding sebelumnya dengan bata ringan.


Spesifikasi HUNTARA  :


1. Rangka kolom : praktis

2. Rangka atap : taso / kaso
3. Penutup atap : sakura mx
4. penutup dinding : terpal tanpa sekat ruangan

Rumah instan HUNTARA adalah salah inovasi dan bentuk kepedulian dari PT.TATALOGAM LESTARI seb untuk para korban bencana alam gempa di Palu dan Donggala. 




HARGA DOMUS

Hal paling penting dalam pertimbangan membangun rumah tentu saja adalah perihal harga. Apalagi buibu macam kita nih, pasti yang pertama kali muncul di kepala adalah HARGANYA BERAPA? Untuk menjawab pertanyaan kita, PT. TATALOGAM LESTARI menyiapkan aplikasi SimantAPP yang bisa diunduh dan tersedia di App Store maupun Play Store. Aplikasi ini didisain untuk memberikan pengalamanan terbaik berbelanja produk-produk Tatalogam secara online, dilengkapi dengan fungsi kronologi untuk kenyamanan dalam memonitor proses pemasangan. Sebagai gambaran, untuk membangun sebuah DOMUS type 36 paket komplit dibutuhkan biaya 100 jt-an saja. Jika kita mengecek di aplikasi SImantAPP maka akan muncul gambar seperti ini.



Harga DOMUS dihitung menggunakan aplikasi SIMANTAPP
Harga DOMUS dihitung menggunakan aplikasi SIMANTAPP

Jika perhitungan sebelumnya adalah 300-400 juta, maka dengan menggunakan DOMUS kita bisa memiliki rumah dengan biaya 100 jt-an saja sudah termasuk ongkos tukang pun. Lha kok murah? Apakah aman menempati si DOMUS ini? Tenang, DOMUS sudah diuji ketahanan gempa di Puslitbang Puskim Kementrian PUPR So, bagaimana buibu? Tertarik menggunakan DOMUS? Jika ingin mencari tahu lebih lanjut, bisa mengunjungi website resmi DOMUS dan menyaksikan video tentang DOMUS di sini.


Semoga kita semua bisa segera memiliki rumah impian ya buibu. Aamiin.





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar