Ketemu Bintang Sepakbola Dunia di Allianz Explorer Camp

By katatian - Juli 01, 2019

Ketika mendengar kata sepakbola, apa yang pertama kali mampir ke benak buibu sekalian nih? Apakah David Beckham, Totti, Messi atau Michael Owen? Nah tulisanku kali ini akan berbeda dari biasanya karena akan membahas seputar dunia sepakbola.  Kalau suka, silahkan lanjut membaca. Kalau tidak, tetap baca aja, siapatau suka hihi.

Dunia sepakbola bukan hal yang baru bagiku. Sejak usia 5 tahu, ayah suka sekali membawa ke lapangan meski hanya sekedar nonton para pemain bola pujaannya latihan jelang pertandingan. Allianz Indonesia kembali menggelar Allianz Explorer Camp – Football Edition pada tahun ini dengan membawa berbagai kegiatan menarik untuk remaja usia 14-16 tahun. Peminatnya pun tidak hanya laki-laki tapi juga banyak remaja prempuan loh. Program yang sudah berjalan secara global sejak tahun 2010 dengan nama Allianz Junior Football Camp ini telah menarik minat ratusan ribu remaja yang tersebar di lebih dari 20 negara di dunia. Di Indonesia, program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2012 dan menarik minat lebih dari 18.000 remaja dengan 53 remaja telah mengikuti Munich dan Asia Camp.




“Program Allianz Explorer Camp ini merupakan bentuk dukungan penuh Allianz Indonesia terhadap upaya penanaman nilai-nilai yang penting dimiliki oleh generasi muda, seperti sportivitas. Kegiatan ini sekaligus untuk menggali minat dan bakat anak dan remaja serta mendukung pengembangan diri mereka,” kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.


Allianz Indonesia menyadari pentingnya peran anak dan remaja sebagai generasi penerus masa depan yang harus dibekali berbagai kegiatan dan pengalaman positif sejak dini. Namun, perkembangan teknologi yang begitu pesat di era digital saat ini membuat tantangan yang dihadapi orangtua dalam mendidik anak-anak & remaja semakin meningkat. Berdasarkan data survey yang dilakukan oleh Common Sense Media, pengguna internet dan gawai usia remaja 13-18 tahun menghabiskan waktu rata-rata sembilan jam sehari berinteraksi dengan gawai mereka. Kondisi ini menyebabkan banyak remaja menjadi terlalu terikat terhadap gawainya, kurang memiliki aktivitas fisik yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya, dan kurang bereksplorasi. Berangkat dari latar belakang tersebut, Allianz Explorer Camp mengajak para penjelajah muda dari seluruh dunia untuk mengalihkan waktu yang dimiliki untuk kegiatan olahraga, keluar dari zona nyaman mereka dan belajar keterampilan baru, pola pikir dan kepercayaan diri baru untuk menggali potensi, minat dan bakat mereka sesuai dengan mimpi besar dan cita-cita mereka nantinya.




“Jika sebelumnya program ini fokus pada kegiatan on pitch atau bermain sepak bola di lapangan, pada Allianz Explorer Camp kali ini, sebagai pengembangan program sebelumnya, juga memberikan kegiatan off pitch yang akan mengeksplorasi topik-topik di luar sepakbola seperti kegiatan pengembangan diri, kepemimpinan yang dikemas menarik untuk remaja, sehingga para remaja dapat memiliki keseimbangan dalam mengeksplorasi minat dan bakatnya,” ujar Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia.

Sejak bulan April sampai dengan Juni 2019, sebanyak 2.000 remaja usia 14-16 tahun telah
mendaftar Allianz Explorer Camp dan lebih dari 1.300 remaja terpilih mengikuti seleksi fisik yang diselenggarakan pada 22-23 Juni 2019. Akhirnya terpilih 8 penjelajah muda yang akan mewujudkan mimpi mereka, yaitu Adinda Dwi Citra P. dan Fariz Fadilla yang akan terbang ke Munich Camp di Jerman pada 22-27 Agustus 2019, serta Azrazifa Kayla, Bayu Tegar Saputra, M. Faiz Fahriza, Nur Yufa, Ravel Jerico, dan Zahra Naqiyyah Primadi yang akan berangkat Asia Camp di Singapura pada 23-26 Juli 2019.



Martin Demichelis, Allianz Explorer Camp Asia 2019 Ambassador yang juga FC Bayern Munchen Legend mengatakan, “Ini merupakan pertama kali saya datang ke Indonesia dan menjadi salah satu pengajar untuk coaching clinic di seleksi Allianz Explorer Camp. Saya tidak menyangka para remaja ini bermain sangat bagus dan memiliki potensi yang luar biasa, mereka juga sangat antusias mengikuti kompetisi ini. Saya berharap para remaja ini dapat menjadi inspirasi teman-teman mereka di luar sana untuk terus berusaha meraih mimpi mereka,” Pada Allianz Explorer Camp tahun lalu, lebih dari 50 remaja dari 23 negara telah ambil bagian dalam kamp empat hari yang didukung oleh mitra Allianz FC Bayern Munchen. 

Para remaja yang berusia antara 13 hingga 16 tahun berlatih setiap hari dengan pelatih tim muda FC Bayern Munchen, mendapat kesempatan bertatap muka dengan idola mereka seperti Arjen Robben, Jérôme Boateng, Thomas Müller dan ikut serta dalam sharing session bersama para pembicara yang ahli di bidangnya.

Selain Allianz Explorer Camp, sebagai bukti komitmen Allianz untuk mempromosikan dan mendukung olahraga bagi generasi muda, Allianz juga memberi dukungan untuk kompetisi Asian Football Confederation (AFC) sejak tahun 2017. Pada kegiatan ini, Allianz Indonesia membuka kesempatan untuk anak-anak usia 6-10 tahun untuk memiliki keberanian dan kepercayaan diri berjalan memasuki stadion yang berisi puluhan ribu penonton sebagai escort pemain-pemain bintang pada ajang Asian Football Confederation di bulan April lalu.



Beberapa take home message yang aku ambil saat hadir di acara konferensi pers, adalah sebagai berikut:

- Bakat dan minat bisa diasah dengan cara konsisten berlatih
- Selain fokus pada hal tersebut, kita juga harus menjadi pribadi yang baik
- Pendidikan adalah hal utama. Bagaimanapun sibuknya, harus tetap belajar

Well said, Martin. Terimakasih sudah datang ke Indonesia dan berbagi inspirasi yaah. Selamat untuk adik-adik yang terpilih!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar