Menjalani Gaya Hidup Halal Dengan Dukungan Layanan Perbankan Syariah di Indonesia

By katatian - Juni 24, 2024



Salah satu privilege tinggal di Indonesia adalah kemudahan kita sebagai muslim untuk menjalani hari-hari dengan tenang. Suara adzan berkumandang lantang, masjid ada di mana-mana, tersedia aneka makanan halal dan masih banyak lagi yang membuatku bersyukur. Apalagi kini juga kian marak seruan untuk menerapkan halal lifestyle. Perintah tentang halal banyak disampaikan dalam ayat Al-Qur’an salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 168 yang berbunyi:


Latin: Yā ayyuhan-nāsu kulū mimmā fil-arḍi ḥalālan ṭayyibā(n), wa lā tattabi'ū khuṭuwātisy-syaiṭān(i), innahū lakum 'aduwwum mubīn(un).


Artinya: "Wahai manusia, makanlah sebagian (makanan) di bumi yang halal lagi baik dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya ia bagimu merupakan musuh yang nyata."




Kata halal umumnya dikaitkan dengan apa yang kita makan dan minum. Namun seiring dengan berkembangnya pemahaman dan juga kemajuan zaman, perihal halal ini juga menyangkut apapun yang kita pakai, menempel di kulit, zat yang masuk ke tubuh kita bahkan semua aktivitas yang kita jalani sehari-hari. Sehingga istilah halal lifestyle pun mulai digaungkan tidak hanya di negara mayoritas muslim namun Internasional. Adapun value dari halal lifestyle sendiri, mencakup enam point yaitu:

  1. Tauhid

Tauhid adalah percaya akan keesaan Allah tanpa mempersekutukan dengan apapun. Elemen ini adalah elemen terpenting dalam halal lifestyle. Hal ini dikarenakan halal lifestyle sendiri berasal dari syariat yang diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah. Syariah sendiri merupakan acuan dalam menentukan apakah sesuatu atau kegiatan tersebut sesuai dengan Halal Lifestyle atau tidak. Bagi seorang Muslim, unsur tauhid ini adalah unsur yang tidak dapat dilepaskan dalam keadaan apapun.


  1. Adil

Dalam kaitannya dengan manusia, keadilan (justice) perlu ditegakkan, jika tidak maka akan menimbulkan kekacauan. Bisa dibayangkan bagaimana jika tidak ada rasa keadilan maka semua manusia bisa sengsara. Jadi Halal Lifestyle hadir dengan unsur keadilan dan pemegang Halal Lifestyle wajib menyatakan keadilan kepada setiap orang, termasuk dirinya sendiri. Sehingga keadilan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan rasa aman kepada masyarakat.


  1. Ekonomis 

Boros bukanlah hal yang baik karena menyia-nyiakan harta adalah sesuatu yang merugikan. Bahkan sekarang kita mengenal istilah baru, yaitu FOMO (Fear of Missing Out), di mana seseorang akan merasa ditinggalkan jika tidak memiliki sesuatu, ini hanya untuk mempertahankan hubungan sosial tertentu. Ekonomis dalam Gaya Hidup Halal bukan berarti kita tidak bisa memiliki barang yang trendy atau mengikuti apa yang teman-teman kita miliki dan semacamnya. Namun, Halal Lifestyle mengajak kita untuk lebih sadar akan apa yang kita butuhkan dan bersyukur atas apa yang kita butuhkan


  1. Sehat

Mencegah kejahatan lebih disukai daripada berbuat baik, pepatah ini sejalan dengan mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah yang ditekankan kepada kita sejak kecil. Selain mengandung unsur-unsur di atas, nilai halal juga mengandung unsur sehat atau healthy values. Dimana Halal Lifestyle mengajak kita untuk memperhatikan kesehatan mulai dari makanan dan minuman, kehidupan sehari-hari, lingkungan dan tindakan pencegahan lainnya. Hal ini karena Halal Lifestyle percaya bahwa tubuh yang sehat jauh lebih baik daripada tubuh yang sakit sekalipun


  1. Ramah Lingkungan

Kerusakan lingkungan dapat terjadi akibat penebangan pohon yang tidak terkendali sehingga pada musim kemarau aliran sungai akan surut dan pada musim hujan akan terjadi banjir. Gaya Hidup Halal yang mengandung unsur Ramah Lingkungan tidak hanya berlaku untuk individu, tetapi dapat diterapkan dalam skala besar seperti perusahaan. Perusahaan kayu yang menerapkan Nilai Halal akan tahu bahwa alam harus dilindungi dan tidak boleh rusak.


  1. Bersih 

Halal Lifestyle mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungannya agar tetap nyaman dengan nilai-nilai kebersihan. Kenyamanan yang dirasakan tidak hanya akan membuat pemandangan menjadi indah tetapi juga memberikan nilai positif bagi psikologi orang yang melihat dan merasakannya.



Potensi Ekonomi Halal

Dengan tujuan mencari kebaikan serta berkah, gaya hidup halal pun kian marak diterapkan. Menjadi budaya baru dan membuka berbagai macam peluang di sektor industri. Mulai dari industri makanan, mode, wisata, hunian, pendidikan dan banyak lagi. Dikutip dari penjelasan Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam konferensi pers BSI International Expo 2024 bahwa: Potensi value chain halal di Indonesia saat ini angkanya sangat besar, yaitu hampir mencapai Rp5.000 triliun. Hal ini semakin mempertegas potensi besar dari ekonomi halal. [1]



Industri Halal merupakan bisnis yang beberapa tahun belakangan semakin berkembang. Sebagai industri, omset ekonomi industri halal dunia sendiri telah mencapai Rp 30 Ribu triliun. Negara-negara berlomba menjadi yang terdepan dalam pengembangan industri halal, tak terkecuali Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Di industri halal, pasar yang memiliki potensi terbesar saat ini adalah perbankan syariah, halal food, dan halal fashion. Selain industri halal food & halal fashion, potensi besar juga terdapat pada sektor traveling.



Menerapkan Gaya Hidup Halal 

Sebagai muslimah yang diamanahkan dua orang anak, aku pun berikhtiar untuk menerapkan gaya hidup halal  untuk sehari-hari. Agar anakku memiliki pondasi dan acuan lifestyle yang halal dan thoyib. Apalagi jabatanku adalah menteri keuangan dalam keluarga. Perihal uang, aku yang mengaturnya. Mulai dari mencatat uang masuk, mengatur uang keluar serta mengalokasikan uang untuk tujuan jangka panjang seperti tabungan haji, tabungan pendidikan bahkan investasi. Untuk itu aku membutuhkan layanan keuangan yang bisa membantu dalam mengatur uang sesuai dengan syariat. 



Dukungan Bank Syariah Indonesia Untuk Halal Lifestyle

Bank Syariah Indonesia merupakan ikhtiar atas lahirnya bank syariah kebanggaan umat, yang diharapkan menjadi energi baru pembangunan ekonomi nasional serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Keberadaan BSI juga menjadi cermin wajah perbankan Syariah di Indonesia yang modern, universal, dan memberikan kebaikan bagi segenap alam (Rahmatan Lil ‘Alamin).[2]


Aku mulai berkenalan dengan Bank Syariah Indonesia saat anakku mulai bersekolah. Saat itu sekolahnya bermitra dengan Bank Syariah Indonesia dan memiliki program Tabungan Junior. Ini adalah Produk tabungan dengan akad wadiah dan mudharabah untuk anak-anak berusia dibawah 17 tahun, dimana tabungan ini dilengkapi dengan akses transaksi melalui e-Banking yang dilengkapi Kartu ATM desain khusus anak. Adapun keunggulannya antara lain:


  1. Nama anak tertera pada buku tabungan dan BSI Debit SABI Card BSI Tabungan Junior

  2. Fasilitas eBanking (BSI Mobile) BSI Tabungan Junior

  3. SMS notifikasi ke HP Orangtua BSI Tabungan Junior

  4. Desain BSI Debit SABI Card yang menarik, anak dapat menggunakan desain customize pada BSI Debit SABI Card BSI Tabungan Junior

  5. Bebas biaya kelolaan rekening BSI Tabungan Junior

  6. Dapat menerima dana secara otomatis (autokredit) dari rekening Tabungan/Giro Perorangan IDR milik orang tua/wali dengan menggunakan standing order BSI Tabungan Junior


Aku, suami dan anakku sudah punya tabungan di Bank Syariah Indonesia 



Setelah berkenalan dengan BSI Tabungan Junior akhirnya aku dan suami juga membuka BSI Tabungan Easy Wadiah yang menjaga harta kita tetap murni tanpa biaya administrasi dan InsyaAllah segera akan membuka BSI Tabungan Haji Muda Indonesia. Mohon doanya yah agar dilancarkan yah. 






Selain layanan tabungan, Bank Syariah Indonesia juga ikut mendukung gaya hidup halal thoyib dengan menyediakan berbagai layanan lain seperti BSI Transfer Valas, BSI Tabungan Bisnis, hingga Safe Deposit Box dan berbagai layanan unggulan lainnya. Adapun layanan ini dapat diakses untuk individu nasabah Bank Syariah Indonesia.  Bank Syariah Indonesia juga sudah bisa diakses dengan aplikasi BSI Mobile yang tentu saja memberikan kita kemudahan transaksi dalam satu aplikasi. Fitur yang paling aku suka adalah Islamic Services yang memuat Juz Amma, Asmaul Husna, Quotes hingga Qurban Calculator serta  Shalat Time dan Qibla Compass. MasyaAllah begitu lengkap kan fitur-fiturnya. Membuat kita termotivasi menjadi umat muslim yang tidak hanya memikirkan dunia tapi juga akhirat. 


Fitur Unggulan di BSI Mobile 


Sementara itu, untuk pemilik bisnis dan perusahan juga bisa mengandalkan layanan Bank Syariah Indonesia yang terintegrasi dalam satu portal yaitu Bewize.


BSI International Expo 2024  “Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem”

Selain layanan yang aku sebutkan di atas, kehadiran Bank Syariah Indonesia untuk mendukung ekosistem gaya hidup halal juga ditandai dengan event berskala internasional yaitu BSI International Expo 2024. Berlangsung selama 4 hari di Jakarta Convention Centre, event ini menghadirkan beragam pameran booth partner BSI, talk show insightful, kompetisi dan penawaran promo menarik. 






Menghadiri BSI International Expo 2024 di JCC

Alhamdulillah saya juga sempat hadir, berjumpa dengan sesama sister fillah untuk mendukung pagelaran busana salah satu brand modest fashion. Dalam event ini memang hadir beberapa brand fashion modest ternama yang ikut memajukan ekonomi syariah.


Selfie ala gen-z dengan sesama pecinta modest fashion di depan salah satu booth yang ada di BSI International Expo 2024



Selain itu aku juga menyempatkan diri untuk mengikuti talk show parenting dari Dr. Aisyah Dahlan seputar baterai cinta untuk keluarga. Rasanya senang sekali bisa berkumpul dan mendapatkan ilmu yang “daging” banget. Selain itu, acara ini juga membuka wawasanku seputar industri halal serta memotivasi aku untuk terus menerapkannya di sepanjang sisa hidupku. Tidak ketinggalan berbagai penawaran menarik seperti potongan diskon untuk berbagai industri mulai dari layanan travel, pendidikan, hingga fashion jika kita bertransaksi menggunakan kartu BSI.
 

Ragam keseruan di BSI International Expo 2024


Acara ini juga dikemas menarik karena ada ragam kegiatan yang boleh diikuti anak-anak. Ada playground cukup luas, lomba mewarnai, booth ice cream gratis dan banyak lagi! Terimakasih Bank Syariah Indonesia sudah hadir dan memudahkan aku untuk berproses serta terus berusaha konsisten menerapkan gaya hidup halal. Semoga kita semua bisa istiqomah ya! Sampai jumpa di BSI International Expo 2025 semoga aku bisa hadir kembali. Aamiin. 


Referensi:

  1. Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024 - Berita | Bank Syariah Indonesia (bankbsi.co.id)

  2. https://www.bankbsi.co.id/company-information/tentang-kami 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar