Mengenal Lebih Dekat Musik Koplo dalam Ajang Koplo Superstar di ANTV

By katatian - Agustus 07, 2022

Entah siapa yang pertama kali memunculkan aliran musik koplo. Hal yang penting bahwa alasan pemberian nama koplo didasarkan atas proses yang berkembang di masyarakat. Bagaimana masyarakat menilai bahwa musik ini terlalu asyik untuk dinikmati sehingga pendengarnya merasuk ke dalamnya dan menggila dengan gerakan yang tak terkontrol. Dangdut koplo sendiri merupakan musik dangdut modern yang dimainkan grup musik dangdut atau yang sering disebut dengan OM (Orkes Melayu) di atas sebuah panggung dengan biduanita yang memiliki suara dan goyangan “maut”. Namun terkadang goyangan dan liriknya mengarah pada konotasi sensualitas dan erotis dipadu dengan busana yang minim, hingga goyangan mengalahkan kualitas suara.

Tidak hanya perubahan dalam hal musik, koplo juga merubah dangdut yang sebelumnya terlihat sopan dan anggun, menjadi dangdut yang enerjik, semangat berlebih, dan cenderung mengarah pada hura-hura. Tidak hanya itu, lirik dangdut koplo juga terkadang memberikan ajakan dan ejekan. Dangdut koplo juga terkesan kasar dan tidak bermoral, karena beberapa biduannya memberikan penampilan di luar batas kesopanan berdasarkan adat dan agama. Contohnya berdandan menor dengan pakaian yang ketat dan seksi. 

Seiring dengan perkembangan zaman terlebih lagi hitsnya sosial media Tiktok, ikut mempopulerkan Koplo. Kini musik tersebut tidak lagi identik dengan goyangan biduan saja, tapi juga bisa dinikmati anak muda dengan format gerakan yang lebih beragam dan enerjik. Bahkan banyak musik-musik populer mancanegara yang kemudian semakin melejit popularitasnya ketika diremix menjadi Koplo. Untuk itulah, ANTV dan Rans Entertainment melihat besarnya animo masyarakat terhadap musik ini dan berinisiasi untuk membuat program musik Koplo Superstar ANTV.




“Rans sangat senang bekerjasama dengan ANTV dalam program music KOPLO SUPERSTAR ANTV. Apapun jenis musiknya bisa dimasukkan ornament koplo, mulai pop, dangdut, melayu klasik dan irama music lainnya. Dan music koplo bisa diterima semua kalangan termasuk anak muda,” jelas Raffi Ahmad saat aku berkesempatan door stop di lokasi shooting Koplo Superstar. Raffi menyebut Denny Cak Nan, Happy Asmara, Ndarboys adalah beberapa penyanyi koplo yang sangat disuka anak-anak jaman sekarang. Dalam audisi ini, selain suara pastinya juga ciri khas yang ditampilkan dari penyanyi  bersangkutan.


Ruang tunggu giliran audisi Koplo Superstar di Jakarta


Adapun audisi online dimulai 23 Mei 2022 hingga 16 Juli 2022. Persyaratan pendaftaran: berusia minimal 15 tahun, berpenampilan menarik atau unik, memiliki kemampuan vokal yang bagus dan goyang andalan, wajib memiliki akun sosial media Instagram atau Tiktok dan tidak di private, tidak sedang terikat dengan perusahaan rekaman atau manajemen artis dan sudah di vaksin minimal dua kali.


Beberapa peserta yang berpakaian unik saat audisi di Jakarta


Khusus pendaftaran online, peserta diwajibkan membuat 2 video cover menyanyi dengan 2 judul berbeda dan bernada koplo, lalu unggah di Instagram Feed atau Tiktok atau keduanya, dengan deskripsi: JUDUL LAGU #KOPLOSUPERSTAR(spasi)NAMA(spasi)ASAL KOTA. Kota pertama audisi offline yaitu Surabaya di Kaza Mall (25 Mei 2022) dihadiri oleh Raffi Ahmad. Kemudian kota kedua audisi offline yaitu Yogyakarta di Sleman City Hall (2 Juni 2022) dihadiri oleh Denada. Dilanjutkan kota ketiga dan terakhir audisi offline yaitu Bandung di Miko Mall Kopo (16 Juli 2022) dihadiri oleh Iyeth Bustami yang juga didaulat sebagai juri.


Foto bersama salah satu juri Koplo superstar: Marshel Widianto


Tidak hanya juri yang profesional, namun pembawa acara Koplo Superstar juga dihandle langsung oleh Raffi Ahmad turut hadir pula Rina Nose, Wika Salim & Marshel Widianto. Penayangan perdana acara ini rencananya di  bulan Agustus 2022 untuk audisi 100 besar dan  akan terpilih 20 peserta yang akan bersaing menjadi Koplo Superstar. Para peserta yang telah terpilih sebagai finalis akan menghadapi para juri yaitu Pasha Ungu, Iyeth Bustami, Denada, dan Thomas Djorghi.


Suasana shooting saat penjurian di episode perdana Koplo Superstar

Info lengkap mengenai Koplo Superstar dapat dilihat di akun instagram ANTV @antv_official jadi gimana, sudah siap dukung superstar Koplo favorit kamu? Jangan lupa ditonton ya...


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar