5 Teknologi Digital Untuk Mendukung Sistem Edukasi

By katatian - Juli 11, 2024


Teknologi pendidikan bukan hanya solusi sementara selama pandemi COVID-19. Kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada pembelajaran jarak jauh. Tapi ada tren menarik yang muncul di tahun 2023. Berdasarkan  survei oleh Education Weekly, teknologi pendidikan atau edutech ternyata bukan tindakan sementara. Banyak manfaat positif salah satunya adalah membuat belajar lebih mudah diakses. Serta tentu saja efisiensi budget. Ini adalah benefit untuk penyedia pendidikan dan peserta didik. 


Dan berbicara tentang kemenangan, pasar e-learning global berada pada lintasan yang luar biasa. Diproyeksikan melebihi $ 457,8 miliar pada tahun 2026! Ini memperjelas bahwa tren teknologi pendidikan akan melonjak lebih tinggi. Tertarik mencari tahun apa saja tren teknologi yang mendukung sistem edukasi? Baca artikel sampai selesai ya.  Saatnya merangkul masa depan pendidikan! Siap? Ayo!


  1. Kecerdasan Buatan Mengubah Dinamika Pendidikan Selamanya!

Munculnya Artificial Intelligence (AI) seperti game-changer abad ke-21! Ini benar-benar mengubah setiap aspek kehidupan kita, dan pendidikan tidak terkecuali! Popularitas Chat GPT sudah cukup untuk membuktikan fakta ini. Tapi tunggu, masih ada lagi! AI membawa pendidikan ke tingkat yang sama sekali baru. Ada sistem bimbingan belajar yang menciptakan pengalaman belajar yang dipersonalisasi bagi siswa, tidak peduli usia atau tingkat keterampilan mereka.



  1. Mobile Learning Akan Tetap Ada

Pembelajaran jarak jauh adalah tren paling menonjol dalam teknologi pendidikan sejak Covid-19! Bahkan sebelum pandemi, ada revolusi yang terjadi dalam pembelajaran online, dengan kursus terbuka online besar-besaran (MOOCs) menjadi sangat populer. Sekarang, dengan sekolah dan universitas yang bisa ditempuh daring, ini seperti permainan bola yang sama sekali baru!


  1. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk Pendidikan Imersif

Dunia virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dalam pendidikan sangat menarik. Mereka seperti teknologi extended reality (XR) super keren yang menjadi masalah besar di sekolah. Jadi, mereka berada di urutan teratas daftar tren dalam teknologi pendidikan. Dengan VR, kita benar-benar dapat melangkah ke dunia yang sama sekali baru! Ini seperti perjalanan waktu, mengalami sejarah secara langsung, atau pelatihan untuk tugas-tugas rumit di lingkungan yang berbahaya. Itu sebabnya ruang kelas virtual layak hype, membuat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih baik





  1. Saatnya Meningkatkan Antusiasme dengan Gamification

Simulasi dan gamifikasi juga semacam tren teknologi "viral" dalam pendidikan. Pada dasarnya, teknologi ini membuat belajar menjadi kegiatan yang menarik dan antusias. Dengan menambahkan elemen permainan yang menyenangkan ke dalam prosesnya. Bayangkan bermain game edukasi di perangkat Anda — seperti petualangan belajar digital, jauh lebih cepat dan lebih menarik daripada hanya membaca teks lama biasa yang membosankan.


  1. Komputasi Cloud untuk Manajemen Data yang Lebih Baik

Cloud computing menjadi berita utama di setiap industri. Mengapa? Sederhananya, ini membantu orang mengakses dan menyimpan data jauh lebih baik. Ketika datang ke sektor pendidikan, ini adalah penyelamat bagi guru dan siswa. Tetapi lebih dari itu, ini adalah berkah bagi mereka yang tidak mampu membeli buku mahal karena mereka dapat dengan mudah mengakses buku berbasis cloud dari mana saja.


Selama dekade terakhir, teknologi pendidikan telah membuat langkah luar biasa, merevolusi ruang kelas, kurikulum, dan metode pengajaran. Setelah melihat tren di atas, kita dapat berasumsi bahwa pada tahun ke tahun,  teknologi akan memiliki dampak yang lebih besar pada pendidikan.


Apakah Anda siap untuk menjadi bagian dari inovasi ini? Apakah Anda siap untuk membuat pengajaran dan pembelajaran maju? Jika ya, maka inilah saatnya untuk berkolaborasi dengan pakar teknologi untuk mewujudkan visi Anda. 





Copy The Master source:

From here



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar