Masak Anti 'Rempong' Bersama Cosmos Mini Rice Cooker

By TIANDARINIE - September 04, 2018


Masak tanpa ribet (Courtesy: Freepik)

Hai Moms!

Kapan terakhir kali traveling nih? Mendengar kata traveling, terbayang sudah birunya laut, hijaunya gunung, segarnya hembusan angin, dan hangatnya matahari. Kemudian tidur di hotel, berfoto-foto untuk stok feed IG dan menikmati kuliner baru adalah beberapa wishlist ketika traveling. Tapi yang muncul di pikiran mamak-mamak receh macam aku mah: ASIK GA USAH MASAK. Iya, sesederhana itu. Bukannya ga suka masak, aku justru suka banget masak meskipun lebih enak masakan suami tapi kadang rempongnya itu loh yang bikin maju mundur cantik untuk beraksi di dapur. Belum lagi melihat tumpukan piring kotor yang strukturnya ngalah-ngalahin menara miring Pisa. Makanya, aku HAPPY banget mendengar kata traveling. 



Tapi ternyata traveling with baby never been so easy as it seems. Libur memasak hanya imajinasi semata. Realitanya makanan yang kita konsumsi belum bisa sepenuhnya dicerna oleh sang buah hati. Apalagi fase awal MPASI, wajib untuk membawa printilan memasak kemanapun pergi. Jadi pilihannya adalah traveling dan tetap memasak atau tidak traveling sama sekali. Well, saya tentu saja pilih yang pertama. Biarin deh ga libur masak, paling tidak urusan cuci-cuci dan bersih rumah bisa nanti dulu. Sekarang yang penting jalan-jalan. YAAAAAY!



Kenapa sih maksain jalan-jalan, kan anaknya masih kecil? Justru itu buibu, mumpung si bayi belum kena biaya tiket (biasanya berlaku mulai anak usia 2 tahun ke atas) maka jalan-jalanlah, yang jauh sekalian. Muehehe dasar buibu perhitungan ya. Eh tapi sungguh lho, saya punya cita-cita ingin membawa si kecil keliling Indonesia naik berbagai macam moda transportasi. Alhamdulillah baru kesampean seperempatnya, ke Pulau Jawa dan Sulawesi. Sudah cobain naik kapal laut besar, pesawat, kereta, kapal mesin kecil, busway, mobil, motor dan sepeda. Rencana selanjutnya, ingin mengajak si kecil touring Pulau Jawa sampai Bali. Mampir dari satu kota ke kota lainnya dan menikmati wisata lokal setempat. Pasti asyik!



Kebetulan, beberapa waktu lalu aku diundang dalam acara Blogger Gathering bersama Cosmos yang bertajuk "Travel Hacks With Cosmos Mini Rice Cooker". Pada hari itu hadir narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Ibu Pafitri, SKM., RD (Nutritional Expert) dan Kushandara Arfanidewi (Mom blogger @kelincitertidur). Mereka berbagi pengetahuan bermanfaat tentang bagaimana caranya traveling namun tetap memperhatikan asupan makanan yang sehat. Wah pas banget nih aku butuh informasinya, karena berkaitan dengan planning next trip aku.

Ibu Pafitri membagikan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika traveling bersama si kecil. Boleh dibookmark siapatau nanti perlu yaa Moms:
  • Jangan tinggalkan pola dan jadwal makan
  • Tetap makan 3x sehari (pagi, siang dan malam)
  • Perbanyak konsumsi ikan dan protein lainnya
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Perbanyak minum air putih
  • Membawa bekal dan cemilan sehat
  • Batasi konsumsi fast food, jajanan manis, asin dan berlemak
  • Makan lebih sering dalam porsi kecil

Para moms blogger yang hadir dalam balutan dresscode bernuansa merah juga berkesempatan melihat demo masak dari Kushandari aka Mbak Ayi (@kelincitertidur). FYI, Mbak Ayi ini adalah salah satu panutanku di dunia per-MPASI-an. Dia sangat sering berbagi resep MPASI anti GTM yang dimasak untuk anaknya, Nyala. Beberapa kali aku mempraktikkan resepnya dan voila, berhasil! Meskipun kalo soal rasa ga usah diadu lah yaa, aku kalah jauh pastinya haha.


Makanya aku happy banget bisa ketemu langsung di real world setelah selama ini hanya memantau feed IG Mbak Ayi. Pada hari itu, dia berbagi tips juga untuk persiapan traveling bersama si kecil. Tipsnya yaitu: pilih bahan makanan yang tidak mudah busuk atau berubah rasa dan aroma lalu pisahkan bahan tersebut untuk sekali masak dalam wadah khusus.

Contoh bahan makanan yang ideal untuk dibawa bepergian adalah:
  • Karbohidrat Rebus : Umbi-umbian seperti kentang, ubi, bahkan pasta yang direbus bisa jadi salah satu pilihan asupan karbohidrat untuk si kecil. Kentang dan pasta juga bisa bertahan lama di suhu ruang sebelum dimasak, sehingga ideal untuk dibawa-bawa saat traveling.
  • Sayuran Rebus : Sayuran termasuk makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mudah diolah saat traveling. Sayuran seperti brokoli, buncis, wortel tidak mudah busuk dan dapat langsung dimakan setelah direbus. Setelah dimasak, sayuran ini juga dapat disimpan di wadah yang tertutup rapat, untuk dibawa sebagai bekal anak saat traveling. 
  • Telur Rebus : Selain daging, sumber protein juga terkandung dalam telur yang dapat direbus untuk diberikan pada anak saat traveling. Telur rebus dapat bertahan lebih lama bila cangkangnya belum dikupas.



Apa saja yang harus disiapkan ketika traveling:
  • Alat masak praktis 
  • Bahan makanan yang tidak mudah basi
  • Wadah kedap udara 
  • Bumbu sederhana seperti himalayan salt dan kaldu dalam bentuk padat
  • Alat makan

Pada hari itu juga untuk pertama kalinya aku berkenalan dengan Cosmos Digital Mini Rice Cooker CRJ 1031 yang sangat cocok untuk menemani momen liburan bersama si kecil. Desainnya yang compact dengan dominasi warna putih. Panel tombolnya pun sangat user friendly karena mudah untuk dipencet. Lebih lengkap tentang race cooker mungil tersebut, lanjut scrolling yaa Moms.


COSMOS DIGITAL MINI RICE COOKER CRJ1031



Cosmos Rice Cooker CRJ-1031 dengan kapasitas 0.3 L dengan desain yang compact, mudah untuk dibawa travelling, wisata, Umrah atau Haji. Cocok juga untuk mahasiswa yang biasanya makan sendiri, cuci baju sendiri, tidur pun sendiri #eeeh. Proses memask jadi lebih praktis karena sudah dilengkapi dengan panci anti lengket dan fitur digital Multi Fungsi 4 in 1 (Quick Cook, Cook, Warm, Instan Noodle)



  • Quick Cook : Fungsi ini untuk memasak cepat. Misalnya merebus air. Perkiraan waktu memasak kurang lebih 40 menit
  • Cook : Fungsi ini untuk memasak Nnrmal. Perkiraan waktu memasaknya lebih kurang 55 Menit
  • Instant Noodle : Fungsi Ini Untuk Menbuat Mie Instan Perkiraan Waktu Memasak Kurang Lebih 20 Menit
  • Warm/Cancel : Tombol Ini Dapat Digunakan Untuk Menbatalkan Semua Fungsi Rice Cooker Atau Untuk Mengaktifkan/Mematikan Fungsi WARM Waktu Menghangatkan Maksi mal Adalah 12 jam





MENCOBA COSMOS MINI RICE COOKER CRJ1031

Nah karena aku masih penaran dengan si kecil mungil ini, so aku coba langsung memasak di rumah. Sebenarnya sayang-sayang mau dipakai karena unch banget tapi namanya buibu kalo ga coba langsung mana bisa percaya?




Hari ini aku coba memasak sayur daun katuk yang tinggal petik depan rumah dicampur dengan terong. Sangat praktis dan rasanya pun nikmat, apalagi ASI booster untuk ibu menyusui sepertiku. Caranya cukup siapkan bahan, lalu didihkan air dan masukkan beberapa iris bawang merah. Lalu masukkan terong, jika sudah melunak, masukkan daun katuk dan tambahkan sedikit salted butter.

Aku memakai fitur quick cook karena memang tidak ingin memasak sayurnya terlalu lama. Jika terlalu lama, maka zat penting dalam sayur justru larut dan tidak maksimal diserap oleh tubu. Proses memasaknya tidak sampai 30 menit. Begitu matang, koreksi rasa ya Moms jika terasa kurang boleh ditambahkan garam atau bubuk lada sesuai selera. Tapi karena aku akan menyajikan sayur ini sebagai menu MPASI, so aku menghindari penggunaan bumbu-bumbu pedas.


Sayur daun katuk ini sangat pas disajikan dengan nasi hangat, bertabur parsley dan ikan suwir pedas sebagai lauk. Jangan heran jika nanti tambah nasi terus, yaa. Busui mah bebas yakan? Makin berisi, makin lancar ASI.






Nah, para mommy juga bisa memiliki si kecil mungil ini dengan harga bersahabat. Caranya? Klik belanjacosmos.com dan dapatkan diskon 20% dengan menggunakan kode voucer: COSMTIANDARINIECRJ dan untuk pembelian produk cosmos lainnya diskon 15% dengan kode voucher : COSMTIANDARINIE. Masa berlakunya sampai tanggal 16 September 2018. Buruan cuss ya Moms.



Beberapa foto keseruan saat acara Cosmos Blogger Gathering





  • Share:

You Might Also Like

23 komentar

  1. Mini bangeeet ya itu
    Kuudu punya nih, ga kuat kalo ga makan nasi wqwq

    BalasHapus
  2. Traveling bawa cosmos mini rice cooker perlu banget supaya hidup makin mudah , tetap makan sehat dan enak ya

    BalasHapus
  3. Harus punya nih mom, bisa masak apa aja dimana aja dan kapan aja. Seperti alat yang bisa mengubah keceriaan momen travelling keluarga ya. Mau beli cosmos aaah

    BalasHapus
  4. Wah lucu yaa bentuknya. Pas banget dibawa travelling biar bisa ngirit. Heu

    BalasHapus
  5. Wahhhh ada yg mini yah, dan bener2 bikin anti rempong soal masak2 terutma pas traveling. Mkasih infonyaaaa

    BalasHapus
  6. Bisa buat buburjg gak ya mba? Kayaknya enak kecil praktis, jadi gak pusing mikirin makanan si bayi

    BalasHapus
  7. mupeng saya
    secara bagus nih untuk di kantor juga
    bisa makan nasi hangat terus nih
    ntar ceki ceki harganya dulu deh

    BalasHapus
  8. Kalau traveling sama bayi dan anak memang harus siap ribet. Apalagi anak-anak saya waktu kecil pada gak suka makanan instan. Jadi segala panci juga dibawa hahaha. Kalau dulu udah ada kayak gini, kayaknya saya cukup bawa 1 peralatan aja, ya

    BalasHapus
  9. Wah enakkkk ya. Bener-bener cocok nih buay travelling. Tapi kapan ya bisa travelling lagi. Emak butuh piknik hahaha

    BalasHapus
  10. Imut banget itu Cosmos Digital Mini Rice Cooker CRJ 1031, pas buat dibawa traveling. Kok jadi mupeng ya saya hehe

    BalasHapus
  11. Suka sama judulnya, karena memang cosmos selalu jadi andalan keluarga dimanapun

    BalasHapus
  12. Traveling bareng anak emang rempong, tapi seruuu. Tambah seru kalau bisa bawa makan sendiri dan ngurangin budget makan jadinya. Pakai cosmos mini ini, traveling jadi tambah seru

    BalasHapus
  13. Nggak repot cari makanan yang disukai anak yang masih MPASI. pakai Cosmos ini seperti masakan dirumah aja ya.

    BalasHapus
  14. Halo mbaaa. Aku pengen banhet punya rice cookee mini seperti ini. Praktis banget dan ukurannya pas d bawa kemana mana

    BalasHapus
  15. Jd keinget zaman menyusui kalau makan daun katuk hehe. Dulu agak2 langka gtu di tukang sayur deket rumah.
    Asyik ya kalau traveling bawa rice cooker ini, bisa hemat budget makan :D

    BalasHapus
  16. duuh ini must have item banget buat yg hobi family travel kayak aku.portable banget.

    BalasHapus
  17. Setujuuuu beneran anti rempong ini mah. Praktis pake Cosmos. Saya juga pake

    BalasHapus
  18. aku suka deh bentuknya Cosmos Mini Rice Cooker ini.. kecil imut, jadi flexible buat dipindah ke mana2.. pas buat masak yg ga banyak2..

    BalasHapus
  19. Terakhir travelling bareng anak2 ke luar kota sekitar 2 tahun lalu..rencananya tahun depan mo travelling bareng lagi. Emg suka repot urusan makan, klo beli terus lumayan budgetnya ya, boleh juga nih kalo bawa rice cooker cosmos ini. Paling tidak bisa masak2 yg simple.

    BalasHapus
  20. Bakalan gak rempong nih mbak kalau masaknya pakai cosmos ya. Itu kode vouchernya boleh ya saya pakai ��

    BalasHapus
  21. Yess benerrr.. ini salah satu travel hack akuuu.. 😍 smp aku rekomendasiin ke semua temen.. dan mereka tergoda donk.. wkwkw

    BalasHapus