Berantas Buta Qur'an Dengan Metode Mama-Papa

By katatian - Mei 04, 2019

Hai Moms..

Bagaimana persiapan puasanya nih? Semoga kita bisa mengisi bulan Ramadhan dengan ibadah yang maksimal yah. Saya rasanya cukup haru dan bahagia setiap kali bertemu ramadhan. Haru karena tahun ini harus merantau jauh dari Sulawesi, tapi bahagia karena masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu Ramadhan lagi. Nah, selain berpuasa tentunya kita tahu bahwa ada banyak sekali ladang pahala. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh ampunan, ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Beberapa contoh ibadah yang bisa kita lakukan adalah :


  • Shalat fardhu 5 waktu, itu pasti
  • Shalat sunnah tarwih dan witir 
  • Shalat sunnah tahajjud dan memanjatkan doa di sepertiga malam
  • Memperbanyak dzikir dan istighfar
  • Memberikan makanan berbuka dan sahur bagi saudara yang membutuhkan
  • Membaca al-qur'an

Untuk point terakhir yaitu membaca AL-Qur'an tentu kita tidak perlu menunggu ramadhan untuk melakukannya. Apabila memungkinkan, lebih baik dilakukan setiap hari dan berulang-ulang. Agar kita bisa semakin paham makna yang terkandung, dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Bertepatan dengan moment menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, pada tanggal 28 April 2019 berlokasi di Masjid Cikal BSD, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa yang dipimpin Ustadz Muhammad Taslim kembali menyelenggarakan program Berantas Buta Al Qur’an (BBQ 2019) di 77 masjid yang tersebar di kawasan BSD City dan sekitarnya. Sebelumnya, di tahun 2018 program ini juga sudah dijalankan. Tingginya antusias para guru mengaji serta anak-anak usia Sekolah Dasar membuat Sinar Mas Land kembali menggelar program BBQ 2019. Kegiatan BBQ ini merupakan yang kedua kalinya sejak diluncurkan pertama kali tahun 2018 lalu.



Tujuan program ini adalah untuk memberantas buta baca Al Qur’an serta mengimplementasikan program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat melalui program Berdikari Sehat Damai) di sekitar kawasan BSD City. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 54% umat Muslim di Indonesia belum dapat membaca Al-Qur’an. 

“Hal tersebut tentu sangat memprihatinkan. Untuk itu Sinar Mas Land menginisiasi program ini serta bekerja sama dengan Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa yang telah membuat metode belajar baca Al Qur’an dalam waktu 3 jam. Semoga kegiatan Berantas Buta Al Qur’an (BBQ 2019) ini dapat mengurangi jumlah umat muslim yang belum dapat membaca Al Qur’an.” 

Dhony Rahajoe, 
Managing Director President Office Sinar Mas Land 
dan Ketua Harian Yayasan Muslim Sinar Mas





Program BBQ 2019 akan memberikan training melalui ToT (training of trainers) yang dipusatkan di Masjid Cikal Harapan BSD City. ToT pertama telah dilangsungkan pada tanggal 14 April 2019 dan diikuti sekitar 90 ustadz dan guru mengaji. Training membaca Al Qur’an dengan metode Mama Papa akan dilangsungkan sebanyak 6 kali hingga bulan Mei mendatang dan ditargetkan sebanyak 350 guru mengaji serta ustad mengikuti pelatihan tersebut. “Metode pengajaran dengan sistem Mama Papa ini sangat mudah dipahami. Saya memberikan training selama 3 jam kepada para ustadz atau guru mengaji perwakilan masjid. Selanjutnya ustadz atau guru mengaji tersebut akan memberikan pengajaran membaca Al Qur’an dengan sistem Mama Papa di setiap masjidnya kepada jamaah dan anak muridnya. Para peserta ToT ini juga akan mendapatkan alat peraga dan buku yang sudah disiapkan,” ujar Ustadz Muhammad Taslim selaku Pencipta Metode Mama Papa.

Program BBQ 2019 berlangsung sejak April hingga September 2019 dan akan ditutup dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam yang jatuh pada bulan September 2019. Pada acara itu nantinya akan digelar lomba baca Al Qur’an antar anak didik dari 77 masjid yang mengikuti program BBQ kategori usia 7-12 tahun. Total hadiah sebesar Rp. 50.000.000,- untuk para pemenang. 

“Semoga dengan adanya program Berantas Buta Al-Qur’an ini, jumlah orang yang buta Al Qur’an semakin berkurang dan dapat meningkatkan ibadahnya pada bulan puasa nanti dengan membaca Al Qur’an secara lancar,” 

Dhony Rahajoe


Pada BBQ di tahun 2018 lalu, sebanyak 50 ustadz dan guru mengaji mengikuti program ini, serta 350 peserta yang terdiri dari anak usia 4 -12 tahun mengikuti lomba membaca Al Qur’an di tahun 2018. Para peserta lomba merupakan anak -anak yang telah diajarkan baca Al Qur’an dengan metode Mama Papa. Total hadiah yang disiapkan oleh panitia pada BBQ tahun2018 mencapai Rp. 30.000.000. Di sisi lain, program ini dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial keagamaan bagi warga masyarakat di sekitar kawasan BSD City.




Kitapun juga bisa mengambil bagian dari program berfaedah ini, khususnya di bulan Ramadhan. Setelah menunaikan shalat subuh atau sambil menunggu sahur, mari sempatkan membaca Al-Qur'an dan merenungi maknanya lalu tanamkan rasa cinta Al-Qur'an kepada anak-anak kita Moms. Lalu apabila anak dirasa belum sempurna bacaan Al-Al-Qur'annya kita bisa mendaftarkan dalam program Berantas Buta Qur'an 2019. Mari menebar kebaikan dan memaksimalkan ibadah, tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi di setiap harinya yuk Moms...

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar