Solusi Sakit Maag Untuk Pecinta Kopi

By TIANDARINIE - Oktober 03, 2018

Hai Moms!


solusi sakit maag
Solusi Sakit Maag Untuk Pecinta Kopi
(Courtesy: Freepik)


Adakah di antara kalian yang selama ini suka ngopi? Kalo ada, sini toss dulu sama saya. Meski masih tergolong pemula tapi saya juga suka ngopi. Apalagi kopi buatan suami yang dijamin endeuus dan bisa saya pesan kapan saja. Gratis pula engga usah bayar. Haha. Yha, suami saya adalah pecinta kopi dan cukup piawai meracik kopi lho. Tidak hanya suami, ibu saya pun suka ngopi lho sist. Padahal beliau sebenarnya tidak dianjurkan mengonsumsi kopi karena ada keluhan maag. Namun kini sakitnya berangsur pulih karena ada solusi sakit maag yg merupakan warisan dari zaman baheula. Apakah itu? Well, bagi para pecinta kopi ataupun calon pecinta kopi, lanjut scroll sampai bawah yaaa..


FAKTA MAAG
Maag, kata yang terdiri dari empat huruf tersebut mungkin terdengar sederhana. Tapi ternyata cukup berdampak dan mengganggu rutinitas sehari-hari. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh maag membuat penderitanya tidak nyaman dan bisa bed rest seharian. Maag merupakan penyakit yang lumayan menduduki peringkat teratas di negeri ini. Menurut WHO jumlah orang yang memiliki maag tahun 2012 mencapai 40,8 persen. Penyakit ini juga ermasuk dalam 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat inap di rumah sakit di Indonesia. Hmm.. fakta ini tidak bisa dianggap sepele dan butuh penanganan yang serius. Apalagi, penyakit yang juga disebut dispepsia ini umumnya menyerang manusia di usia produktif yaitu 20 - 30 tahun. Wah, seusia kita-kita dong yah?

GEJALA MAAG
Rasa sakit yang muncul pada penderita maag seringnya tidak bisa dibedakan dengan keluhan nyeri di perut lainnya. Namun jika Mommies merasakan tanda-tanda seperti ini, artinya itu adalah gejala maag:

  • Mual ketika makan;
  • Terasa kembung dan panas pada perut bagian atas;
  • Perut terasa selalu penuh ketika makan dan terasa kenyang berkepanjangan setelahnya;
  • Berat badan menurun;
  • Sering sendawa;
  • Muntah;
  • Merasa mual ketika makan makanan berlemak;
  • Perut terasa sekit sehingga nafsu makan menurun;
  • Naiknya asam lambung;
  • Nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada (kadang-kadang hingga ke punggung dan leher);
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)

PENYEBAB MAAG

Meski tidak diundang, tapi penyakit maag ini tidak datang tiba-tiba dong. Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicunya. Kalau kata teman aku, penyakit maag ini penyakitnya orang jomblo. Kenapa bisa gitu? Karena memang penyebab utama maag adalah pola makan yang engga teratur. Kalau jomblo kan sering lupa makan tuh, berhubung engga ada yang ngingetin. Hahaha. 


Penyebab sakit maag

Selain pola makan yang tidak teratur, penyebab sakit maag adalah sebagai berikut:
  • Tukak lambung (luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung) sehingga mengakibatkan infeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Stres; menyebabkan syaraf mengeluarkan hormon berlebih sehingga mengganggu kinerja lambung secara keseluruhan
  • Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) dan obat golongan nitrat
  • Rasa cemas berlebih
  • Banyak makan makanan berlemak, pedas, dan berminyak
  • Penyakit refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan)
  • Terlalu banyak makan
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, atau minuman beralkohol
  • Merokok
  • Obesitas
  • Konstipasi
  • Makan terlalu cepat
  • Merokok
  • Komplikasi penyakit (batu empedu, radang pankreas, iskemia usus, penyumbatan usus, penyakit celiac, penyakit hernia hiatus, dan kanker lambung.

SOLUSI SAKIT MAAG
Jika Mommies adalah salah satu penderita sakit maag, jangan khawatir. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa Promag adalah ahlinya solusi sakit maag. Apalagi dengan kandungan Hydrotalcite yang bekerja cepat mengatasi sakit maag. 

solusi sakit maag


solusi sakit maag





Adapun jenis Promag yang dijual bebas di pasaran adalah dalam bentuk tablet dan cair. Semuanya sangat mudah dibawa bepergian, apalagi kaum Millenials sepeti kita kan  hobinya traveling dengan tentengan yang ringkas. Nah, Promah ini bisa menjadi salah satu solusi sakit maag. 


MAAG DAN KOPI
Tadi sudah aku sebutkan di atas bahwa suami adalah pecinta kopi. Dia pun sempat merasakan sakit maag yang sangat mengganggu aktivitas. Namun, berangsur pulih setelah tau apa saja penyebab dan solusi sakit maag. Nah, karena suami pecinta kopi so di rumah ada beberapa alat perkopian sederhana yang digunakan ketika suami ingin meracik kopi. Ternyata membuat kopi tidak hanya sekedar menyeduh. 


solusi sakit maag


solusi sakit maag


solusi sakit maag


solusi sakit maag



solusi sakit maag

Beberapa alat kopi yang menjadi koleksi pak suami adalah manual grinder, french press coffee, paper filter V60 dan yang pastinya biji kopi pilihan. Kini suami pun bisa ngopi dengan woles tanpa perlu khawatir akan diserang penyakit maag lagi. Kan, sudah ada solusinya!



CERITA DI BALIK KOPI DAN MAAG ALA MUHAMMAD AGA


Muhammad Aga, The 1st Winner of Indonesia Barista Competition
Muhammad Aga, The 1st Winner of Indonesia Barista Competition 
(Courtesy: instagram.com/muhammadaga)


Berbicara tentang kopi dan sakit maag, ternyata tidak hanya suami saya lho yang merasakan. Tetapi juga seorang peracik kopi yang biasa dipanggil Aga. Beberapa waktu lalu saya berkesempatan berbincang dengan Aga dalam event "Nikmati Harimu" yang digagas oleh Promag. Bersama dengan bloggers millenials lainnya, kami mendapatkan insight baru tentang kopi dan maag seperti yang sudah saya tuliskan di atas. Kami juga jadi bisa kenal Aga dan lebih paham tentang profesi barista.


blogger-millenials
Para Blogger millenials 

Delapan tahun lalu, Aga hanya berdiri di balik bar. Cuma pekerja paruh waktu di sebuah Coffee Shop. Kesehariannya membuat kopi, atau kadang juga ngeband bareng teman-teman. Sekarang? Dia adalah 1st Winner Indonesia Barista Championship yang mewakili Indonesia ke Amsterdam untuk World Barista Championship. Namanya Muhammad Aga. Sejak 2015 lalu Aga telah memiliki kedai kopi sendiri yang diberi nama Coffee Smith Jakarta Coffeeshop and Roastery. Wow! Eits tapi perjalanan menjadi barista kelas dunia tidak selalu mulus. Ada perihnya juga shaayy. Keseharian Barista dibalik membuat sebuah kopi memiliki fakta menarik, setiap pagi seorang barista harus melalukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka. Saat pagi hari dan mencoba beberapa gelas kopi menjadi tantangan tersendiri untuk lambung apalagi minum kopi sebelum makan pagi. Kondisi perut dalam keadaan kosong. Pekerjaan Barista menjadi sangat rawan terkena sakit maag. Untungnya ada Promag yg membuat Aga bisa terus nikmati hari sebagai barista yg sudah dilakoninya sejak 8 tahun lalu

Hmm.. Aku delapan tahun lalu ngapain ya? Kayaknya masih suka nonton gigs musik, begadang sambil ngopi, ngetrip dadakan meski duit pas-pasan. Sekarang alhamdulillah udah jadi istri. Kalo mau ngopi tinggal minta dibikinin suami (ihiiiiiy). Sibuknya ngurus bayi, ngebuzz event, trus malamnya nulis. Kalo kalian, delapan tahun lalu ngapain? Sekarang sudah melalui progress apa dalam hidup? Share yuk di kolom komen. Oh iya, pastikan juga hari-hari kita ke depannya terbebas dari penyakit maag karena sekarang udah pada tahu kan, apa saja solusi untuk sakit maag. Have a nice day, pecinta kopi!







  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kopi menjadi masalah tersendiri. Memang butuh solusi sakit Maag bagi pecinta kopi

    BalasHapus
  2. Promag Solusi Sakit maag agar kita dapat menikmati hari dengan kopi ya

    BalasHapus
  3. 8 taun lalu? Siap2 mau lahiran. Hihi. Wuih asyiknya punya suami hobi bikin kopi.

    Btw akupun penderita maag, sempat juga sampai dirawat. Rasanya asoy ya ga mau lagi deh. Pamanku juga meninggal karena maag akut yang seringakali dipandang sebelah mata. Memang solusi terbaiknya adalah tertib pola makan dan cukup makan ya. Semoga kita semua selalu sehat. 😍

    BalasHapus
  4. aku jg sesekali ngopi. nah ada bbrp coffee shop yg aku gak bisa. Klo pas kena kopi yg keras suka kembung emang. Jd klo nyoba coffee shop baru suka deg2an. haha

    BalasHapus
  5. Berguna banget buat aku yg suka kopi.... luvvv ��

    BalasHapus