Pojok Pintar Sisternet, Sebuah Oase Bagi Perempuan di Era Digital

By TIANDARINIE - Maret 06, 2019


Jadilah perempuan 
berakar kuat dan berdaun rindang 
untuk memberi manfaat bagi orang lain 

Sebuah kutipan yang saya ingat betul dari seorang perempuan menginspirasi, Nadine Chandrawinata beberapa hari lalu. Nadine yang awalnya dikenal sebagai putri Indonesia dan seorang aktris, belakangan ini justru fokus membangun Sea Soldier. Saat itu ia menjadi seorang narasumber dalam acara peluncuran Pojok Pintar Sisternet di Gedung Kemenkominfo. 


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan PT XL Axiata untuk mendorong perempuan agar lebih melek teknologi digital dengan membentuk Pojok Pintar Sisternet, Senin (4/3/2019).

Pojok Sister Internet ini dirancang seperti rumah singgah dan setiap bulannya diadakan berbagai kelas mengenai pola asuh atau parenting, kewirausahaan, literasi digital hingga  fotografi jurnalistik. Saat ini Pojok Sister Internet ini dapat ditemui di press room, Kominfo, di kawasan Jakarta Pusat, dan Direktur Jaringan XL Axiata Yessie D. Yosetya menyebutkan nantinya juga akan diadakan roadshow ke berbagai kota dan kabupaten untuk mengedukasi lebih banyak wanita.

“Karena program sisternet ini bukan hanya disini. Kita juga ada roadshow ke kota-kota, kabupaten, desa kita bikin event dan modul pintar untuk online edukasi,” 
kata Yessie di Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti menambahkan dengan adanya program ini diharapkan wanita juga lebih hisa menangkap hoax atau berita bohong yang saat ini banyak beredar

“Harapan kami pengguna internet di kaum prempuan melalui Sisternet meningkat. Terutama soal kesadaran menggunakan internet secara sehat,” papar Niken. Sementara itu program Sisternet ini sebenarnya sudah diadakan oleh XL sejak empat tahun lalu dan saat ini sudah 13 ribu perempuan sudah pernah mengikuti kelas yang diadakan setiap bulannya itu.


Kelas Gratis untuk Perempuan

Sejumlah aktivitas telah disiapkan di Pojok Pintar. Setiap bulannya akan ada kelas “Sister Berbicara” dengan beragam materi yang diajarkan seperti digital parenting, kewirausahaan, literasi digital, dan fotografi jurnalistik. Setiap materi akan dibawakan oleh seorang ahli di bidang terkait yang akan memandu peserta untuk mengetahui lebih dalam setiap tema, termasuk bagaimana memanfaatkan sarana digital untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkait dengan materi yang telah dipelajari.


Kelas tersebut akan berlangsung setiap bulan dan terbuka bagi perempuan dari masyarakat umum, tanpa dipungut biaya. Untuk mengikuti kelas-kelas yang tersedia, masyarakat perlu terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota Sisternet di www.sisternet.co.id/login.

Aktivitas di Pojok Pintar sudah mulai bisa diakses oleh masyarakat mulai 4 Maret 2019. Informasi terkait dengan program Pojok Pintar dan Sisternet bisa langsung diperoleh melalui saluran digital Instagram @Sisternetid @kemenkominfo atau ke website Sisternet. Sampai jumpa di sana yaa Sister~






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar