Masak Praktis dengan House Kari ala Jepang Halal

By katatian - Januari 30, 2022

Genki desu ka! (元気ですか)

Mendengar kata Jepang, langsung terbayang akan indahnya pemandangan Gunung Fuji dan serunya bermain di Universal Studio. Jepang memang merupakan salah satu negara yang paling ingin kukunjungi. Apalagi sebagai penggemar anime Jepang macam Doraemon, Detective Conan dan Cardcaptor Sakura, aku bermimpi melihat langsung tempat-tempat yang hanya bisa kunikmati dari film kartun.

 

Tidak hanya itu, Jepang juga memiliki magnet kuat dari ragam kulinernya yang lezat. Sebut saja Sushi, Ramen, Takoyaki hingga Kari ala Jepang ngga pernah gagal menggugah selera. Beruntungnya, sajian tersebut sudah cukup mudah ditemukan di restoran Jepang yang hadir di Indonesia sehingga kita bisa menikmatinya tanpa harus jauh-jauh terbang ke Negeri Sakura. Di antara sekian banyak ragam kuliner Jepang, favoritku adalah Nasi Kari. Terbayang dong aroma rempah dan gurihnya bumbu kari beradu dengan daging dan potongan kentang plus wortel di atas nasi hangat? Duh langsung laper deh. Tapi jujur saja aku belum pernah berhasil memasak sendiri Kari Ala Jepang di rumah. Karena bumbunya yang cukup kompleks dan proses masaknya yang juga cukup panjang, seringnya aku menyerah dan pesan jadi saja haha.

Nah pada tanggal 22 Januari lalu, aku diundang untuk menghadiri acara “House of Heritage” yang diadakan oleh PT House And Vox Indonesia. Acara yang dihadiri teman-teman Blogger dan Influencer ini juga sekaligus perkenalan bumbu kari jepang serbaguna yaitu House Kari ala Jepang. Ada yang sudah pernah dengar atau bahkan mencobanya? Kalau belum, yuk kita kenalan!



OPENING EVENT OLEH ORANG JEPANG ASLI! PERWAKILAN HOUSE FOODS

Senang sekali rasanya bisa hadir dan bertemu langsung dengan Tetsufumi Koda, Direktur PT House And Vox Indonesia. Dia bercerita bahwa House Foods telah mengubah budaya makanan secara revolusioner dengan berbagai cara sejak lahirnya menu kari di Jepang. House Foods sendiri adalah perusahaan produsen makanan ternama yang menguasai pangsa pasar penjualan Kari Jepang di Jepang hingga akhirnya House Foods menghadirkan kari jepang halal ke Indonesia pada tahun 2016 melalui PT House & Vox Indonesia.

 

Tetsufumi Koda, Direktur PT House And Vox Indonesia


 

APA ITU HOUSE KARI ALA JEPANG?

Kita tentu tahu yah ada berbagai jenis Kari, bahkan Indonesia juga punya varian Kari bersantan yang berbeda dengan negara lain. Nah kari ala Jepang biasanya dibuat menggunakan roux kari. Roux adalah campuran tepung, lemak dan minyak, campuran rempah-rempah, bumbu,  yang dipanaskan secara menyeluruh, kemudian didinginkan hingga padat, dan dijual oleh berbagai perusahaan makanan di Jepang.


House Kari Ala Jepang bumbu kari praktis dan halal



Roux kari mengandung aroma lezat yang tercipta dari tepung terigu yang ditumis di wajan serta aroma rempah yang dipanaskan dalam suhu yang sesuai sehingga tercipta aroma yang kaya cita rasa yang bisa menciptakan aroma yang harmonis serta kekentalan saus yang sesuai. House Kari ala Jepang adalah Kari Jepang Roux Pertama di Indonesia dengan sertifikasi Halal MUI sejak tahun 2016.


MASAK KARI SENDIRI, SIAPA TAKUT? KAN ADA HOUSE KARI ALA JEPANG

Saat acara House of Heritage berlangsung, para undangan juga berkesempatan cooking demo menggunakan roux House Kari ala Jepang. Sesi ini dipandu oleh Chef Thedorus Setyo di area dapur Almond Zucchini yang super komplit. Kita ditantang untuk menduplikasi resep ala Chef Theo hanya dalam waktu 20 menit. Awalnya aku sih pesimis, memangnya bisa yah masak kari ala Jepang sesingkat itu? Ternyata oh ternyata memang bisa lho. Meskipun dag dig dug serr dan super panik karena in a rush, aku dan partnerku (Mba Ria Andhika) berhasil juga menyajikan masakan cantik ala-ala Master Chef. Semua berkat praktisnya roux House Kari ala Jepang. Soal rasa, duh ngga usah diragukan lagi deh. Bukan karena kami jago masak, tapi karena memang roux karinya tuh udah paten lezatnya!


Challenge memasak kari Jepang bersama Chef Theo



Hasil masak kari Jepang bersama partnerku, Mba Ria Andhika



CARA PENYAJIAN HOUSE KARI ALA JEPANG

Kini, masak kari ala Jepang tak perlu repot lagi dong. Cukup menggunakan roux dari House Kari ala Jepang yang tersedia dalam dua varian yaitu original (box hitam) dan spicy (box coklat). Ukurannya pun beragam, mulai dari 300gr (untuk 16 porsi) dan 935gr (untuk 50 porsi).

Cara memasak House Kari ala Jepang juga sangat simple. Cukup dengan menumis bahan-bahan pelengkap Kari seperti  wortel, kentang dan bwang Bombay. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Lalu potong roux kari sesuai selera dan biarkan larut dalam air (kondisi api kompor dimatikan). Kemudian nyalakan api Kembali dan aduk hingga mengental. Tadaaaaa, kari ala Jepangnya siap berpindah ke dalam perut niih. Tampilannya sengaja kita percantik karena dilombakan juga saat acara. Meskipun belum menang tapi aku tetap Bahagia karena bisa merasakan pengalaman memasak yang seru.


Kreasi Steak Kari ala Jepang  dengan platting super cantik


Gimana, mudah bukan menyajikan kari ala Jepang? Blok kari sudah memiliki rasa gurih yang menurutku pas di lidah orang Indonesia. Kita tidak perlu lagi menambahkan garam atau penyedap rasa lainnya. Cita rasa kari yang enak dan mild, tekstur kuah kental yang dihasilkan juga tidak mengandung santan, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Yang paling penting untuk masyarakat Indonesia kususnya teman-teman muslim, House Kari ala Jepang sudah memagang sertifikasi halal MUI. Karena di Indonesia masih banyak pula produk makanan Jepang yang impor dan belum diketagorikan halal karena mengandung babi atau arak beralkohol.

Informasi lebih lanjut tentang produknya bisa kunjungi di https://www.housefoods.com/japanese-curry/id/ atau social media mereka di @dapurkarialajepang yah. Pooduknya juga sudah tersedia di di berbagai Supermarket atau E-Commerce Indonesia. Selamat mencoba!


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar