Review Lengkap Respimer Cairan Pencuci Hidung

By katatian - Mei 10, 2021

Halo #TemanTian...

Ga terasa yah sudah menginjak bulan Mei, lalu insyaAllah Juni dan masuk pertengahan tahun 2021. Apa kabar nih resolusi dan mimpi-mimpi di tahun ini, aman? Aku tuh sebenarnya sudah menurunkan standar resolusi seminimalis mungkin. Pokoknya tahun ini yang penting sehat, seger, dan waras. Mengingat tahun lalu bisa dibilang adalah masa pelik dalam hidup karena yaa pandemi, suami WFH, kerjaan pending dan banyak lagi suram-suramnya. Resolusi pun rasanya ga ada yang kesampaian. Entah karena ekspektasi ketinggian atau ya memang everyone is struggle last year. Makanya tahun ini ga muluk-muluk pengen ina inu pokoknya sehat, titik.

Nah bulan Maret pasca kebanjiran aku tuh sempat sakit dan gantian serumah kecuali si kecil. Gejalanya, badan meriang dan pilek hampir seminggu. Sempat was-was ini COVID19 tapi syukurlah ternyata bukan. Mungkin kita cuma kecapean aja karena harus kerja bakti membersihkan rumah.  Nah saat sakit itu akhirnya aku sadar bahwa hidung adalah organ tubuh yang cukup penting dan harus dijaga kebersihannya agar berfungsi dengan optimal. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, kebersihan hidung adalah hal utama agar meminimalisir potensi penyebaran virus COVID19. Ketika orang yang terinfeksi Covid-19 batuk, bersin, atau berbicara, droplets atau partikel kecil yang disebut aerosol membawa virus ke udara dari hidung atau mulut mereka. Siapapun yang berada dalam jarak 2 meter dari pembawa virus tersebut dapat menghirupnya ke paru-paru mereka. Maka tugas kita semua untuk memutus rantai penyebaran virus dan ekstra aware menjaga kebersihan serta tentunya mematuhi protokol kesehatan.

Selain mengkonsumsi obat sesuai resep dokter, saat sakit itu aku juga rutin membersihkan hidung dengan cairan pencuci hidung. Aku mulai pakai cairan pencuci hidung sejak Desember 2020 (pernah aku posting di Feed Instagram ku) dan Alhamdulillah membantuku pulih lebih cepat. Karena sudah merasakan sendiri efek yang baik dari cairan pencuci hidung, maka anak-anak pun aku biasakan untuk mencuci hidung untuk menjaga kesehatan rongga hidung dan membersihkan hidung dari debu, udara, virus, dan bakteri. Selain itu, cairan pencuci hidung ini juga dapat membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak yang terkena flu.

Jujur ya.... dulunya aku pikir, mencuci hidung dengan air biasa aja udah cukup. Tapi ternyata setelah baca salah satu artikel di Tempo, dokter spesialis sekaligus konsultan telinga hidung dan tenggorokan (THT), S. Hendradewi menyarankan untuk mencuci hidung dengan cairan khusus yaitu air laut yang disterilkan. Anjuran ini sesuai dengan laporan jurnal kedokteran dari International Journal of Environmental Research and Public Health. Pemicu reaksi radang dan alergi juga terbukti berkurang dengan mencuci hidung. Nah merk cairan pencuci hidung yang aku pakai tuh Respimer, dan akan aku ulas di bawah ini yaa...

RESPIMER

Respimer adalah cairan pencuci hidung yang terbuat dari 100% seawater (tidak dicampur dengan air biasa), diambil dari tempat terbaik di dunia, yaitu teluk Saint Malo sehingga apabila tidak sengaja tertelan pun aman ya Moms. Juga, karena 100% air laut, sehingga Respimer juga mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan rongga hidung. Varian yang aku pakai sehari-hari adalah Respimer Normal Jet Nasal Spray warna biru yang bisa untuk dewasa. Nah Respimer juga punya dua varian lain yang aman digunakan untuk anak-anak, yaitu:

  • Respimer Baby Nasal Hygiene (warna pink): memiliki kadar NaCl 0.9% yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Dapat digunakan pada bayi sejak lahir, 4-6x atau sesering mungkin jika dibutuhkan, dan ideal untuk penggunaan sehari-hari, membantu untuk menjaga kesehatan rongga hidung, dan membersihkan hidung dari debu, kotoran, virus, dan bakteri serta mencegah terjadinya infeksi.

  • Respimer Baby Decongestant (warna orange): memiliki kadar NaCl yang lebih tinggi, yaitu 2.2%. Dapat digunakan pada bayi >1 bulan, 2-3x. Cocok digunakan saat flu berat dan hidung tersumbat, sehingga dapat membantu menarik lendir keluar

Varian Respimer lengkap mulai untuk dewasa hingga bayi

CARA PEMAKAIAN

Mencuci hidung pada orang dewasa tentunya lebih mudah daripada saat mempraktekannya ke anak. Pada orang dewasa dan anak-anak yang sudah bisa duduk cukup cukup disemprotkan secara bergantian di masing-masing lubang hidung selama 2-3 detik dan pastikan kepalanya dimiringkan ya untuk menghindari tersedak. Sedangkan pada bayi, sebaiknya dalam posisi tiduran miring agar gerakannya bisa terkontrol dan proses membersihkan hidung bisa lebih optimal. Jangan lupa juga siapkan handuk kecil untuk menyeka air / ingus yang mengalir keluar dari hidung.

Penggunaan Respimer aman untuk anak karena terbuat dari 100% air laut



Selain kandungannya yang 100% air laut, hal paling aku suka dari Respimer adalah kemasannya travel friendly terbuat dari plastik sehingga tidak mudah pecah. Respimer juga tidak mengandung gas propelan yang merupakan bahan pemicu kebakaran, sehingga aman untuk dibawa travelling. Kemudian ujung tip dapat disterilkan dengan sabun dan air hangat.



Lalu khusus tip varian baby hadir dengan comfort tip, dirancang spesial untuk rongga hidung bayi, semprotan dengan micro-difusi, menghasilkan semprotan yang lebih lembut dan tidak menyakiti hidung bayi.



Oh iya sekedar info, saat ini Respimer sedang transisi merk ke Physiomer yaa, jadi jangan khawatir kalau nanti ke depannya menemukan brand cuci hidung Physiomer, karena kandungannya sama saja. 

Nah jika kamu tertarik mau mencoba cuci hidung juga, Respimer bisa ditemukan di baby store seperti Mothercare dan berbagai marketplace yaitu Shopee Interbat Official Shop dan Tokopedia Interbat Consumer Health. Harganya bervariasi dan cukup terjangkau loh Moms dan bisa lebih hemat lagi kalo ada diskon hehe. Promo on going dan informasi lengkap seputar Respimer bisa kalian temukan di Instagram @respimerindonesia langsung follow cuss.

Jangan lupa selalu jaga kesehatan dan kebersihan hidung yaaa...


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar