Belajar Saling Menguatkan dan Menginspirasi Sesama Perempuan

By TIANDARINIE - April 04, 2019

Pakde Paulo Coelho pernah bilang 

"Writing means sharing. It's part of the human condition to want to share things - thoughts, ideas, opinions..." 

Hal itulah yang menjadi salah satu triggerku untuk membuat blog. Awalnya blogku hanya berisi curhat khas remaja millenial. Semacam buang waktu ya, rasanya? Tapi setelah sepuluh tahun akhirnya aku bisa merasakan dampak positifnya juga haha. Manfaat yang aku dapatkan dari blog tidak hanya sekedar hal-hal fancy, fee yang lumayan tapi juga aneka pengalaman seru. Aku juga bertemu banyak teman-teman blogger dan mendapatkan ilmu dari mereka. Dan yang terpenting, aku tetap punya waktu bersama si kecil, membawanya saat liputan event karena fokus tulisanku seputar gaya hidup perempuan dan pola asuh anak. Sungguh aku bersyukur bisa terjun ke dunia ini. Alhamdulillah keluarga pun mendukung meski pekerjaanku bukan di kantor dan tidak ada jaminan gaji bulanan. 






Tian-bergaya-di-event-lactacyd-share-your-power
Mandi cahaya matahari pagi bersama dalam event Lactacyd Share Your Power

Salah satu event yang aku hadiri pekan lalu adalah "Lactacyd Share Your Power" yang berlokasi di Carefour Lebak Bulus. Sekitar pukul 8 aku tiba, ternyata sudah sangat ramai. Ratusan perempuan dengan pakaian bernuansa pink terlihat sangat bersemangat mengikuti bermacam-macam aktivitas di sana.

Perempuan-percaya-diri-dalam-Lactacyd-Share-Your-Power
Para perempuan berpose dengan penuh percaya diri di area photobooth Lactacyd Share Your Power



Henna-art-di-event-lactacyd-share-your-power
Henna Art Corner dipadati pengunjung

Mulai dari Yoga, Zumba, Nail Art, Decoupage, Games hingga Talkshow bersama KAPAL Perempuan adalah rangkaian kegiatan yang berlangsung pada hari itu dan bisa diikuti oleh seluruh perempuan yang datang ke sana. Tujuannya adalah memberikan wadah bagi para perempuan untuk merasa berbahagia dengan cara positif.

Anyway, mendengar kata KAPAL Perempuan awalnya aku sempat bertanya-tanya, itu apa yah? Jujur saja, aku memang belum pernah mendengar dan terlibat langsung dengan KAPAL Perempuan. Alhamdulillah berkat event Lactacyd Share Your Power hari ini pertanyaaku terjawab langsung oleh Ibu Misiyah selaku ketuanya. Beliau menjelaskan bahwa KAPAL Perempuan merupakan kependekan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif untuk Perempuan. Disingkat KAPAL karena kami menyadari bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan kapal merupakan media transportasi yang menghubungkan antar pulau. Penggunakan kata lingkaran mengandung spirit tidak ada pusat dan menggambarkan siklus aksi refleksi.

KAPAL Perempuan didirikan oleh para aktifisnya sebagai bentuk keprihatinan terhadap situasi konflik dan kekerasan akibat politik identitas berbasis suku dan agama yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Juga keprihatinan terhadap pelanggaran hak-hak asasi perempuan termasuk seksualitas dan kesehatan reproduksi perempuan serta praktek diskriminasi terhadap kelompok marginal dan minoritas. Tujuan didirikan KAPAL adalah membangun gerakan perempuan dan gerakan sosial yang mampu mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan dan keadilan gender serta perdamaian di ranah publik dan privat.


Narasumber lainnya yang juga hadir adalah:
  • Rohika Kurniadi Sari selaku Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak, Deputy Tumbuh Kembang Anak kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  • Jehezkiel Martua Product Marketing Consultant Sanofi
  • ADisti Nirmala Head of Marketing Sanofi
  • Dr. Riana Nirmala Wijaya Medical Manager

Talkshow inspiratif Lactacyd Share Your Power
Talkshow inspiratif Lactacyd Share Your Power 

Ibu Rohika dan Mbak Adisti menyampaikan bahwa kesehatan perempuan adalah nomor satu. Apabila para perempuan sehat dan bahagia maka keluarga dan orang-orang di sekitarnya pun akan ikut merasakan dampak positifnya. Begitu juga sebaliknya, apabila perempuan atau ibu merasa stress maka rentetan petakanya sampai kemana-mana. So, penting sekali peran support sistem untuk parempuan agar bisa saling mengiranspirasi dan menjadi entitas berdaya. Salah satu contohnya adalah berani speak up apa yg ada dalam benak kita. 


Setelah seharian beraktivitas mulai dari mengurus keluarga sampai mengurus pekerjaan, kita harus meluangkan waktu untuk bersyukur dan mencintai diri sendiri. Bukan egois, tapi #selflove dengan cara memperhatikan kesehatan dan merawat tubuh sebaik mungkin khususnya daerah kewanitaan. Salah satu produk pembersih daerah kewanitaan dengan PH seimbang adalah Lactacyd. Produk pembersih organ kewanitaan ini diformulasi untuk mencegah gatal-gatal, iritasi, dan bau pada daerah kewanitaan. Bahan-bahannya pun alami FREE Parabens, NO parfum, berbahan dasar alami seperi daun sirih sebagai anti bakteri dan aman digunakan untuk type kulit apapun.

Pemakaian Lactacyd juga cukup mudah seperti produk pembersih lainnya:
  • Tuangkan Lactacyd secukupnya ke telapak tangan, tidak perlu terlalu banyak karena teksturnya agak kental
  • Basuh ke area V hingga berbusa. Ingat cara membasuh yang baik adalah dari depan ke belakang agar tidak terkontaminasi kuman 
  • Bilas dengan air bersih, pastikan tidak ada busa atau cairan yang tertinggal
Akhir kata, perempuan tercipta dari tulang rusuk pria, dekat di hati. Untuk disayangi dan dicintai sebagaimana mesti. Semoga kita bisa mencintai diri masing-masing kemudian menebarnya kepada perempuan lain dan saling berbagi kekuatan.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar