CEGAH CACINGAN, YUK BIKIN KREASI MENU BERBUKA DI RUMAH UNTUK SI KECIL

By katatian - April 20, 2021

Assalamualaikum #TemanTian 

Gimana kabarnya nih? Alhamdulillah kita diberi kesempatan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan, semoga kalian sehat-sehat terus yaa sekeluarga. Aku happy banget deh setiap ramadhan datang karena ada beragam jajajan berbuka yang bisa kita cobain. Dulu sih waktu masih single ya tinggal beli di pusat jajanan dekat rumah. Tapi semenjak ada si kecil aku pilih bebikinan sendiri aja di rumah. Apalagi dalam kondisi pandemi begini, kami mengurangi frekuensi jajan di luar. Alasannya tentu saja karena kebersihan makanan lebih terjaga dan biayanya pun lebih hemat. Budget yang biasanya hanya cukup untuk jajan berdua, kini bisa untuk dinikmati sekeluarga. Namanya juga #ibuhematbeb jadi ada aja idenya untuk mengelola budget bulanan.

Nah salah satu kreasi menu berbuka yang biasanya tersaji di rumah adalah Es Pisang Ijo. Jajanan khas Makassar yang merupakan kampung halamanku ini menjadi primadona karena rasanya yang manis, segar sekaligus mengenyangkan. Ditambah lagi, kami sekeluarga belum bisa mudik ke Makassar sejak tahun lalu karena pandemi, maka Es Pisang Ijo menjadi obat penawar rindu akan kampung halaman. Bahan yang digunakan pun cukup sederhana dan mudah didapatkan. Proses pembuatannya meski terlihat rumit, tapi sebenarnya bisa dilakukan bahkan oleh newbie di dapur sepertiku lho.


Kreasi menu Es Pisang Ijo Khas Makassar untuk berbuka puasa di rumah



Adapun bahan utama membuat Es Pisang Ijo adalah Pisang Raja. Tekstur buahnya yang yang manis dan lembut, berpadu dengan adonan kulit hijau yang wangi dan vla gurih dengan aroma pandan. Ditambah dengan sirup rasa pisang ambon dan kental manis serta es batu. Hmmm rasanya mana tahan, jangan ditanya. Si kecil sampai antusias membantu dalam proses pembuatannya agar bisa segera dinikmati bersama.


Menyiapkan menu berbuka puasa di rumah bersama si kecil agar
mencegah jajan sembarangan dan resiko cacingan 


Menyajikan menu berbuka yang sehat di rumah juga menjadi salah satu upayaku untuk melindungi si kecil dari berbagai macam penyakit. Contohnya cacingan yang bisa timbul akibat konsumsi makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Perlu diingat bahwa cacingan bisa menjangkiti siapapun termasuk orang dewasa lho. Jadi jangan lupa senantiasa konsumsi obat cacing, seperti Konvermex minimal 6 bulan sekali. 


Konvermex merupakan obat cacing keluarga yang mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate. Sehingga dapat bekerja dengan melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh. Konvermex terbagi menjadi 4 varian dengan dosis sekali minum (atau sesuai aturan pakai) yaitu:
  • Suspensi 125 mg untuk dosis anak – anak di bawah 12 th
  • Suspensi 250 mg untuk dosis dewasa
  • Tablet: 125 mg untuk dosis anak
  • Kaplet: 250 mg untuk dosis dewasa


Varian Konvermex obat cacing keluarga untuk dosis dewasa maupun anak




Konvermex bisa didapatkan di Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, Apotek dan Toko Obat Terdekat. Atau jika tidak sempat keluar rumah, bisa membelinya di official store Konimex yanag tersedia di Shopee maupun Tokopedia.

Oh iya #TemanTian juga bisa mengikuti keseruan di Instagram Panduan Bunda dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku lho. Langsung cek @panduanbunda dan jangan sampai ketinggalan yaaa! #KreasiMenuBukaPuasaBunda #MakanSehatBebasCacingan #PanduanBunda

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar