Jakarta Humanity Fest, Pengingat Untuk Menjadi Lebih Manusia

By katatian - Januari 28, 2020

Sebagai seorang ibu, bisa mengajak si kecil dalam setiap kegiatanku adalah surga kecil yang membahagiakan. Kali ini dia pun ikut menemaniku hadir dalam acara Jakarta Humanity Festival 2020. Kenapa aku ajak padahal acaranya bukan untuk anak-anak dan tidak ada area bermain? Karena bagiku mendidik anak bukan cuma tentang membesarkan, menghujani dengan hal yang indah-indah tapi juga membiasakan dia menjadi manusia. Kadang, orang dewasa saja lupa bagaimana caranya menjadi manusia dan Jakarta Humanity Festival adalah pengingat yang baik.




Jakarta Humanity Festival merupakan sebuah gerakan semangat yang dapat menyadarkan para masyarakat pada umumnya mengenai pentingnya merespons isu-isu kemanusiaan di lingkungan sekitar yang acap kali terjadi akhir-akhir ini dengan kebaikan. Jakarta humanity Festival adalah tempat dimana lintas generasi bisa berdiskusi bersama publik figur, relawan, komunitas sampai dengan sociopreneur.

Konsep acaranya dikemas santai dalam bentuk HumaniTalk (diskusi tentang lingkungan, bencana dan kerelawanan), Humanity Exposure (pameran foto), Workshop dan Sound of Humanity (sajian musik dr para musisi yang fokus terhadap isu kemanusiaan). One of my favorite band ever—Navicula—also steal the stage! Ada juga booth fashion preloved persembahan Tokopedia Salam dimana semua hasil penjualannya akan disumbangkan kepada yang membutuhkan. Tiket masuk acara ini pun sepenuhnya akan didonasikan. Menurutku JAKHUMFEST layak untuk dinantikan setiap tahun. 




Jakarta Humanity Festival merupakan puncak dari kampanye Humanesia yang diinisiasi oleh Dompet dhuafa, dimana kita diajak untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan demi perubahan respons manusia mengenai isu-isu sosial. Nah, ada beberapa segmen acara dalam festival ini yaitu:

Humanitalk


Humanitalk ini merupakan sesi dari Jakarta Humanity Festival yang memberikan ruang bicara untuk dapat saling berbagi pengalaman, inspirasi dan juga pengetahuan mengenai isu-isu kemanusiaan. Kali ini diisi oleh Dhiti Sofia selaku Manager Diet Kantong Plastik, Dila Hadju selaku founder Tumbuh Hijau Urban, Swietenia Puspa selaku founder & executive Director Divers Clean Action,  dan Syamsul Hardiansyah selaku Manajer Lingkungan Dompet Dhuafa.

Workshop



Workshop melukis payung bersama Chiki Fawzi, seorang penyanyi yang juga merupakan mural artist. Chiki mengajak semua peserta untuk menuangkan idenya dalam bentuk karya lukis di media payung. Karya tersebut akan dilombakan dan tentunya yang menang adalah yang memiliki cerita. Aku termasuk orang yang sangat payah dalam hal gambar-menggambar, jadi lah aku dan partnerku hari itu cuma mewarnai dengan corak sederhana. Turut serta si kecil pun berkreasi dengan kuas dan cat warna. 



Sound Of Humanity
Sesi Sound of Humanity menghadirkan Navicula, V1mast, dan Chiki Fawzi. Yaitu merupakan sesi ruang suara yang dapat mengajak seluruh dari audience untuk dapat menikmati sajian music dan juga hiburan dengan berefleksi kepada rasa kepedulian untuk para penyintas bencana yang sedang membutuhkan uluran tangan dari kita semua.



Semoga berawal dari euforia Jakarta Humanity Festival ini, siapapun bisa lebih peduli lagi terhadap lingkungan dan isu kemanusiaan. Senantiasa ingat, bagaimana semestinya menjadi manusia. Serta tentunya semoga aku bisa menginspirasi anakku sebagai role mode pertamanya, agar menjadi manusia yang tidak sekedar numpang hidup di bumi. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar