Mengenal Minyak Bekatul Yang Multifungsi

By TIANDARINIE - November 14, 2019

Hai Moms, 



Siapa nih yang setiap hari di rumah selalu sedia gorengan? Aku termasuk salah satu fans fanatik gorengan. Apalagi si kecil  saat ini lagi doyan-doyannya kentang goreng. Tapi sudah rahasia umum bahwa makanan berminyak yang dikonsumsi setiap hari secara terus menerus akan menimbulkan bermacam penyakit. Makanya aku betul-betul selektif dalam memilih minyak goreng. Sebab jika minyaknya tidak sehat tentunya berdampak pada anakku. Akhirnya aku mencari tau minyak apa saja yang disarankan untuk konsumsi rumah tangga. Muncul beberapa pilihan yaitu minyak zaitun, minyak kelapa murni, minyak jagung dan minyak dedak padi atau bekatul. Nah yang terakhir menjadi tanda tanya besar di kepalaku. Memangnya ada yah minyak bekatul atau dedak padi?

Ternyata ada lho Mom. Berdasarkan artikel di Litbang Kementrian Pertanian aku mendapatkan fakta bahwa minyak dedak padi atau minyak bekatul adalah minyak hasil ekstraksi dari dedak padi serta melalui tahapan proses stabilisasi dan pemurnian. Minyak bekatul tidak hanya memiliki kandungan vitamin, antioksidan dan nutrisi tapi juga dapat menurunkan kandungan kolesterol di dalam tubuh manusia. 

Selain itu minyak bekatul dapat diolah menjadi minyak goreng yang mutunya lebih baik dari minyak kelapa, minyak sawit maupun minyak jagung. Minyak ini memiliki nilai titik asap yang tertinggi yaitu 254° C dibandingkan tiga minyak lainnya.  Hal ini bisa terlihat dari seberapa panas minyak ketika timbul asap di penggorengan, nah itulah yang disebut dengan titip asap. Semakin tinggi titik asap maka semakin murni dan asam lemak bebas (Free Fatty Acid) makin sedikit, yang artinya minyak tersebut semakin sehat. 

Jujur saja, baru kali ini saya mengetahu manfaat minyak bekatul dan sama sekali belum pernah mencobanya. Selama ini di rumah menggunakan minyak goreng kelapa sawit yang umumnya beredar di minimarket dan toko kelontong. Untuk anak, aku siapkan minyak kelapa murni dan minyak zaitun tapi tau sendiri lha harganya tergolong mahal bok. Ibu putar otak dan banyak-banyak cari info lagi tentang opsi minyak goreng lain. Niatnya, tidak hanya mengutamakan kesehatan anak tapi juga seluruh keluarga. 

Kandungan minyak bekatul
Kandungan minyak bekatul Oryza Grace

Akhirnya, aku berkenalan dengan salah satu minyak bekatul atau rice bran oil yang ada di Indonesia yaitu Oryza Grace yang tergolong minyak sehat. Aku tertarik mencari tahu lebih lanjut dan akhirnya memutuskan untuk mencoba Oryza Grace sebagai alternatif minyak untuk menggoreng bahan makanan di rumah. Saat ini sudah hampir setengah botol ukuran 1 liter habis kugunakan.


Hasil masakan dengan minyak bekatul Oryza Grace Rica Bran Oil
Hasil masakan dengan minyak bekatul Oryza Grace Rica Bran Oil


Minyak Bekatul Oryza Grace Tidak Menyebabkan Batuk

Salah satu keluhan yang identik dengan makanan berminyak adalah tenggorokan sakit diiringi batuk. Tapi alhamdulillah sepanjang penggunaan Oryza Grace tidak ada keluhan batuk padahal nyaris setiap hari tersaji makanan yang digoreng. 


Tidak Mengubah Citarasa Makanan

Ada beberapa jenis minyak yang ketika diolah bersama bahan makanan maka akan mengubah rasa masakan. Tapi minyak bekatul Oryza Grace tidak sama sekali. Rasanya sama seperti minyak  goreng lain pada umumnya. Minyak bekatul ini juga bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, memanggang juga untuk salad dressing.

Harga Minyak Bekatul Tergolong Ekonomis

Karena bahan baku minyak bekatul adalah padi dan mudah ditemukan di Indonesia, maka harganya pun tergolong ekonomis, berbeda dengan minyak zaitun. Untuk ukuran 1 liter dibanderol dengan harga 80 ribu-an di e-commerce Lemonilo. Selain dari sisi manfaat, aku juga suka dengan kemasannya yang mudah digenggam serta dilengkapi tutup flip-top yang tidak mudah tumpah. 



Kemasan minyak bekatul Oryza Grace
Kemasan minyak bekatul Oryza Grace 

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, minyak bekatul ternyata juga bisa digunakan untuk merawat rambut serta kulit lho Moms. Dikutip dari artikel yang tercantum di laman Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian bahwa: 

Pemakaian minyak bekatul atau minyak dedak ini karena diketahui memiliki kemampuan menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan kulit, mempercepat proses penurunan berat badan, meredakan gejala menopause, serta melindungi jantung kita.


Satu hal lagi yang membuat aku semakin jatuh hati dengan minyak bekatul adalah ramah lingkungan. Ampas bekatul hasil ekstraksi dapat digunakan lagi sebagai pakan ternak dengan kandungan protein yang tinggi. Sungguh bermanfaat bukan?

Nah bagi Mom yang ingin mencoba move on ke minyak goreng bekatul, boleh mencoba Oryza Grace yang sudah tersedia di supermarket terdekat ya. Seperti Hypermart, Carrefour, Giant, Hero dan masih banyak lagi. Atau Mom juga bisa memesannya di e-commerce tanpa perlu ke luar rumah lagi. 



MORE INFO PLEASE VISIT

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar