Cegah Ruam Popok dan Rawat Kulit Bayi Sejak Dini Dengan Mustela

By katatian - Februari 19, 2024

 


Ungkapan kasih sayang atau bahasa kerennya love language bisa ditunjukkan dalam berbagai cara. Bahasa cintaku ke anakku adalah dengan memberikan perhatian dan merawatnya sepenuh hati. Ngga papa wes, akunya mbambong, belum mandi dan bau susu yang penting anakku sudah kenyang, bersih dan ciumable. Paham sendiri kan ya bund, gemoynya bayi setelah mandi itu tiada duanya. Bahkan pesona bapaknya aja lewaaaat, kalah ganteng!


Nah tapi dalam merawat bayi tentu tidak melulu indah dan gemoynya saja. Tapi juga dibarengi dengan perasaan gelisah, bingung bahkan senewen. Kadang hal ini terjadi ketika bayi menangis dan tidak nyaman. Aku sebagai ibu juga ikutan tantrum dan gundah. Apalagi kalo nangisnya tuh berulang-ulang dan terjadi di malam hari. Walaupun suami sudah berusaha siaga dan gantian menggendong tapi tetap saja aku tuh ngga bisa tidur dan paginya jadi ikut uring-uringan. 


Salah satu penyebab bayi rewel adalah ruam popok, apalagi pada bayi newborn yang memang frekuensi BAK dan BAB-nya cukup sering. Aku ingat di bulan-bulan pertama anakku lahir, aku pernah ketiduran dan lupa mengganti popok tengah malam. Paginya, kulit anakku sudah merah-merah dan ia pun menangis karena tidak  nyaman.


Wajar lah yah jika kulit anak rentan terkena ruam karena memang newborn memiliki kulit yang sensitif. So, jika tidak dirawat dengan baik akan membuatnya kering dan kemerahan. Aku sudah coba beberapa rash cream untuk meredakan ruamnya, namun belum ada yang benar-benar ampuh hingga akhirnya aku temukan rangkaian produk Mustela.


Perkenalanku dengan Mustela berawal dari sebuah talkshow di acara MB Fair berlokasi di Kota Kasablanka pada tanggal 2 Februari lalu dengan tema “Tips Cegah dan Atasi Ruam Popok Serta Biang Keringat Si Kecil" yang dihadiri oleh dr. Dia Febrina, Sp.KK selaku dokter spesialis kulit. Kebetulan banget, tema ini berkaitan dengan kondisi yang anakku alami.








Fakta Kulit Bayi


Dokter Dia menjelaskan bahwa semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi. Lalu Dokter Dia juga menjelaskan betapa pentingnya menjaga stem cell (sel punca). Sel punca (stem cell) adalah sel yang menjadi awal mula dari pertumbuhan sel lain yang menyusun keseluruhan tubuh organisme, termasuk manusia. Stem cell ini memiliki karakteristik belum berdiferensiasi, mampu memperbanyak diri sendiri, dan dapat berdiferensiasi menjadi lebih dari satu jenis sel sesuai dengan lingkungan.  Kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca) yang bermanfaat untuk regenerasi kulit Si Kecil. Sayangnya, stem cell ini mudah hilang, oleh karena itu penting sekali melindungi kulit bayi ini dengan kandungan yang tepat. Padahal stem cell ini bermanfaat untuk regenerasi kulitnya di masa mendatang. Oleh karena itu, penting sekali melindungi kulit bayi kita.



Mengenal Mustela

Salah satu yang dapat membantu untuk melindungi kulit bayi adalah penggunaan produk perawatan kulit yang tepat. Berdasarkan kesimpulan dari talkshow tersebut,  aku akhirnya mencoba Mustela untuk merawat area nappy babyku. Mustela merupakan brand skincare ibu dan bayi yang sudah menemani sejak tahun 1950, melalui pengalamannya, Mustela melakukan penelitian untuk umur 0-2 tahun dan menghasilkan: E.V.E.I.L.S : EValuation of the Early Infant Life the Skin. Brand ini juga sudah cukup populer di forum ibu-ibu maupun ulasan di media parenting. Beberapa temanku juga pernah sharing pengalaman menggunakan Mustela untuk kondisi kulit anak yang dermatitis atopik. 

Mustela diperkaya dengan kandungan Avocado Perseose dan sudah dipatenkan oleh Mustela® sehingga tidak ada di dalam produk baby skincare lainnya. Avocado Perseose memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell kulit bayi.

Avocado Perseose memiliki tiga manfaat:

• Melindungi dan menguatkan kulit bayi

• Melembabkan kulit bayi yang cenderung kering

• Menjaga kekayaan stem cell (sel punca) agar regenerasi kulitnya tetap terjaga hingga dewasa




Lalu apa yang terjadi jika kulit bayi tidak dirawat? Nah ini akan meningkatkan resiko ruam popok dan biang keringat. Ruam popok tergolong umum terjadi pada bayi. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bercak kemerahan, kulit kering, melepuh, serta luka lecet pada bokong, paha, maupun alat kelamin bayi. Meski bukan termasuk kondisi yang berbahaya, ruam popok bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Sementara itu, biang keringat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati yang menyumbat kelenjar keringat. Ini sering terjadi pada bayi usia 1 bulan yang belum bisa banyak bergerak. Biang keringat bisa terjadi pada 6 bulan pertama setelah bayi lahir. Bayi-bayi di Indonesia rentan mengalaminya karena tinggal di negara tropis dengan kelembaban tinggi. Biang keringat banyak ditemui di daerah lipatan kulit seperti leher, ketiak, punggung dan bagian kulit yang tertutup baju. Cara mencegahnya? Usahakan bayi tidak terlalu sering kepanasan. 

Nah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah ruam popok adalah dengan metode ABCDE yaitu:

  • A (Air) : Pastikan area yang terkena popok mendapatkan udara sesering mungkin

  • B (Barrier) : Gunakan barrier cream di area nappy dengan mengoleskan pada area nappy setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih dan kering, oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy

  • C (Cleansing Water) : Bersihkan menggunakan cairan pembersih yang sudah teruji klinis

  • D (Dry Diaper) : Ganti popok sesering mungkin, minimal 2-3 jam sekali

  • E (Education) : Edukasi mengenai merawat area nappy Si Kecil, misalkan mencuci tangan sebelum ganti popok






Setelah mengikuti talk show dr. Dia aku jadi tertarik mencoba produk Mustela untuk merawat kulit anakku dan memilih  3 produk yaitu Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream dan Mustela Cicastela Moisture Cream. Berikut reviewnya yah


Mustela No Rinse Cleansing Water

Produk ini berfungsi untuk membersihkan area nappy dengan formula no rinse (tanpa dibilas) dan wangi khas Mustela. Tidak hanya area nappy tapi Mustela No Rinse Cleansing Water juga bisa digunakan untuk  area wajah dan badan. Fungsinya dapat melembutkan & melindungi kulit bayi. Selain itu juga mampu membersihkan kotoran dengan deep cleansing seperti halnya micelar water pada orang dewasa, tanpa merusak keseimbangan alami lapisan kulit.


Teksturnya cair seperti air dan tidak lengket di kulit. Cara penggunaannya cukup dituang ke kapas atau washcloth lalu diusapkan ke area yang ingin dibersihkan. Setelah memakai ini, aku jadi sering ndusel-ndusel bayiku karena aromanya lembut dan menyegarkan. Dikemas dalam botol pump ukuran 300ml dengan fitur child lock sehingga aman dan cocok untuk dibawa kemana-mana.


Mustela Barrier Cream 

Produk ini untuk melindungi area nappy dari ruam popok, menjaga sel punca baby dan melembabkan kulit. Krim ruam popok yang wajib digunakan setiap kali mengganti popok untuk mencegah dan mengatasi ruam popok

Memiliki 3 bahan alami utama, yang hanya dimiliki oleh Mustela, ditambah dengan Zinc Oxide. Detail kandungannya:

• Avocado Perseose: menguatkan kulit Si Kecil yang masih rapuh

• Oxeoline of Alcacea: untuk menenangkan kulit yang kemerahan

• Sunflower Oil Distillate: untuk memperbaiki lapisan pelindung (barrier) kulit yang rusak

Dikemas dalam tube berukuran 50 ml dengan tutup flip top yang mudah dibuka tutup dengan satu tangan. Tekstur krimnya tebal, sehingga tidak mudah hilang oleh urin dan feses.  Aman dipakai untuk bayi baru lahir dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Bebas alkohol, paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya serta sudah hipoalergenik, teruji klinis dan dermatologis. Fragrance-free dan non perfume. 

Cara menggunakan Mustela Barrier Cream di area nappy cukup dengan mengoleskannya setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih dan kering. Moms bisa mengoleskan krimnya hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif melindungi area nappy.


Mustela Cicastela Moisture Cream 

Mustela Cicastela® Moisture Cream adalah krim untuk memperbaiki, melembapkan, dan menenangkan ketidaknyamanan pada kulit bayi dan anak. Ideal digunakan sehari-hari di bagian kulit yang iritasi, bahkan untuk bayi baru lahir. Bisa juga untuk Terdiri dari 91% kombinasi bahan alami dan organic yang aman digunakan sejak bayi baru lahir dan aman untuk semua jenis kulit. Bebas SLS, paraben, alkohol, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sudah teruji klinis, dermatologis dan hipoalergenik dan berdasarkan riset, 98% parents setuju membantu memperbaiki ketidaknyamanan kulit secara efektif. 


Mustela Cicastela Moisture Cream mengandung bahan berikut:

• Avocado Perseose : melindungi dan menguatkan lapisan pelindung kulit

• Hyaluronic Acid: Membantu memperbaiki kulit dengan memberikan kelembapan ke kulit

• Panthenol: Kelembapan untuk menenangkan ketidaknyamanan kulit dengan segera


Mustela Cicastela Moisture Cream dikemas dalam tube ramping berukuran 40ml dengan tutup ulir dan mudah diselipkan di diapers bag saat bepergian. Ini salah satu produk andalanku karena cocok untuk semua keluarga dan jadi pertolongan pertama saat terkena gigitan serangga, biang keringat, iritasi hingga mengurangi bekas luka cacar.


Untuk harga produk, parents bisa langsung cek di offline store seperti baby store terkemuka (reseller resmi Mustela) maupun online melalui e-commerce di official shop Mustela). Ikuti juga akun Instagram official di @mustela yaa untuk memantau promo maupun edukasi yang bermanfaat untuk menjaga kulit anak kita. 



  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Kulit itu kan bagian terluar dari tubuh kita ya. Bayi belum punya cukup kemampuan buat melindungi kulitnya sendiri. Makanya, peran ibu penting banget buat jaga kesehatan kulit si bayi. Pengennya, kulit bayi itu selalu lembut dan bebas iritasi. Ada Mustela, urusan jaga kulit bayi jadi lebih mudah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba, apalagi babyku termasuk yang sensitif kulitnya jadi memang harus extra care

      Hapus
  2. produk produk dari mustela ini memang bagus banget untuk merawat dan menjaga stem cell kulit bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru tau lho mba kalo menjaga stem cell itu penting

      Hapus
  3. Mustela emang bagus produknya., worth it to buy. Sejak anak bayi aku selalu pake Mustela, buat mencegah ruam popok, soalnya aku ga ada ART, jadi mau ga mau bayi-bayiku harus pake pospak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada harga ada kualitas ya mba.. makanya brand ini juga jadi favorit ibu-ibu

      Hapus
  4. Skincare bayi itu memang mahal secara harga, tapi bermanfaat banget buat kesehatan kulitnya. Punya Mustela udah andalan banget deh.

    BalasHapus
  5. Almer juga sejak pakai mustela sudah tidak kena ruam popok lagi krena setiap hari saya pakaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semoga sehat selalu ya Almer dan ngga ruam popok lagi

      Hapus
  6. Mustela Cicastela ini jg jd krim andalan aku buat ngatasin biang keringat yg dialamin anakku❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba, aku kemana-mana tuh bawa cicastela karena kulit anakku cukup sensitif

      Hapus