Bingung Memilih Asuransi Kesehatan? Yuk Cek di Cermati.Com

By TIANDARINIE - Agustus 30, 2019

Ilustrasi catatan keuangan
Courtesy: unsplash



Yay tanggal muda nih!

Rasanya senang sekali melihat kalender di awal-awal bulan. Sudah terbayang nominal uang yang akan kita pegang walau hanya sementara haha. Kenapa sementara? Karena setelah uang sampai di tangan, akan segera dibagi sesuai dengan daftar pengeluaran. Mana yang untuk kebutuhan sehari-hari, mana yang untuk transport dan sebagainya. Ibaratnya naik kereta, uang gaji hanya mampir sebentar di stasiun transit. Lalu udah deh, pergi lagi ke tujuan masing-masing. 

Makanya, perencanaan keuangan penting sekali. Jika tidak diatur rasanya pengeluaran ada terus dan ada lagi. Dulu waktu masih melajang mungkin kita bisa santai dan hanya memikirkan diri sendiri. Ketika sudah berkeluarga apalagi menjadi ibu, semuanya harus benar-benar dipikirkan. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Perencanaan finansial jangka panjang pun juga harus dipikirkan dengan matang. Termasuk tabungan dan asuransi, khususnya kesehatan. Jangan sampai nanti bingung mencari pinjaman sana-sini ketika lagi butuh-butuhnya.

Sebenarnya, jujur saja saya agak skeptis mendengar kata "asuransi". Di benak saya langsung terbayang mbak-mbak dan mas-mas salesnya yang memberondong dengan berbagai tawaran produk.  Hahaha. Belum lagi keribetan saat mengajukan klaim di kemudian hari. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, usia saya sudah jelang tiga puluh tahun. Anak masih kecil, kalau saya sakit tentu akan repot di kemudian hari. Meskipun ada suami yang bertanggung jawab, tapi tentu tidak ada salahnya untuk menyiapkan asuransi sebagai backup

Setelah caca-baca berbagai artikel tentang asuransi di Cermati.com pelan-pelan wawasan saya bertambah. Ternyata tidak semua asuransi itu ribet kok, asal kita cermat memilih dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial kita. 


Tampilan awal cermati.com di desktop


Anyway bagi yang belum tau, Cermati adalah perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi keuangan. Di websitenya menyediakan berbagai macam informasi untuk membantu masyarakat Indonesia menemukan produk keuangan terbaik. Cermati juga menyediakan akses data ke ribuan produk keuangan secara gratis untuk memudahkan masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cermat. Karena penasaran, akhirnya saya coba daftar juga mengikuti stepnya. Siapatau ada asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria. 

Step by step registrasi akun baru di cermati.com



Setelah melakukan proses registrasi, kita akan masuk ke halaman utama Cermati. Ada banyak sekali produk keuangan yang bisa kita pilih mulai dari kredit sampai tabungan. Karena tujuan saya memang untuk mencari tahu lebih lanjut tentang asuransi kesehatan, jadi saya akan menceritakan step untuk mengajukan asuransi kesehatan.


Berbagai macam pilihan solusi keuangan yang tersedia di cermati.com


Setelah menentukan produk apa yang ingin diajukan, kita bisa mulai mencari kira-kira mana yang paling sesuai dari harga, jenis tanggungan dan cara klaimnya. Sebenarnya saya mengingkan cara klaim cashless tapi yang tersedia saat ini hanya sistem reimburse. Yowis lah mari kita coba. Adapun perbedaan cahsless dan reimburse adalah:

Asuransi Kesehatan Cashless

Ganti rugi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tanpa menggunakan uang nasabah terlebih dahulu dimana biasanya perusahaan asuransi akan memberikan kartu keanggotaan sebagai bukti ganti rugi pada rumah sakit yang menjadi rekan mereka.

Asuransi Kesehatan Reimbursment

Dalam jenis ini nasabah diharuskan untuk membayarkan terlebih dahulu biaya yang dikeluarkan untuk perawatan baru kemudian perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut setelah nasabah melengkapi dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan.



Hasil penelusuran sesuai kriteria yang diinginkan





Akhirnya saya mencoba Dana Kesehatanku dari Allianz dengan pertimbangan harga premi cukup terjangkau hanya 479 ribu per tahun dengan coverage di semua rumah sakit seluruh dunia. Lumayan kan seandainya tiba-tiba saya sakit ketika bertugas liputan di Maroko, tetap bisa diklaim juga di sana. Hihi. 




Detail produk asuransi kesehatan Allianz



Dengan jumlah premi per tahun tersebut, saya konon akan mendapatkan manfaat produk seperti yang tercantum di bawah ini. Untuk detail lebih lengkapnya, saya akan tanya-tanya langsung ke customer service. Toh ini masih sebatas pengajuan dan akan ada follow up lebih lanjut dimana saya bisa bebas bertanya sedetail-detailnya.



Manfaat produk asuransi Allianz


Setelah berhasil mengajukan aplikasi, maka akan muncul informasi seperti di bawah ini dan kita tinggal menunggu proses selanjutnya agar bisa benar-benar berhasil membeli polis asuransi kesehatan. 






Jika kita mengajukan berbagai macam aplikasi maka bisa dicek di profil. Mana saja aplikasi yang sudah approved dan mana yang sedang on going. Semuanya bisa kita kontrol dari satu dashborad saja tanpa bingung harus berpindah tab browser.



Mudah sekali bukan, untuk memilih aplikasi  asuransi kesehatan? Engga hanya asuransi kesehatan, masih banyak lagi produk keuangan yang tersedia di sini. Hanya duduk manis bermodalkan ponsel dan kuota internet, kita bisa mengakses informasi dan menggunakan waktu dengan efektif. Jangan lupa, pilah-pilih aplikasinya di cermati.com yaaah. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar