Tips Belanja Cerdas di Bulan Ramadhan

By TIANDARINIE - Mei 09, 2019

Hai,

Masih semangat puasanya kan? Ide menu untuk berbuka dan sahur masih banyak? Bagaimana dengan stock bahan makanan, aman? Aku mau cerita nih... Beberapa waktu lalu tepatnya sebelum puasa, aku dan keluarga berbelanja di Giant BSD. Bukan main ramainya, Moms. Trolley pun jadi barang langka, padahal aku sudah menyusuri kasir satu per satu. Berharap ada yang ikhlas menghibahkan trolleynya. Tapi nihil. Long story short, justru Ayanami yang berhasil mendapat satu trolley mobil-mobilan lengkap dengan bayi besar yang sudah duduk manis di dalamnya. 



Kenapa Giant bisa seramai itu? Pertama, karena besoknya puasa. Salah satu menu wajib tersaji saat puasa adalah Kurma. Dan biasanya kurma di supermarket besar seperti Giant kualitasnya lebih segar. So, engga heran kalau stool kurma paling diminati oleh para pengunjung. Kedua karena harga barang-barangnya tuh harga teman banget. Radar ibu hematku langsung menyala saat melihat ibu-ibu lain mengerubungi counter makanan segar. Usut punya usut, harga ayam cuma 25r ribu per ekor. Bayangkan buibu, sementara di pasar tradisional bisa mencapai harga 50 ribu per ekor saking hitsnya si ayam ini. 

Baca juga: Promo Diskonan di Giant, Murah Banget

Kunjunganku ke Giant bukan sekedar impulsif jalan-jalan di akhir pekan. Ini memang sudah aku rencanakan sejak beberapa hari sebelumnya karena sudah tahu info diskonannya. Thanks berat untuk Adinda Proehoeman (Perwakilan Marketing Giant dan Hero) yang sudah memberikan bocoran ketika aku diundang menghadiri talk show bertajuk “Anti Boncos di Bulan Ramadan”. Penasaran seperti apa talk shownya? Baca sampai habis yaa karena aku juga punya banyak info diskonan lainnya yang tidak kalah menarik.


BELANJA CERDAS DAN HEMAT DI BULAN RAMADHAN BERSAMA HERO GROUP


Memasuki bulan Ramadhan, frekuensi makan otomatis berbeda dengan hari-hari biasanya. Jika setiap hari kita bisa makan hingga tiga kali sehari, ketika ramadhan berkurang menjadi dua kali saja yaitu saat berbuka dan sahur. Idealnya sih pengeluaran berkurang juga yaa, tapi ternyata sama saja seperti hari-hari biasa, bahkan lebih. Istilahnya: boncos. Sebenarnya istilah itu tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun sering digunakan sebagai kata ganti "apes" atau "bokek" atau "tidak sesuai harapan". Lalu, kenapa keuangan kita bisa boncos di bulan Ramadhan?




Pada tanggal 2 Mei lalu, aku diundang oleh PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) dalam talk show “Anti Boncos di Bulan Ramadan”. Acaranya berlangsung di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan dihadiri oleh rekan media dan blogger dari komunitas The Urban Mama. Hadir sebagai salah satu pembicara yaitu Ligwina Hananto yang sudah dikenal dalam kancah financial dan berkiprah sebagai  Financial Trainer & CEO of PT. Quantum Magna Financial. 




Disampaikan oleh Ligwina, pengeluaran terbesar di bulan Ramadhan adalah undangan buka bersama. Coba deh hitung, dalam sebulan biasanya ada berapa kali agenda buka bersama di luar rumah? Buka bersama alias bukber memang wajar dilakukan sebagai ajang silaturahmi sekaligus reuni. Beda lingkaran pertemanan, beda pula lokasi bukbernya. Mulai dari kafe hingga restoran mewah, menjadi pilihan untuk bukber. Makannya sih memang cuma dua kali yaitu saat sahur dan berbuka. Tapi menu makanannya bisa beragam mulai dari masakan rumah sederhana hingga menu resto bintang lima, tergantung lokasi bukber. Pengeluaran? Tentu jadi berlipat ganda apabila kita meng-iyakan semua ajakan bukber. Nah salah satu tips untuk menghindari boncos di bulan ramadhan adalah: pilah-pilih ajakan bukber sesuai skala prioritas. Jangan memaksakan hadir jika budgetnya tidak ada.

Tapi, aku tetap mau ikut bukber ah, biar hits di kalangan teman-teman dan engga dicap sombong. 

I know my dear, FoMO alias Fear of Missing Out atau rasa takut dikucilkan memang benar adanya. Yaudah kalau memang beranggapan bukber di luar rumah adalah kebutuhan primer yaa siapin dananya dong! Bisa utak-atik dari dana kebutuhan hari-hari? Nope. Sisihkan dari dana gaya hidup (kalau ada post-nya) atau siapkan magical shopping account yaitu dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Dana tersebut bisa autodebit dari rekening penghasilan. Magical Shopping Account ini juga bisa kita pakai apabila tergiur silau promo yang susah ditolak.

Selanjutnya, kesalahan terbesar dalam mengelola keuangan adalah: kita engga paham cara berbelanja. Sejak kecil selalu diajarkan untuk menabung, menabung dan menabung, tapi tidak diajarkan cara belanja. Gimana bisa menabung jika cara berbelanja kita tidak tahu? Padahal ketika dewasa dan mendapatkan penghasilan, kita justru harus belanja dengan cermat. Jika sudah paham cara berbelanja, kita justru bisa mengelola penghasilan sehingga ada dana yang bisa ditabung. Jangan mentang-mentang di bulan ramadhan ada bonus Tunjangan Hari Raya (THR) eh malah jadi kalap belanja baju baru. Atau saat ketemu racun diskonan, kita malah belanja tanpa mempertimbangkan kesediaan dana. Meski harganya murah tapi tetap saja jika out of budget yaa boncos juga sist ~

Lalu bagaimana cara berbelanja yang baik?

Quality Over Quantity
Jangan beli sesuatu hanya karena murah, kali aja butuh, atau dorongan impulsif lainnya. Cek lagi coba, murah karena apa? Apalagi untuk makanan pokok, lebih baik bayar sedikit mahal untuk kualitas yang jauh lebih baik. Contohnya sayuran segar tanpa pestisida harganya pasti lebih mahal tapi lebih sehat untuk tubuh kita. Begitu pula dengan pakaian, lebih baik beli satu baju yang kualitasnya premium daripada beli selusin baju tapi saat dicuci beberapa kali eh warna dan kondisi kainnya sudah tidak oke lagi. 


Double Check Your Trolley
Belanja itu memang menyenangkan, banget. Kayaknya engga bakalan ada orang yang menolak jika diajak berbelanja apalagi dibelanjain. Tapi Marimar, sebelum melenggang ke barisan kasir lebih baik kita periksa barang-barang yang ada di trolley. Benar-benar dibutuhkan kah? Harus banget dibeli sekarang kah? Jangan sampai kita hanya belanja tanpa memperhatikan nilai fungsinya sama sekali. Selain jadi leih boros, rumah pun rasanya sesak karena banyak tumpukan barang. Bahkan kalau sempat, bikin dulu daftar belanja agar kita tidak melenceng dari rencana anggaran yang sudah disiapkan.


Promo is All We Need
Jika John Lennon tak bisa hidup tanpa Yoko Ono, maka aku tak bisa hidup tanpa promo. Aku rela deh menunda hasrat belanja demi mendapatkan barang incaran di masa promo. Apalagi untuk barang-barang di Hero Group, karena kualitasnya sudah dijamin oke dan promonya pun benar-benar memanjakan customer.


Ragam Promo Ramadhan di Hero Group

Selama bulan Ramadhan, empat lini bisnis Hero Group pun kompak memberikan promo menarik. Disampaikan oleh Bapak Hadrianus Wahyu Trikusumo, Director: Group Counsel & Legal Hero Supermarket Tbk promo ini menjawab kebutuhan pegeluaran yang kerap kali hadir seiring dengan datangnya bulan ramadhan. Adapun promo tersebut adalah:

  • Hero Supermarket

Semasa di Makassar dan tinggal bersama orang tua, rasanya tak lengkap jika dalam sebulan tak mampir ke Hero Supermarket. Selain tempatnya luas, pilihannya beragam, kualitas produknya pun tidak diragukan lagi. Di bulan Ramdhan ini, Hero Supermarket mengusung program Pasar Ramadan 30 days of discovery. Jadi, ketika kita belanja minimum 300 ribu makan berhak untuk membeli produk tertentu dengan harga spesial. Nah jika mommies berencana mampir ke Hero Supermarket jangan lupa cek promo lengkapnya di www.herosupermarket.id dulu yaa

  • Giant

Nah kalau ini tempat favorit aku belanja karena lokasinya cukup dekat dari rumah. Selain promo Harga Teman Giant, ada juga promo Belanja Murah Bulan Berkah, Pasar Ramadan Berlimpah Berkah. Lalu ada juga promo Santap Segera Saat Berbuka dimana Giant menghadirkan menu makanan siap Saji dengan sajian yang menggugah selera dan harga yang murah. Well mungkin bisa menjadi opsi tempat bukber sekaligus belanja dengan harag terjangkau. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website www.giant.co.id .

  • Guardian

Sebagai pelopor modern drug store, Guardian hadir dengan berbagai produk kecantikan dan kesehatan yang menjaga kita tetap fit selama bulan ramadhan. Beragam produknya pun diskon spesial sampai 30%. Selain itu ada juga promo reguler +1000 get 2 yang menjadi favoritku khususnya untuk item sabun mandi, shampoo dan body lotion. Untuk info dan penawaran lengkapnya, ikuti Instagram: @guardian_id.

  • IKEA

Selain populer dengan lorong instagramable yang menjadi tempat favorit pengunjung berfoto, IKEA juga  senantiasa memberikan promo menarik. Salah satunya adalah penawaran terbatas wajan IDENTISK dari harga 499 ribu menjadi 399 ribu-an saja. Lalu, ada Gift voucher IKEA senilai Rp 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen. Pas banget untuk yang ingin memberi sentuhan baru di rumah jelang momen silaturahmi dan kumpul keluarga nih. Promosi lainnya selama bulan Ramadan akan selalu diupdate melalui website www.IKEA.co.id rajin-rajin cek ke sana yaa Moms. 



  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku puunnn pecinta promo. Tapi kadang promo ini memang bikin kalap sih, yaa, makanya tetap perlu strategi juga. Makasih udah share, Mom.

    BalasHapus