Peluang Usaha Rumahan bersama AQUA Home Service

By katatian - Oktober 16, 2020



Sudah minum berapa gelas air hari ini?

Aku masih ingat betul jingle AQUA, dengan nada yang easy listening dan mudah dihapalkan. Aku mendengarnya pertama kali di tahun 90'an, dalam iklan jadul yang diawali oleh munculnya seorang dirigen atau konduktor kemudian disambut alunan orkestra menggunakan instrumen musik botol AQUA berbagai varian. Ada juga galon yang dijejer menyerupai drum. Sewaktu kecil, saat iklan itu muncul, aku otomatis bersenandung mengikuti nadanya. Walau dulu kami mengonsumsi air yang dimasak langsung dari kompor, tapi AQUA sudah setia menemani. Saat ada arisan keluarga, pesta pernikahan, pengajian, maupun bepergian ke luar rumah, andalan kami ya AQUA. Hingga kini puluhan tahun berlalu, aku masih hapal jingle itu di luar kepala.

Lalu apa hubungannya AQUA dengan peluang usaha rumahan seperti judul blogku kali ini? Jadi beberapa hari lalu aku berkesempatan menghadiri webinar inspiratif yang diselenggarakan oleh AQUA dengan tema: “Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga”. Adapun narasumber yang hadir dalam webinar tersebut adalah:

  1. Bapak Indra Gunawan, S.K.M, M.A - Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  2. Ibu Eva Lusiana - Vice President Sales Operation Danone AQUA
  3. Ratih Retno Purwaningrum - Emerging Channel Director - Danone AQUA
  4. Tasya Kamila - Public Figure
  5. Nani Heryani - pemilik AQUA Home Service Widya




Bagiku, tema yang diangkat sangat relate karena aku juga terlibat aktif mengurus komunitas yang mendukung pemberdayaan perempuan khususnya di ranah digital agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari aset sosial media mereka (check it out on Mom Influencer ID). Selain itu, aku memang sedang mencari ide usaha yang bisa survive saat pandemi, tidak butuh modal banyak, dan bisa dilakukan dari rumah saja. Honestly, pandemic literally hit me like a truck! Porak-poranda segala rencana yang sudah disusun sebelumnya, apalagi menyangkut urusan ekonomi rumah tangga. Jika tidak putar otak dan jeli melihat peluang, pemasukan utama digabung dana darurat tidak akan bertahan lama untuk keperluan sehari-hari. Itupun jika masih punya dana darurat. Kalo sudah habis, gimana?


Mungkin banyak yang berpendapat bahwa ekonomi keluarga adalah tanggung jawab suami saja, tapi bagiku istri pun bisa berperan aktif untuk menjaga stabilitas ekonomi keluarga. Kita bisa bahu membahu bersama pasangan untuk menghasilkan pemasukan dan memenuhi kebutuhan hidup. Selagi kita masih sehat wal'afiat dan memiliki kesempatan, maksimalkan lah segala potensi untuk tetap berdaya. Bahkan saat sudah jadi ibu pun, kita masih bisa melakukan banyak hal. FYI 60% UMKM di Indonesia diinisiasi oleh para perempuan hebat yang juga ikut berperan dalam memajukan ekonomi makro Indonesia lho. 


Peran Perempuan dalam UMKM
(Courtesy: Twitter @aqualestari)




Dari webinar kemarin aku juga kenalan dengan AQUA Home Service yang merupakan salah satu program AQUA dalam mengajak ibu-ibu rumah tangga agar tetap berdaya dan menjadi duta kebaikan AQUA untuk lingkungan sekitarnya. Sederhananya, dengan bergabung menjadi bagian dari AQUA Home Service, kita bisa belajar mengelola bisnis sendiri, difasilitasi untuk mengembangkan diri, dan tentunya mendapatkan penghasilan tambahan untuk mendukung ekonomi keluarga alias cuan. C'mon, who doesn't need it? 




Manfaat AQUA Home Service
(Courtesy: Twitter @aqualestari)

Ilustrasi bisnis rumahan AQUA Home Service
(Courtesy: Twitter @aqualestari)

Pengetahuan berbisnis yang diperlukan perempuan agar dapat memulai usaha mikronya sendiri antara lain adalah pengelolaan keuangan, pelayanan konsumen, dan pemasaran. Semuanya dapat ditemui pada program AQUA Home Service yang diinisiasi oleh Danone-AQUA sejak 2008. Sejalan dengan prioritas Kemen PPPA untuk melibatkan lebih banyak lagi perempuan berwirausaha terutama di sektor mikro mengingat sebagian besar pelakunya adalah perempuan. Program AQUA Home Service memberdayakan perempuan dengan mengadakan kelas, sesi berbagi, dan pelatihan. 

Selain itu, perempuan juga akan mendapatkan edukasi beragam hal termasuk #BijakBerplastik yang menjadi komitmen AQUA untuk mengambil kembali plastik dari lingkungan dan mendukung sirkularitas plastik. Anggota AQUA Home Service pun diajak untuk menyebarkan pentingnya menjaga lingkungan, karena rencananya akan ada 1.000 agen yang mendapatkan edukasi #Bijakberplastik setiap tahunnya. Ada juga yang bersedia untuk menjadi collection point sampah kemasan botol PET. Jadi AQUA Home Service bukan sekedar bisnis kaleng-kaleng. Apalagi, brand image AQUA sendiri sudah sangat lekat di masyarakat Indonesia. Contohnya saja saat kita ingin membeli air dalam kemasan, seringnya menyebutkan AQUA kepada penjual. Padahal ada banyak merk yang terpajang di toko tersebut. Sebagai pioner pertama air minum dalam kemasan, produk ciptaan Bapak Alm. Tirto Utomo ini sudah memiliki kekuatan merk yang unggul. 


Keunggulan bergabung dengan AQUA Home Service
Keunggulan bergabung dengan AQUA Home Service
(Courtesy: AQUA)

Nah jika teman-teman mulai tertarik dan ingin bergabung menjadi agen AQUA Home Service ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar bisa resmi bergabung dan mendapatkan benefit yang ditawarkan. Syaratnya antara lain:

  • Pemukiman sekitar rumah mencapai 500KK
  • Memiliki alat komunikasi (ponsel) dan transportasi (untuk mengantar galon yang dipesan oleh customer)
  • Bangunan rumah permanen dengan lingkungan yang higienis dan mudah diakses karena pengantaran barang nanti menggunakan truk


Syarat bergabung dengan AQUA Home Service
Syarat bergabung dengan AQUA Home Service
(Courtesy: AQUA)


Jika syarat di atas sudah terpenuhi maka selanjutnya kita perlu menyiapkan modal awal sebesar 5 juta rupiah, sebagai gantinya kita akan mendapatkan paket galon plus isi ulang sebanyak 100 pcs. Lalu kita bisa mulai menjalankan usaha AQUA Home Service dan mendistribusikan produk AQUA ke lingkungan sekitar.


Modal awal AQUA Home Service
(Courtesy: AQUA)


Bonus tambahan AQUA Home Service
(Courtesy: AQUA)



Dengan modal awal sebesar 5 juta rupiah itu, kita juga akan mendapkan benefit seperti yang tercantum di atas, antara lain: 
  1. Shopblind yaitu layar toko atau papan tanda bermuatan promosi yang juga berguna sebagai pelindung dari sinar langsung matahari yang umumnya dipasang di toko-toko atau warung-warung.
  2. Ambalan atau alas untuk meletakkan galon agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai dan kebersihannya tetap terjaga.
  3. Rompi yang bisa dipakai saat melayani pelanggan dan menjadi identitas resmi AQUA Home Service
  4. Flyer A5 sebagai alat pormosi yang berisi informasi layanan dan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk memudahkan pelanggan
  5. Bonus lainnya seperti galon kosong, produk AQUA yang bisa dikonsumsi sendiri maupun dijual kembali.
Dalam webinar kemarin, hadir pula salah satu mitra AQUA Home Service yang sudah menjalankan usaha ini selama hampir 10 tahun. Namanya adalah Nani Heryani, pemilik bisnis “AHS Widya” yang berdiri sejak 2010 di Jakarta. 


Ibu Nani Heryani, Pemilik AHS Widya
(Courtesy: AQUA)




“Suami saya memang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, tapi saya menyadari bahwa dia tidak bisa bekerja selamanya,” ucap Nani ketika ditanya alasannya memulai bisnis sendiri. “Saya kurang sreg jika kami harus mengandalkan uang pensiunan suami saya sepenuhnya untuk hari tua nanti. Saya ingin membantu meringankan beban suami. Alhamdulillah, saya bertemu program AQUA Home Service. Dengan pembekalan dari AQUA serta dukungan sesama Ibu-Ibu AQUA Home Service, saya lebih paham cara mengelola bisnis. Sekarang saya ada 3 karyawan yang membantu untuk menangani 4.000 order setiap bulannya. Saya juga turut aktif membantu Ibu-Ibu AQUA Home Service baru jika mereka ada pertanyaan tentang bisnis mereka sendiri.”

AQUA Home Service, milik Ibu Nani Heryani
(Dokumentasi Istimewa)


Terinspirasi dari kisah Ibu Nani, akupun semakin mantap untuk memulai bisnis rumahan bersama AQUA Home Service. Harapannya, selain menambah penghasilan untuk tabungan, aku juga bisa memberikan inspirasi untuk perempuan khususnya ibu-ibu agar berani mengambil langkah dan ikut berkontribusi dalam menjaga kestabilan ekonomi keluarga. Karena aku percaya: every mom is a super mom. Jika ada yang tertarik juga, silakan langsung menghubungi nomor di bawah ini yah:

Info pendaftaran AQUA Home Service
Info pendaftaran AQUA Home Service
(Courtesy: AQUA)





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar