Stop Stunting dan Kekurangan Nutrisi Pada Anak

By katatian - Oktober 21, 2021

Halo Mom...

Berbicara tentang nutrisi anak selalu menjadi obrolan panjang yang tak ada habisnya. Teringat lagi masa-masa di mana aku harus putar otak cari ide menyusun jawaban setiap ditanya oleh dokter spesialis anak saat jadwal kontrol berat badan. Rasanya gemeteran seperti jelang sidang skripsi, deg-degan poll. Gimana ngga, anakku termasuk dalam kategori berat badan rendah dan setiap bulan BBnya mentok di grafik kuning. Diomelin panjang lebar sama DSA udah sering. Nangis sendirian tiap malam karena bingung gimana cara naikin BB anak pun jangan ditanya lagi. Patah hati rasanya, sakit tapi ngga berdarah gitu.



Syukurlah sekarang ini tuh ibu-ibu dimudahkan sekali akses informasinya. Selain bisa berkonsultasi langsung dengan dokter, dan tersedia ragam webinar yang dihadiri oleh para narasumber kompeten. Aku sangat antusias ketika diundang mewakili Mom Influencer Indonesia bersama puluhan ibu lainnya untuk menghadiri webinar yang diselenggarakan Abbot dengan tema "Dukung Pertumbuhan Nyata Anak Indonesia". Acara tersebut dihadiri oleh:

  1. Dr. Jose Rodolfo Dimaano, Jr. - Medical Director for Abott Nutrition Business in Pasific Asia Area
  2. dr. Cut Nurul Afifah Sp.Ak - Dokter Spesialis Anak, Konsultasi Nutrisi & Penyakit Metabolik
  3. Sherinna Munaf - publik figur yang juga merupakan PediaSure Brand Ambassador
  4. Duma Riris Silalahi - Putri Indonesia Lingkungan Tahun 2007

Webinar ini diselenggarakan oleh Abbot sebagai komitmen untuk terus mendampingi anak Indonesia mendapatkan nutrisi terbaik dalam mendukung tumbuh kembang optimal. Abbot merupakan industri yang memimpin secara global untuk kategori healthcare dan bukan hanya menyentuh sektor anak melainkan semua kalangan usia.





Stunting dan Nutrisi
Tahukah mom berdasarkan penelitian, 1 dari 4 anak Indonesia mengalami stunting akibat kekurangan nutrisi. Seperti yang diungkapkan oleh dr. Cut Nurul Afifah Sp.Ak bahwa stunting bukan lagi sekedar masalah ekonomi dan status sosial, banyak orang tua yang mumpuni juga bisa memiliki anak stunting karena anaknya picky eater. Kasus stunting juga masih menjadi PR besar pemerintah karena Indonesia angka stuntingnya masih diatas ketentuan WHO.




Kekurangan gizi dampaknya bukan hanya sekedar kurang berat badan ataupun pendek tapi memiliki efek jangka panjang seperti daya tahan tubuh rendah, terganggunya kognitif dan risiko penyakit lainnya saat usia dewasa. Karena itu perlu banget ditangani sejak dini dengan memberikan nutrisi untuk tumbuh optimal.

Dalam pemaparannya Dr. Jose Rodolfo Dimaano menyebutkan bahwa ada 1 kasus anak stunting dari 4 orang anak di Indonesia dan hal ini membuat Abbot terus berupaya untuk membantu anak Indonesia tumbuh optimal. Nutrisi dari makanan mungkin tak terpenuhi maka susu pertumbuhan bisa menjadi salah satu solusi memberikan nutris seimbang untuk tumbuh optimal. 

PediaSure Formula Baru
Dr. Jose menuturkan bahwa PediaSure formula baru telah diuji klinis didukung oleh basis ilmiah menghadirkan nutrisi yang lengkap dan seimbang sehingga nantinya akan membantu prtumbuhan linear (tinggi badan), berat badan serta daya tahan tubuh anak. Dan berdasarakan uji klinis ternyata anak stunting memiliki kadar Argini yang lebih rendah dari anak biasa tentunya hal ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi.

Selain Arginin dan Vitamin K2 formula baru PediaSure diperkaya dengan Triple Protein Complex, Kalsium Tinggi, 14 Vitamin & 9 mineral, AA dan DHA. Arginin dan Vitamin K2 merupakan dua nutrisi yang akan membantu anak tumbuh tinggi karena mendukung pertumbuhan tulang yang lebih panjang dan kuat.

Arginin adalah asam amino bekerja dengan merangsang multiplikasi sel pada tulang sehingga tulang akan tumbuh panjang sementara itu Vitamin K2 akan membawa dan mengikat kalsium pada tulang sehingga tulang akan menjadi lebih kuat.

GrowthPedia
Selain meluncurkan PediaSure formula baru, Abbot juga menghadirkan tools digital yang akan membantu para orang tua atau siapa saja untuk mengukur tinggi badan anaks ecara online. GrowthPedia juga akan memberikan rekomendasi nutrisi yang cocok sesuai pertumbuhan anak kita. GrowthPedia membantu orang tua dalam mengidentifikasi resiko masalah pertumbuhan pada anak dan mendorong intervensi nutrisi sejak dini.

Selain webinar Abbot juga memberikan pelatihan online bagi tenaga kesehatan seperti kader kesehatan, bidan, serta tenaga medis lainnya untuk dapat mengenali tanda-tanda malnutrisi dan melakukan tindakan intervensi melalui nutrisi dan pemantauan yang cukup & teratur.


25 Tahun Pediasure di Indonesia
PediaSure sudah 25 tahun hadir di Indonesia, sejak tahun 1996 terus berinovasi untuk menghadirkan frrmula terbaik dan Oktober ini PediaSure hadir dengan formula baru lebih mendukung petumbuhan nyata dalam mengoptimbalkan tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Kini PediaSure dengan formula baru sudah bisa ditemukan di berbagai jenis toko offline dan online dan ada tiga varian rasa yaitu vanilla, coklat, dan madu. Sherina sebagai brand ambassador Pediasure sangat suka dengan rasa vanilla dan mengakui bahwa susu pertumbuhan seperti PediaSure lah yang membuat bisa punya banyak kegiatan "Aku aktif dan punya segudang kegiatan karena Ibuku memberi nutrisi terbaik seperti PediaSure".

Sementara Ruma Riris yang memiliki dua buah hati juga mengakui PediaSure adalah solusi pelengkap nutrisi tumbuh kembang kedua anaknya. Terkadang saat anak mogok makan, banyak kegiatan butuh nutrisi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh dan memastikan nutirsi terpenuhi dengan optimal, ucap Duma Riris. So, gimana mom sudah siap memberikan nutrisi terbaik bagi anak? Yuk bersama-sama kita stop stunting dan lebih aware lagi terhadap nutrisi anak. 



Aku dan puluhan ibu lainnya, siap!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar