Mencoba "MABAR" Alias Makan Bareng di Dapur Solo, Hemat Mulai Dari 50 Ribu-an Saja!

By katatian - April 13, 2023

Berkumpul dengan teman maupun keluarga rasanya kurang lengkap jika tidak disambi dengan makan-makan. Saya ingat sebuah kata-kata dari Irish Proverb: Laughter is brightest where food is best. Rasanya tuh jadi lebih menyenangkan jika kita menyantap lezat bersama-sama. Kalau ungkapan zaman sekarang sih, happy tummy happy me


Olahan ikan selalu jadi favoritku 


Apalagi sejak hamil (lagi, alhamdulillah) dan memasuki trimester ke-dua, keinginan makan saya jadi berlipat ganda. Alhamdulillah sih ya tidak sampai yang gimana gitu rakusnya, tapi acap kali diajak makan oleh teman-teman saya langsung bilang "Hayuuuuk" dengan lantang. Jujur nih saya lebih semangat makan beramai-ramai di luar rumah ketimbang harus masak sendiri. izin ke suami sih, untuk sekalian silaturahmi gitu kan. Tapi sebenarnya alasan terkuat adalah: malas cuci piring hihi jangan ditiru yaa.


Mengingat frekuensi makan di luar selama bulan April ini cukup sering, otomatis kan anggaran jajan juga meningkat ya. Saya harus pintar-pintar mengatur budget agar tidak habis sebelum waktunya. Ada post-post anggaran tertentu yang saya substitusi agar rencana makan di luar bareng teman bisa tetap terlaksana. Misalnya saja mengurangi beli skincare dan langganan aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, Walaupun makan di luar kesannya boros, tapi sebenarnya ada beberapa tips tambahan juga lho agar kita bisa tetap ngumpul bareng teman dan menikmati makanan enak.

Jangan lupa memperhatikan sertifikasi logo halal saat memilih resto yaa


Atur Jadwal Ngumpul Bareng Agar Tidak Mendadak

Sebelum memutuskan dine out dan ngumpul bareng teman sambil makan-makan, kita harus sepakat dulu nih janjiannya tanggal berapa. Hindari ngumpul yang tidak terencana karena nanti akan membuat kita jadi impulsif dan terburu-buru dalam menentukan lokasi. Idealnya H-1 minggu kita sudah bisa menentukan tanggal, sehingga memberikan cukup waktu dalam memilih tempat makan bareng. 

Pilih Tempat Makan Yang Lokasinya Strategis

Tinggal di Ibukota yang rawan macet, tentu berbeda dengan di kota kecil. Waktu tempuh dari satu titik ke titik lain tentunya tidak sebentar, meski jaraknya berdekatan. Seringnya sih terjebak macet apalagi di jam-jam sibuk. So, penting banget kita memilih tempat yang strategis dan lebih baik jika bisa diakses menggunakan transportasi publik. Selain menghemat waktu di jalan, tentu kita bisa memangkas biaya parkir ataupun bensin kan?


Rajin Cek Promo Resto di Sosial Media

Sebagai pengguna sosial media aktif, saya seringnya mencari-cari promo resto dari akun sosial media mereka. Dulu sih ya langganan news letter, tapi sekarang lebih efisien dan praktis dengan membuka media sosial saja. Infonya pun biasanya lebih up to date dan kita bisa langsung berinteraksi dua arah dengan admin yang bertugas. Nah, pas banget nih saat janjian mau ngumpul dan makan bareng teman-teman, saya tuh stumble upon di akun instagramnya Dapur Solo dan melihat postingan ini:



Paket "Mabar" di Dapur Solo, Super Hemat

Ternyata nih setelah saya baca lagi dengan seksama, sedang ada promo paket baru yaitu "MABAR" alias Makan Bareng, Double Untung. Mengutip dari akun media sosialnya sih, ini detail dari promo "MABAR" yang dibagi menjadi dua jenis paket:

Mabar 4

  • Ikan Gurami Goreng
  • Soto Ayam
  • Oseng Buncis Ayam Pedas
  • Tempe Goreng Tepung
  • Sambal Terong
  • 4 Nasi Putih dan 4 Es Lemon Grass
  • bonus Es Campur

Mabar 6

  • Pecak Ikan Gurami
  • Sop Ikan Asam Pedas
  • Soto Ayam
  • Oseng Buncis Ayam Pedas
  • Tempe Goreng Tepung
  • Sambal Tempe
  • 6 Nasi Putih dan 6 Es Lemon Grass
  • bonus Es Campur 
Paket Mabar 4 dengan harga 200 ribuan saja



Outlet Dapur Solo Cabang Mall Artha Gading

Tanpa menunggu lama lagi, akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk mencari outlet Dapur Solo terdekat dan langsung booking untuk ber-enam. Apalagi, kami memang sudah langganan di Dapur Solo dan memilih Dapur Solo yang berlokasi di Mal Artha Gading. Ini pertama kalinya saya jalan-jalan ke Mal Artha Gading dan ternyata mallnya bagus ya, nuansanya Mediterania gitu.




Lokasi Dapur Solo terletak di lantai 1, berseberangan persis dengan mushola VIP. Sehingga tidak ada alasan untuk melewatkan ibadah wajib (untuk teman-teman muslim) saat sedang berkumpul sambil makan bareng. Area Dapur Solo di Mal Artha Gading juga cukup luas, banyak tempat duduk yang tersedia baik untuk santap berdua pasangan ataupun ramai-ramai bersama teman dan keluarga.



Oh iya syarat untuk booking di Dapur Solo ini tidak bisa via telfon jadi kita harus langsung datang ke lokasi dan melihat kondisinya apakah masih available atau sudah full booking. Saran saya, datang lah minimal satu jam sebelumnya agar kita punya waktu untuk memesan tempat yang diinginkan.

Review Menu Mabar 6 di Dapur Solo



Ini dia menu yang kami coba, dengan harga 300 ribu rupiah untuk ber-6. Jika dibagi rata per orangnya sekitar 50 ribuan saja. Dengan mengeluarkan budget segitu, kami sudah bisa mencicipi  aneka menu mulai dari makanan pembuka, makanan utama, nasi, lauk-pauk, menu berkuah, minuman segar hingga bonus yang membuat hati riang gembira. Berikut aku review beberapa menunya ya:

  • Pecak Ikan Gurami
Sebagai anak pesisir Indonesia Timur yang doyan makan olahan laut, saya cukup terkesan dengan Pecak Ikan Gurami ini. Olahannya pas, tidak amis, kulit bagian luarnya garing tapi daging ikannya terasa lembut. Siraman racikan sambalnya juga terasa menyatu dengan olahan ikannya.

  • Sop Ikan Asam Pedas
Sop ikan patin ini rasanya pedas, asam segar dan cocok dinikmati saat berbuka puasa. Daging ikannya tebal, lembut dan nikmat sekali disiram di atas nasi hangat

  • Soto Ayam
Soto ayam dengan irisan ayam suwir, telur pindang dan keripik kentang dilengkapi dengan sayuran dan 
disajikan dengan kuah bening dan kerupuk udang.

  • Oseng Buncis Ayam Pedas
Oseng buncis ayam pedas ini tidak hanya sebagai sayur tapi bisa juga menjadi lauk loh. Rasa gurihnya pas, buncisnya tidak terlalu lembek dan masih fresh krenyes-krenyes gitu saat digigit. Saya sampai hampir menghabiskannya sendirian saking doyannya.

  • Tempe Goreng Tepung
Makanan favoritku, tempe berbalit tepung yang gurih dengan potongan yang tebal. Benar-benas tidak pelit nih Dapur Solo menyajikan menunya.

  • Sambal Tempe
Di Indonesia, semuanya bisa diolah menjadi sambal, termasuk tempe. Rasa sambal tempe ini sangat gurih dan harum khas kedelai. Nikmat sekali disantap bersama lauk dan nasi hangat. Tanpa lauk pun sebenarnya sudah terasa nikmat. Tapi, bagi yang tidak terlalu doyan pedas mungkin menu ini bisa diicip sedikit aja yaa..




Penting: Perhatikan Masa Berlaku Promo 

Oh iya, tips terakhir agar dapat harga best deal untuk makan bareng adalah kita harus memperhatikan periode promonya. Rencana ngumpul jangan sampai tertunda terus dan ujung-ujungnya hanya jadi wacana. Nah untuk promo paket Mabar - Makan Bareng di Dapur Solo ini berlaku sejak 5 April hingga 15 Mei 2023. Jadi teman-teman bisa mulai atur jadwal dan janjian sejak THR cair hehe. Trus kabar baiknya lagi nih, promo paket Mabar itu berlaku untuk dine in dan take away lho. InsyaAllah jika paket yang kita pesan masih tersisa, ya bisa dibungkus agar tidak mubazir. 


Dari wajah-wajah kami sih tidak terlihat adanya semangat yang kendor untuk makan kan? Lihat saja sumringah sekali. Bandingkan dengan foto di bawah ini saat semua menunya sudah lengkap tersaji. Makin sumringah kan? Off course we will definitely come back to Dapur Solo. Kira-kira selanjutnya akan ada menu baru apalagi yaa?



Informasi lengkap untuk daftar menu dan outlet Dapur Solo silahkan cek di official websitenya ya.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar