Tips Sebelum Ganti Smartphone

By TIANDARINIE - September 08, 2018

Tips sebelum mengganti smartphone (courtesy: freepik.com)


Hai Moms!

Kebutuhan manusia yang tadinya hanya sandang, pangan dan papan bertambah menjadi satu yaitu smartphone. Apalagi sejak menjadi seorang blogger, tentu saja sangat butuh handphone yang menjadi aset untuk mendukung proses bekerja. Smartphone tidak hanya berfungsi untuk menelfon tetapi juga alat untuk berkordinasi dan menangkap moment melalui feature kameranya. 

Saya ingat betul, dulu telepon pintar pertama yang saya miliki harganya 1jt-an di tahun 2013. Dibeli dari hasil bekerja paruh waktu ketika kuliah. Rasanya senang sekali bisa membeli barang mahal menggunakan uang milik sendiri. Pastinya dijaga baik-baik, digunakan sebagaimana mesti. Inginnya sih punya satu smartphone itu saja seumur hidup (jodoh kali aah) eh tapi mana bisa? 

Beberapa bulan kemudian, muncul lagi versi terbaru dari smartphone yang saya beli. Ditambahi embel-embel 'plus' dengan performa yang lebih mumpuni. Saya sih tidak tergoda beli karena waktu itu tidak ada budgetnya. Tapi jika ditanya kepengen atau tidak, jawabanya IYA (pake huruf besar semua). Maklum, diri ini masih dipenuhi gejolak jiwa muda yang sangat impulsif dan haus eksitensi diri.

Alhamdulillah tidak berselang lama, atasan kerja saya yang sangat cantik dan baik hati (c'mon ini serius bukan pereus yaa) memberikan smartphone keluaran terbaru. Secara cuma-cuma lho Moms! Akhirnya smartphone yang lama saya jual saja. Beruntung, harga jualnya tidak terjun bebas, jadi tidak rugi-rugi amat gitu. Saya masih bisa beli tiket peswat PP untuk mudik dari hasil jual smartphone waktu itu! HAHAHA.

Ternyata saya orangnya tidak bisa setia pada satu handphone. Meskipun yang lama belum rusak, eh sudah ingin ganti lagi. Tentu saja ini akibat terpaan iklan yang terus-menerus seliweran di berbagai media. Saya tergoda untuk beli gawai baru dengan iming-iming resolusi kamera yang leih tinggi dan dimensi body yang lebih ringan. Untunglah ada lelaki baik hati nan tampan (baca: suami) yang mau mewujudkan impian saya tersebut. Makasih yaaa kamu! Akhirnya pada tahun 2016 saya punya sebuah smartphone impian yang saya pakai sampai detik ini. Lalu apakah hasrat ingin gonta-ganti gawai sudah berhenti?

Sayangnya, tidak. Saya sekarang lagi punya incaran baru karena yang lama sudah mulai lambat loading tidak segesit di awal beli. Apalagi memorynya sudah dipenuhi aneka macam foto yang didominasi oleh swa foto bersama si kecil. Maklum lha yaa buibu, tangannya gatel ingin mengabadikan aneka tingkah pola sang buah hati. Iya kan, Moms? Makanya, wajar dong kalau saya pengen ganti smartphone yang kameranya jauh lebih bagus. Nantinya toh, akan dimanfaatkan juga untuk menunjang profesi sebagai blogger. Ini namanya konsumtif dahulu produktif kemudian he he he. 

Tapi sebelum mengganti handphone (lagi), ada beberapa hal yang harus saya lakukan. Ini belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya ya. Sebelum mengganti handphone, ada beberapa hal yang saya lakukan:


SIAPKAN BUDGET

Berhubung suami sudah pernah membelikan saya handphone dan kondisinya masih layak pakai, so saya tidak ingin minta ke suami lagi. Pengennya sekarang beli sendiri dari hasil ngumpuli invoice ngeblog. Nabung dikit-dikit dan belajar berhemat. Saya tentukan budgetnya maksimal 2,5 juta. Kurang boleh, lebih jangan.

Baca juga: Cara Belanja Hemat Agar Dompet Aman


MENENTUKAN KRITERIA SMARTPHONE
STi
Tiap kali tergoda membeli gawai baru, pasti disebabkan oleh kualitas kameranya yang lebih oke. Kebetulan saya memang hobi memotret (dan dipotret) ehehe. So, feature kamera adalah salah satu spesifikasi yang sangat dipertimbangkan dalam memilih smartphone.


MENCARI SMARTPHONE YANG SESUAI

Nah langkah selanjutnya adalah hunting smartphone yang sesuai incaran kita. Dengan kemudahan tekhnologi, saya bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet dan akhirnya jatuh hati pada smartphone OPPO F7. Kenapa bisa? Lemme explain it to you...


OPPO meluncurkan handphone OPPO F7 dengan keutamaan kemampuan kamera yang digadang-gadang memberikan tangkapan gambar begitu detail dengan warna yang vibrant.
Seri ini juga dilengkapi dengan teknologi AI Beauty untuk kamera depannya. Resolusinya  25 MP lho. Bayangkan betapa bening dan kinclongnya wajah kita di kamera yaa buibu? 

AI Beauty di handphone ini tidak sekadar mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa mengenali jenis kelamin, bahkan tekstur wajah pada 296 titik. Inilah mengapa OPPO memberikan jargon capture the real you, karena selfie menggunakan HP satu ini menghasilkan foto yang begitu tajam dan detail. Selain itu, AI Beauty tersebut juga mendukung fitur AR Stiker yang memungkinkan pengguna membuat gambar animasi berdasarkan wajah masing-masing saat selfie.

Untuk kamera belakangnya, OPPO dibekali dengan kamera beresolusi 16 MP. Meski nampaknya sama dengan generasi sebelumnya, tetapi kamera handphone ini memiliki kualitas yang lebih tinggi. Mengapa? Pasalnya kamera ini hadir dengan bukaan f/1,8 dan disertai dengan teknologi phase detection autofocus yang membuat proses fokus lensa lebih cepat dan tepat. Tidak hanya didukung dengan LED flash, kamera primer HP ini juga ditunjang dengan teknologi AI yang memungkinkan kamera dapat mengenali beberapa objek foto, lalu menyesuaikan pengaturan foto yang pas untuk objek tersebut. Tidak ketinggalan, kamera belakang ini juga dibekali dengan fitur efek bokeh layaknya dalam penggunaan kamera DSLR.


MEMBANDINGKAN HARGA

Last but not least adalah membandingkan harga pasaran. Kalo soal ini mah tidak usah diragukan lagi yah kemampuan ibuk-ibuk sekalian. Termasuk saya juga, yang keukeuh mencari penjual dengan tawaran harga termurah dan trusted. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama karena saya sangat terbantu oleh kehadiran iPrice

Apa itu iPrice

iPrice adalah sebuah situs yang berfungsi untuk membandingkan harga suatu produk. Sangat membantu bagi kita yang tidak punya waktu banyak namun ingin mendapatkan harga paling murah. Misalnya saya nih yang sedang mengincar OPPO F7, nah saya tinggal memasukkan nama produk pada kolom warna putih lalu akan muncul tampilan seperti harga OPPO F7 di bawah ini.


Hasil dari penelusuran iPrice menunjukkan bahwa harga termurah OPPO F7 ada di angka 2-jt saja. Alhamdulillah masih masuk dong dengan batas maksimal budget yang sudah saya tentukan. Selain membandingkan harga termurah, iPrice juga bisa digunakan untuk mengecek produk lain yang harganya sekitar 2jt-an. Siapatau mommy tergoda ingin membeli merk lain, tinggal klak klik saja. 



So, buat para Mommy yang juga ingin mengganti smartphone atau membeli produk apapun, bisa mengunjungi laman iPrice terlebih dahulu. Cek ricek harga pasaran ya buk, lumayan lho selisihnya bisa untuk berbelanja barang lainnya lagi. Let's be a smart shopper with iPrice!

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Baru tau ada iPrice. Namanya emak-emak, biasa ngebandingin harga ya kaan.. Beras sekilo selisih 500 perak aja dikejar, apalagi smartphone yang selisihnya ratusan ribu.

    Syukurlah ada iPrice yaa.. 😊

    BalasHapus
  2. iPrice memberi kemudahan ya kak..biar kita dapat hp keceh namun tetep hemat di kantong, Cekrek!

    BalasHapus
  3. kebetulan lagi nyari hp tapi malas keluar rumah, iprice bisa jadi solusi nih



    BalasHapus
  4. Saya juga suka membandingkan harga, biar ga dapet yang lebih mahal hehhe, Sama sih saya pun menggunakan iprice buat bandingin harga

    BalasHapus
  5. Wah asik dapat smarphone baru dari big boss sebelum niat menganti. Pasti mba berprestasi ya , sehingga dapat bonus smartphone

    BalasHapus