[FREE PRINTABLE] Petualangan Seru Ke Planet Mochi Bersama Paddle Pop

By katatian - Juli 23, 2021




"Kapan kita bisa jalan-jalan lagi?"

Pertanyaan si kecil yang biasanya kujawab dengan santai, "Nanti kalo ayah ibu selesai bekerja yaa..." kini terasa lirih di telinga. Sudah satu tahun lebih kami memang menghabiskan banyak waktu di rumah. Kalaupun bepergian, frekuensinya bisa dihitung jari. Itu pun sangat sebentar, lengkap dengan masker dan 'alat tempur' lainnya. Maka ketika ada ajakan untuk jalan-jalan dari rumah alias virtual, anak-anak langsung antusias. Termasuk saat aku bertanya apakah mereka bersedia ikut ke Planet Mochi. Jawabannya sangat lantang "YHAAAAAAa" tapi... di mana kah sebenarnya Planet Mochi?


MENGENAL PLANET
Anak-anak sudah pernah menjalankan proyek kecil-kecilan membuat planet, berbekal kardus bekas kemasan susu dan pensil warna. Sambil bermain dan belajar, kami berkenalan dengan benda-benda langit yang berputar mengelilingi matahari tersebut. Bagiku yang notabene waktu kecil ingin jadi astronot, aktivitas ini terasa sangat menyenangkan.



Setelah berhasil membuat miniatur planet, anak-anak pun semakin tertarik mengenal nama planet. Mereka juga bersemangat memberi warna dengan corak berbeda walaupun tidak mirip-mirip banget dengan aslinya hahaha. Pelan-pelan mereka belajar urutan planet sesuai dengan pemahaman orang tuanya yang minimalis ini haha.

Planet Merkurius
Urutan planet yang pertama ada planet Merkurius. Planet ini merupakan planet yang paling dekat dengan matahari dan hanya memiliki diameter 4.862km sehingga merupakan planet terkecil dalam tata surya serta membutuhkan waktu 88 hari untuk berevolusi.

Planet Venus
Urutan planet yang kedua ada planet Venus atau sering disebut sebagai bintang fajar. Planet ini terletak di antara orbit Merkurius dan orbit Bumi, memiliki garis tengah 12.100km dan merupakan planet terdekat dengan Bumi serta membutuhkan waktu 225 hari untuk berevolusi.

Planet Bumi
Di urutan planet ketiga ada planet Bumi. Planet Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang memiliki kehidupan dan permukaannya terdiri dari lautan dan daratan, berdiameter 12.750km dan membutuhkan waktu 365 hari (1 tahun) berevolusi.

Planet Mars
Planet Mars merupakan planet urutan keempat dalam tata surya dan memiliki julukan planet merah, memiliki diameter 6.779km dan melakukan revolusi selama 687 hari.

Planet Jupiter
Di urutan planet kelima ada planet yang paling besar diantara planet lainnya di tata surya. Planet tersebut adalah  Jupiter, planet ini memiliki diameter 139.822km dan membutuhkan waktu revolusi selama 11 tahun.

Planet Saturnus
Urutan planet keenam diisi oleh planet Saturnus. Planet ini dikelilingi oleh cincin raksasa dengan diameter 120.000km dan berevolusi selama 29,5 tahun.

Planet Uranus
Ketujuh ada planet Uranus. Jika kamu ingin melihat planet ini, kamu dapat melihatnya dengan mata telanjang, berdiameter 51.1118km dan berevolusi selama 84 tahun.

Planet Neptunus
Urutan planet terakhir ditempat oleh planet Neptunus. Planet ini hanya memiliki memiliki diameter 48.600 km dan berevolusi selama 165 tahun.


Nah itu kan nama-nama planet yang sebenarnya ya, lalu tadi aku sebut Planet Mochi, sebenarnya itu apa sih? Dan kenapa anak-anak tertarik ikut berpetualang ke Planet Mochi? Nah, begini ceritanya....



BERPETUALANG KE PLANET MOCHI


Saat libur sekolah lalu, Singa Paddle Pop mengirimkan kami surat undangan! Isinya tentang ajakan berpetualang ke Planet Mochi. Tapi dalam surat undangannya tidak diberi tahu, Planet Mochi ada dimana ya? Nah untuk mengetahuinya, kita harus mengikuti berbagai clue yang diberikan via zoom. Akhirnya kami pun standby di depan laptop untuk mengikuti arahan dari Singa Paddle Pop pada tanggal 10 Juli lalu bersama Mungilmu dan bintang tamu Nana Mirdad sekeluarga.

“Hai Teman-teman! Ayo liburan ke Planet Mochi
Aku menunggumu di Planet Mochi,
nanti kita akan bersenang-senang disini. Ikuti
petunjuk untuk mengetahui dimana Planet Mochi berada"
Tertanda, Singa Paddle Pop
Di Planet Mochi

Acara dibuka oleh srat dari Singa PAddle Pop. Kemudian Bu Guru Azka mengajak kami untuk menyusun Planet di Playmat Tata Surya. Ada 7 planet yang harus kita susun di Playmat, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus dan Neptunus. 

Kemudian kami diinstruksikan untuk mencari Petunjuk di Playmat Galaksi! Hamparkan Playmat Galaksi-mu ditempat yang luas. Tempatkan planet-planet sesuai urutannya, ya: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Kami membuat sendiri playmatnya menggunakan karton asturo yanbg ditempel di dinding. Urutannya masih acak-adut karena bolak-balik dimodifikasi si bocil haha. Gapapa lha ya, namanya juga masih belajar.



Setelah itu, kita  menggunting printables roket dan dibentuk seperti tabung, kemudian dilem bagian atasnya. Tempelkan tabung kertas tersebut di bagian belakang roket. Masukkan sedotan bergaris ke tabung kertas di bagian belakang roket. Yeay, roket sedotan sudah jadi! Kamu bisa menerbangkan roketmu ke Planet Mochi yang kita cari!


Petunjuk selanjutnya: kita membuka aplikasi pembaca augmented reality ASSEMBLR di ponselmu. Nanti kita akan bisa melihat planet-planet di printables ini tampak seperti nyata dengan aplikasi tersebut.

Caranya: 
  • klik icon "SCAN"
  • lalu search @planetmochi di kolom pertanyaan "Whose marker you want to see?" 
  • Lalu arahkan ke gambar planet dan QR code yang ada. 
Wah semakin menarik nih! Di setiap planet tersimpan petunjuk tersembunyi tentang Planet Mochi. Perlu trik untuk melihat pesan tersembunyi tersebut. Kita harus memindai kartu planet untuk mengetahui petunjuknya. Petunjuk di Planet Merkurius menyebut, Planet Mochi punya nama yang mirip dengan Dewa Langit Yunani. Hmm kira-kira apa ya?



Sementara itu, Petunjuk dari Planet Mars menyebut, Planet Mochi itu dingin. Kalau Jupiter mengatakan, Planet Mochi ditemukan tahun 1781 oleh astronomer William Herschel. Sir Frederick William Herschel merupakan astronom berkebangsaan Inggris yang lahir di Jerman. Konon ia adalah astronom pertama yang menemukan planet dengan menggunakan teleskop. Sebelumnya planet temuan Herschel ini sering disangka bintang oleh ilmuwan lain. 

Planet temuan Herschel tersebut adalah planet terbesar ketiga dalam tata surya dan mengorbit setiap 84 tahun. Petunjuk Saturnus mengatakan, Planet Mochi berwarna biru. Sementara kata Neptunus, Planet Mochi sering disebut raksasa es. Karena sangat dingin dan ukurannya besar. Planet apa kah yang sesuai dengan p[etunjuk tersebut?

Ternyata Planet Mochi adalah Planet Uranus. Yuk kita terbangkan roketnya!


Sesampainya kita di Planet Mochi, masih ada pe-er lagi nih. Karena ternyata roket kita kehabisan bahan bakar! Untung saja ada roket cadangan dengan amunisi Ice Cream Mochi yang bisa membantu kita kembali ke bumi. Melalui komitmen #CemilanBaikUntukmu, semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi dengan kebaikan susu dan buah.Standar tersebut juga telah mengikuti acuan dari WHO dan Kemenkes serta telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI. 

Seujujurnya aku sangat jarang memberikan cemilan manis untuk anakku untuk menjaga asupan glukosa sejak dini. Tapi Paddle Pop Mochi punya kadar gula yang lebih rendah. Dalam 1 bungkus Paddle Pop Mochi mengandung 6 gram gula, 1.5 gram lemak dan energi 90 kkal saja.  Selain itu, Paddle Pop Mochi memiliki lapisan mochi yang kenyal dan perpaduan es krim cokelat dan vanila yang creamy banget di dalamnya. Alhamdulillah!


"Boys and Girl,
Tak terasa kita telah menempuh perjalanan luar angkasa,
Memecahkan misteri Planet Mochi dan bersenang-senang di dalamnya
Kini kita telah mendarat dengan selamat di Bumi
Terimakasih atas perjalanan yang menyenangkan ini
Sampai jumpa di petualangan berikutnya."

Wah seru sekali ya berpetualang ke Planet Mochi. Kamu juga bisa mengikuti keseruan ini dengan menyaksikan tayangan ulangnya di Youtube Official Paddle Pop dan mengunduh materi printable pada link ini  Sehingga kita bisa mengisi waktu luang bersama anak di rumah! Menarik bukan?

  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Wah seru ya jalan2 ke planet mochi, thank you untuk printablenya udah aku downlod 😁

    BalasHapus
  2. Printable-nya banyak banget... aku ikutan ajak anakku ke planet mochi juga ahhh :))

    BalasHapus
  3. Seru banget bisa keliling planet, sambil belajar juga tentang planetvplamet di tata surya yaa ini 😍

    BalasHapus
  4. Seruuuu banget moms tian. Aku ketinggalan ikut acara gini loh 😭 padahal baca tulisanmu kebayaang keseruannya

    BalasHapus
  5. seru banget ini. produknya bagus, ada webinar yg banyak manfaat. anak bisa belajar sambil bermain

    BalasHapus
  6. Seruu banget bisa jalan2 ke planet Mochi,, anakku juga sempet ikutan Paddle Pop Liburan ke Planet Mochi tapi yang bareng Melki Bajaj, seru dan edukatif banget ya acaranya Paddle Pop 💙

    BalasHapus
  7. Yaaaayyy, seru banget mom petualangannya ke Planet Mochi. Kemarin Azura join kelasnya tapi emaknya terlalu malas ngeprint2 🤣

    BalasHapus