Perempuan Juga Bisa Melucu di BukaTawa

By TIANDARINIE - Mei 02, 2019

"Duh kamu lucu deh.."

Perempuan dan lucu adalah dua kata yang biasanya disandingkan bersama-sama. Makna lucu bisa dilihat dari cara berpenampilan, mimik wajah, intonasi suara dan banyak lagi hal lainnya yang menyebabkan orang lain tertawa. Contohnya saja Chau Mooi, pemeran anak kecil teman Boboho di film Shaoilin Popey yang dulu sering nongol di televisi. Generasi 90-an pasti pernah nonton kan? Pipi bulat dan rambut berponinya sungguh melekat di ingatan, ditambah lagi ekspresinya yang kocak sukses membuat saya tertawa terbahak-bahak.

Perempuan lucu di Indonesia juga banyak. Sebut saja nama-nama komedian legendaris seperti Mpok Atik, Omas, Ulfa Dwiyanti, Nunung, Okky Lukman dan banyak lagi. Tapi coba deh buka mesin pencari Google dan ketik kata kunci "Komedian Perempuan Indonesia". Akan muncul sebuah nama yang mungkin masih asing di telinga, Sakdiyah Maruf. Jujur saja saya juga baru-baru ini mengenal sosok pelawak satu ini. Saat itu, Sakdiyah Maruf hadir sebagai penampil dalam acara BukaTawa yang diadakan oleh Bukalapak dan Comika Indonesia. 



Penampilan Sakdiyah Maruf di BukaTawa 


Perempuan berkerudung itu sukses mencuri perhatian sebagai satu-satunya pelawak tunggal atau stand up comedian perempuan yang ikut meramaikan panggung BukaTawa di Balai Kartini pada tanggal 19 April lalu. Acara tersebut adalah wadah bagi pelaku dan pecinta Stand-Up Comedy di Indonesia untuk menikmati lawakan segar. BukaTawa dipandu oleh Pandji Pragiwaksono dan menggandeng 15 komika terbaik Indonesia, salah satunya Sakdiyah Maruf. 

Sakdiyah Maruf melucu dengan tema perempuan dalam perspektif Islam


Sekilas, tidak ada yang istimewa dari seorang Sakdiyah Maruf. Ia terlihat biasa saja, seperti perempuan keturunan Arab berhijab pada umumnya. Tapi saya tertarik dengan lawakan khasnya yang mengangkat kontroversi islam dan perempuan. Isu tersebut acapkali dihindari oleh para stand up comedian demi tetap populer dan wara-wiri di televisi. Lain halnya dengan Sakdiyah yang justru tidak silau dengan kemilau sorot lampu studio, dan memilih tampil live tanpa sensor. Padahal ia sangat berpotensi menjadi "Diva" di tengah para stand up comedian laki-laki. Bagi Sakdiyah, profesi sebagai stand up comedian bukan sekedar mengikuti trend. Bahkan ia meneliti tentang stand up comedy untuk dalam skripsinya di tahun 2009.

Beberapa cuitan Sakdiyah di Twitter juga sempat membuat saya mesem-mesem karena relate dengan kehidupan sehari-hari. Istilahnya, nampol gitu deh. Sebagai sesama perempuan dan berhijab, I can relate. 






Di acara BukaTawa hari pertama, Sakdiyah tampil bersama empat komika lainnya yaitu Ridwan Remin, Gilang Bhaskara, Babe Cabiita, dan Adjis DoaIbu. Selanjutnya, selama dua hari berturut-turut BukaTawa akan menampilkan Marshel Widianto, Uus, Rigen, Awwe, Ryan Adriandhy, Wawan Cikuk, Rahmet, Kukuh, Popon Kerok, serta Sammy Notaslimboy.






Nah bagi kalian yang penasaran materi stand up comedy yang dibawakan oleh Sakdiyah, jangan sedih. Meskipun acara live BukaTawa sudah selesai, kalian bisa menonton seluruh tayangan BukaTawa dengan mengakses BukaNonton di aplikasi Bukalapak. Catat tanggalnya mulai awal Ramadan pada tanggal 5 Mei 2019. Jangan lupa, daftar dulu sebagai pembeli prioritas agar bisa mengakses fitur BukaNonton di Bukalapak yaa. 


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar