Aplikasi Primaku Bantu Pantau Tumbuh Kembang Anak Indonesia

By katatian - Desember 19, 2021

Aplikasi PrimaKu Bantu Pantau Tumbuh Kembang Anak Indonesia



Sudah cek tumbuh kembang anak bulan ini belum? Kalo belum, jangan lupa yah mom. Karena indikator tumbuh kembang itu sangat penting untuk memastikan anak kita tetap sehat. Aku biasanya memantau grafik pertumbuhan melalui aplikasi Primaku yang fiturnya lengkap banget. Isinya mirip sama buku pink sakti mandraguna yang jadi andalan para ibu. Semuanya komplit bahkan jadwal imunisasi hingga konsultasi real time bersama DSA pun ada. Ga heran sih karena aplikasi ini sudah diakui oleh IDAI jadi fiturnya dibuat selengkap mungkin untuk memudahkan para ibu.


Aplikasi yang dirilis oleh PT Cipta Medika Informasi (PrimaKu) terus mengoptimalkan fitur-fitur unggulan yang hadir di dalam aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan dan terlengkap di Indonesia. PrimaKu hadir dengan fitur-fitur unggulan, guna menjadi solusi utama bagi para orang tua di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anaknya agar menjadi generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

Data Profil Kesehatan Ibu dan Anak pada tahun 2020 mencatat tingkat prevalensi stunting pada anak balita Indonesia di tahun 2019 sebesar 27,67 persen. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah Indonesia menargetkan prevalensi stunting anak balita tahun 2024 sebesar 14,00 persen. Data yang sama mencatat persentase anak umur 12-23 bulan yang menerima imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 baru mencapai 57,17 persen. Melihat hal ini, PrimaKu yang didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, terus mengoptimalkan fitur-fitur di aplikasi guna membantu orang tua memantau tumbuh kembang anak dengan mudah dapat orang tua akses melalui smartphone.


Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) PrimaKu, memastikan PrimaKu akan terus mengembangkan berbagai layanan untuk semakin memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak. Dengan demikian, PrimaKu memberikan kemudahan dan kesempatan yang sama kepada setiap orang tua di seluruh Indonesia agar dapat memonitor pertumbuhan serta kesehatan anak secara berkala. “Sebagai aplikasi one stop solutions, PrimaKu akan terus meningkatkan fitur, memperluas informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan akses layanan terkait tumbuh kembang anak. Dengan dukungan penuh dari IDAI, PrimaKu dapat menjadi solusi utama bagi orang tua dan tentunya ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk mengatasi permasalahan stunting.” jelas Aditriya.


Keunggulan Aplikasi Primaku

PrimaKu memiliki 5 fitur unggulan yang memudahkan para orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anak. Kelima fitur tersebut antara lain:


  • grafik pertumbuhan dan perkembangan anak; fitur ini memungkinkan kita untuk memantau dan merekam data berat badan anak, tinggi badan hingga lingkar kepala dari bulan ke bulan
  • imunisasi; data yang disesuaikan dengan daftar imunisasi wajib dan rekomendasi dari IDAI sehingga orang tua tidak bingung lagi mengenai jadwal imunisasi anak
  • konsultasi; layanan konsultasi real time bersama dokter anak yang terpercaya dengan biaya layanan mulai dari 75 ribu rupiah
  • komunitas; fitur untuk saling terkoneksi dengan sesama pengguna PrimaKu dimana para user bisa saling ngobrol sesuai dengan topik yang sedang diperbincangkan
  • rekam medis; fitur untuk merekam data kesehatan anak kita sehingga kondisi kesehatan dapat terarsip dengan rapi dalam format digital
Ada lima fitur utama dalam aplikasi PrimaKu


Dalam fitur pertumbuhan dan perkembangan, orang tua memasukkan data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sehingga mereka mengetahui apakah ketiganya sesuai atau tidak dengan usia serta jenis kelaminnya. Data pertumbuhan tersebut akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah dipahami orang tua. Terkait perkembangan, orangtua dapat memonitor perkembangan anak dari segi motoric dan sensoric yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak.

Untuk fitur lainnya yang tidak kalah penting, PrimaKu menghadirkan fitur imunisasi dimana terdapat jadwal imunisasi IDAI 2020 disertai dengan reminder sehingga membantu orang tua menjalankan kegiatan tersebut tepat waktu. Pada fitur konsultasi, orang tua dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dengan mudah yang tergabung dalam IDAI, secara online melalui telepon, video call hingga chat. Untuk fitur komunitas, orang tua dapat berbagi pengalaman dengan sesama mengenai pertumbuhan anak mereka.

 

Webinar Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu

Pada hari Kamis kemarin aku juga berkesempatan mengikuti webinar yang sangat inspiratif. Yap, PrimaKu aktif melakukan edukasi untuk masyarakat melalui kanal Instagramnya @official.primaku yang berisi seputar tumbuh kembang anak. Selain itu PrimaKu juga menyelenggarakan acara Webinar bertemakan Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada orang tua baru dalam memantau perkembangan anak membahas secara menyeluruh tentang pentingnya memantau tumbuh kembang anak secara daring pada Kamis (16/12). Narasumber pada acara ini adalah dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes.


 

Webinar Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu


dr. Miza menjelaskan pentingnya kemudahan layanan dalam memantau sekaligus memperoleh informasi yang komprehensif demi menjaga tumbuh kembang anak sejak lahir bagi orang tua, terutama di masa pandemi Covid-19. Pada periode ini, orang tua memerlukan perhatian yang ekstra agar Kesehatan pertumbuhan anak tetap terjaga. Dengan terpenuhinya kedua aspek tersebut, mereka akan lebih aktif dalam memonitor dan menjaga pertumbuhan buah hati sehingga terhindar dari masalah kesehatan. Anak sehat bukan berarti anak yang tidak sakit, tapi ada tiga komponen yanga harus diperhatikan moms. Pertama, pastikan anak bertumbuh. Lalu ada perkembangan. Kemudian jaga agar anak tidak sakit. “Orang tua perlu untuk memperoleh pengetahuan dan informasi holistik mengenai tumbuh kembang anak yang sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). PrimaKu merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam memantau tumbuh kembang anak karena aplikasi ini didukung penuh oleh IDAI,” kata dr. Miza dalam keterangan resminya.


dr. Miza mengatakan aplikasi PrimaKu telah memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak. Dengan selalu memperhatikan rekam medis, melaksanakan imunisasi secara berkala, dan melakukan konsultasi apabila dibutuhkan, dr. Miza yakin anak-anak akan terhindar dari masalah kesehatan. Ketiga hal tersebut tentunya juga harus didukung asupan bergizi, seperti ASI eksklusif pada 6 bulan awal dan bisa dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun, serta memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi nutrisi yang seimbang, dan aktivitas fisik yang sesuai dengan usianya. "Kehadiran PrimaKu, yang merupakan produk inovasi hasil dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan anak, semakin memudahkan bagi orang tua sehingga diharapkan menjadi pilihan utama mereka dalam memantau tumbuh kembang anak. Aplikasi ini juga memudahkan kami para dokter anak dalam menjalan praktek sehari-hari, terutama bagi pasien yang datang dengan menunjukkan data anaknya langsung dari aplikasi ini. Dengan semakin mudahnya layanan dan informasi yang diperoleh orang tua, potensi anak mereka mengalami masalah kesehatan akan sangat kecil,” ungkap dr. Miza.


Memantau pertumbuhan anak bisa semakin praktis menggunakan aplikasi PrimaKu


Aplikasi Primaku bisa langsung Moms download di Playstore yah dan rasakan sendiri manfaatnya memantau tumbuh kembang anak secara real time menggunakan aplikasi ini. Semoga anak kita tumbuh sehat dan bahagia selalu ya Moms!





  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. bagus ya aplikasinya, memudahkan banget para ortu untuk memantau tumbang anak2, one stop solution pokoknya

    BalasHapus