3 REKOMENDASI AKTIVITAS UNTUK BONDING IBU DAN ANAK

By katatian - September 29, 2020

 

Membangun bonding sangat penting dalam parenting
(Courtesy: Pexels)



Sejak dulu, aku mendambakan adik perempuan untuk teman bermain. Namun ternyata aku ditakdirkan menjadi anak tunggal, tumbuh dan besar sendirian. Hingga akhirnya perempuan kecil nan manis dianugerahkan oleh Tuhan untuk menemaniku sepanjang hari dan aku sangat bersyukur atas kehadirannya. Perempuan kecil ini memberiku kesempatan belajar menjadi ibu dan memberi warna-warni dalam hidupku. Sejak ia hidup di rahimku, aku berusaha membangun bonding dengannya. Menjadikan ia prioritas di atas segala mimpi-mimpi dan ambisi masa mudaku. Semoga sampai kapanpun ikatan di antara kami tetap terjalin kuat.


Baca juga: Tips Menjadi Bunda Siaga 24/7 Di rumah 


Memangnya kenapa sih bonding itu penting? Menurut salah satu artikel yang aku baca di sini, dari ikatan atau bonding tersebut akan tercipta rasa aman, kasih sayang, bahagia, yang mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak sampai ia dewasa nanti. Ikatan kuat antara orang tua dan anak tercipta dari sebuah proses kebersamaan melalui beberapa cara yaitu:

- Sentuhan

- Kontak mata

- Gerakan

- Suara

 

Nah kali ini aku akan ingin sharing beberapa rekomendasi aktivitas yang biasanya aku lakukan untuk membangun bonding dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas tidak hanya melibatkan ibu dan anak tapi juga bisa dilakukan bersama dengan anggota keluarga lainnya.

 

1.  MEMBACA BUKU CERITA

Membaca buku cerita bersama anak
(Courtesy: Pexels)



Aktivitas ini sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja, tapi biasanya aku terapkan di malam hari menjelang tidur. Ragam jenis buku sesuai usia anak bisa menjadi pilihan untuk diceritakan sambil rebahan. Melalui suara ibu, si kecil dapat merekam kata-kata dan merasa senang mendapatkan pengalaman baru dari setiap buku yang dibacakan. Biasanya sesi membaca buku diakhiri dengan kecupan singkat menjelang ia terlelap.


2.  BERKEBUN



Berkebun dengan anak bisa juga menjadi aktivitas membangun bonding (dokumentasi pribadi)



Sejak pandemi, keluarga kami memiliki rutinitas baru yaitu merawat tanaman. Kami meluangkan waktu setiap pagi dan sore duduk-duduk di teras rumah sambil ngobrol tentang apapun. Sesekali, si kecil membantu ayahnya menyiram tanaman atau sekedar berceloteh seputar tanaman kesukaannya. Selain untuk membangun bonding antar keluarga, aktivitas ini juga menjadi oase dan opsi refreshing bagi kami orang dewasa yang penat bekerja sepanjang hari.

 

SKINCARE TIME!

It's skincare o clock! (Courtesy: Pexels)

 

Skincare-an kini bukanlah rutinitas ibu, tetapi si kecil pun bisa ikut nimbrung. Tentunya aku memilih bahan-bahan perawatan tubuh yang aman digunakan oleh keluarga. Aktivitas ini bisa membangun bonding ibu dan anak karena ada banyak sekali indra tubuh yang terlibat seperti sentuhan, suara dan gerakan. Lalu, produk apa yang aku pilih untuk skincarean bersama si kecil? Lanjut scroll ya Ma!

 

 

 

LIKE I'M 5 PRODUCT REVIEW

Rangkaian produk Like I'm 5 yang baru saja launching di Indonesia


Satu bulan belakangan ini aku dan si kecil rutin skincare-an menggunakan produk Like I'm 5. Namanya mungkin belum familiar di Indonesia, tapi bertepatan dengan hari anak nasional, produk asal Korea ini resmi hadir di Indonesia dan memiliki komitmen yang menarik: “Explain like I’m five years old”. Slogan tersebut digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang susah dimengerti dengan sederhana kepada anak. Like I’m Five mengandung kesederhanaan dari komposisi bahan yang terkandung di dalamnya.

 

Aku sempat browsing cerita di balik produk Like I'm 5 dan menemukan fakta bahwa produk ini lahir dari cinta seorang ibu. Eugene, seorang aktris Korea yang juga seorang ibu dengan 2 orang anak, ingin memberikan yang terbaik dan teraman untuk perawatan kulit buahhatinya. Ia mendesain produk perawatan yang aman dan lembut, hanya menggunakan bahan alami non toxic dan memastikan komposisi produk hanya berisi bahan baik dan dibutuhkan oleh kulit.  Ia percaya bahwa rasa cinta & kasih sayangnya kepada buah hati juga dirasakan oleh semua ibu. Oleh karena itu, Eugene mengembangkan produk ini dengan nama Like I’m 5 sebagai produk perawatan kulit yang dibuat dengan memastikan bahwa kandungan didalamnya tak hanya aman, namun baik digunakan untuk kulit Ibu maupun anak. Adapun jenis produk Like I'm 5 cukup beragam yaitu:

- Top to Toe Foaming Wash

Like I'm 5 Top to Toe Foaming Wash dengan busa melimpah yang lembut


Salah satu produk kesukaanku karena praktis digunakan untuk semua pemakaian. Foam mandi yang diperkaya dengan coconut dan bergamot fruit oil, dengan formula yang lembut dan aman digunakan untuk wajah, kulit, dan rambut. Hadir dengan botol pump yang praktis dan stiker yang lucu, membuat momen mandi anak menjadi menyenangkan

 

 

- All Day Soothing Gel Lotion

Lotion pelembab multi fungsi dari Like I'm 5


Andalan saat kulit terasa kering atau terlalu banyak di ruangan ber-AC. Gel Lotion yang cepat menyerap dan cepat kering, memberikan rasa nyaman dan menenangkan dan mempertahankan kelembaban di kulit sepanjang hari. Diformulasikan dengan tiga jenis hyaluronic acid dan allantoin, sangat baik untuk kulit sensitif dan membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat iritasi kulit wajah dan tubuh. Selain melembapkan kulit kering, produk ini juga mampu menenangkan kulit anak yang tengah demam, perawatan setelah terpapar sinar matahari terlalu lama, hingga perawatan setelah bercukur bagi sang Ayah atau anak lelaki yang sudah menginjak usia dewasa.

 

 

- Mild Sunscreen SPF 50+ PA++++



Sebelum mulai berkebun atau aktivitas outdoor aku selalu mengaplikasikan produk ini ke kulitku maupun si kecil. Produk tabir surya yang dibuat dengan bahan alami dan aman untuk ibu dan anak. Physical sunscreen dengan perlindungan SPF50+ dan PA++++ yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari baik ketika beraktivitas di dalam ataupun di luar ruangan. Mengandung non-nano partikel yang tidak diserap oleh kulit serta tidak mengandung Oxybenzone dan Octinoxate yang tidak baik untuk kulit. Teruji klinis, dan tidak mengandung bahan bahan yang berbahaya. Sangat ringan dikulit dan tidak menimbulkan whitecast. Cocok untuk aktifitas di luar ruangan maupun digunakan sehari hari.

 

 

- Love U Hand Essence




Esens pelembab dengan tekstur sangat ringan, berubah menjadi krim lembut begitu diaplikasikan pada permukaan kulit tangan. Mengandung lapisan yang secara efektif melembutkan kulit tangan tanpa menimbulkan rasa lengket. Perawatan kulit yang ringan dan segar, dengan wangi natural citrus cocok untuk digunakan saat cuaca panas dan jenis kulit yang lembab.

- Love You Hand Cream

Rangkaian produk Like I'm 5 yang lengkap mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut


Krim pelembab tangan yang lembut, bertekstur lotion yang cair dan tidak lengket dengan wangi floral yang soft dan nyaman. Dibuat untuk melembabkan kulit ketika cuaca dingin, atau bila sering beraktivitas di ruangan ber-AC.

 

- Love You Hand Butter



Hand butter kaya nutrisi, dengan bahan utama Shea Butter yang efektif melembabkan dan memberi kelembutan ekstra pada tangan yang kering, kasar dan sensitif. Teksturnya yang rich dan buttery membuat permukaan kulit menjadi halus dan sehat, sangat efektif digunakan saat cuaca sangat dingin dan sering bersentuhan dengan sabun cuci tangan. Aman dan ringan di kulit walau pemakaian berulang karena tidak mengandung parfum.




Aku bersyukur banget bisa mengenal  produk Like I'm 5 karena akhirnya bisa bersama-sama anak untuk melakukan aktivitas skincare yang biasanya kulakukan sendiri. Semoga dengan adanya aktivitas baru ini bisa membuat hari-hari kami di rumah saja, jadi semakin berwarna dan bermakna dan tentu saja ikatan antara kami semakin kuat hari demi hari. Untuk Moms yang penasaran dengan produk Like I’m 5 bisa juga langsung cek ke Lilla By Sociolla yaa.

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Nita Juwithafina30 September 2020 07.39

    Yess penting bonding dengan anak mom.. Btwww seru banget skincarean bareng ni mom �� anak aq cowok ga bisa skincarean bareng tapi dia suka nentuin warna make up aq, sesuai warna kesukaan dia hehehe

    BalasHapus
  2. Aku juga lihat story IG nya Mom. Pas make produk LIKE I'M 5 ini bareng si kecil. Kelihatan banget bondingnya. Asyik jadi nontonnya. Jadi kepengen pake skincare baren anak juga.

    BalasHapus
  3. Bisa digunakan mulai umur berapa Mom?

    BalasHapus
  4. Kemasannya mewah bgt ya mom...aku br tahu nih merk ini

    BalasHapus
  5. Pengen berkebun juga tapi belum ada space mumpunin :(

    BalasHapus
  6. Lagi nyari sunscreen yang aman buat anak, eh nyangkut disini. Aku baru tau produk ini. Ini brand lokal atau luar mom?

    BalasHapus
  7. Ini brandnya Eugene ya momti? Yg main di drakor sm kim tak gu itu yaa. Emang cantik emang diaa.. baru tauu.. jadi pengen coba jugaa

    BalasHapus
  8. Lucu banget skincare bareng sm anak. Jd pengen punya anak perempuaan. Hihii

    BalasHapus